Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Duh, Ternyata Hobi Ini Bisa Bikin Dompet Kamu Tipis

by Rafly Aditia on 21 Januari, 2016

Hampir semua orang di dunia punya hobi.  Mulai dari melukis, olahraga, bermain musik hingga mengoleksi sesuatu. Menjalani hobi pun bisa membuat hidup seseorang bahagia. Tidak cuma itu, pekerjaan yang berdasarkan hobi juga seringkali mendatangkan lebih banyak uang.

Sayangnya, tidak sedikit pula hobi yang justru bisa membuat kantong kempes karena mahalnya biaya yang harus dikeluarkan pehobi. Berikut ini daftar hobi mahal yang bisa bikin dompet tipis:

Gaming

Bermain game adalah salah satu alternatif bagi seseorang untuk mengistirahatkan pikiran. Maklum, rutinitas kerja sehari-hari tentu dapat membuat orang stress. Untuk itu bermain game digemari orang banyak.  Tetapi saat ini banyak sekali orang yang menjadikan game sebagai sebuah hobi eksktrim. Hobi satu ini memang bisa menghasilkan uang banyak apabila kamu mahir dan menang dalam berkompetisi game.

Namun ingat, pengeluaran yang kamu lakukan untuk menunjang hobi kamu tersebut bisa dibilang tidak sedikit. Untuk membeli konsol terbaru, misalnya PS4, harganya bisa mencapaiRp 5 juta, belum lagi kaset atau dvd game yang dibanderol dengan ratusan ribu rupiah.

(Baca juga: Jika Kamu Laki-laki, 5 Hobi Ini Bisa Bikin jadi Miliarder)

Otomotif

Hobi ini identik dengan para lelaki. Hobi untuk mengotak-atik mesin dan tampilan body motor atau mobil menjadi minat sebagian besar laki-laki. Alasannya, hobi otomotifbisa membuat pelakunya terlihat keren baik bagi sesama laki-laki maupun perempuan.

Tapi jangan lupakan bahwa menjalani hobi yang satu ini membutuhkan uang banyak. Terutama jika kamu senang memodifikasi mobil. Hobi ini bisa dibilang paling menghabiskan banyak uang.

Action figure

Hobi lain yang bisa membuat kamu keluar banyak uang adalah mengkoleksi action figure. Hobi mengkoleksi action figure adalah hobi yang tidak mengenal batasan, mulai dari tua hingga muda, laki-laki atau perempuan bisa menjalani hobi yang satu ini.

Hobi ini juga tanpa disadari bisa menguras tabungan apabila pelakunya tidak benar-benar mengatur keuangan. Bagaimana tidak? Harga satu action figure original saja berada di isaran ratusan ribu rupiah, belum lagi untuk edisi terbatas, dan pastinya kamu tidak hanya mengkoleksi satu atau dua action figure saja bukan?.

(Baca juga: Siasat Hasilkan Pundi-pundi Rupiah Lewat Hobi Traveling)

Traveling

Traveling telah menjadi tren di Indonesia, terutama bagi mereka yang masih berusia 20an. Memiliki waktu banyak untuk berlibur dan menikmati keindahan alam, kota, maupun budaya dan mencari banyak pengalaman serta nilai hidup adalah alasan seseorang memiliki hobi ini.

Walau begitu tidak bisa kamu pungkiri bahwa hobi traveling membutuhkan banyak uang dan waktu. Apalagi kalau kamu ingin pergi traveling ke luar negeri, dananya tentu tidak murah.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami