Durasi Ideal Olahraga yang Dianjurkan Agar Kesehatan Tetap Terjaga

Olahraga memang dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh, namun tentunya harus sesuai dengan durasi ideal olahraga yang dianjurkan. Sebab jika berlebihan, maka olahraga dapat memicu timbulnya berbagai efek samping.

Pada dasarnya, olahraga membawa banyak manfaat baik untuk tubuh. Selain menjaga kesehatan, aktivitas fisik yang satu ini juga dapat menjaga bahkan menurunkan berat badan.

Nah, bagi orang-orang yang berolahraga dengan tujuan menurunkan berat badan, mereka biasanya akan berolahraga dengan durasi yang panjang dan melebihi kapasitas tubuhnya.

Padahal, hal itu tidak selamanya baik, apalagi jika kondisi tubuh tidak mendukung. Yang ada kamu bukannya mendapat banyak manfaat, tetapi justru mendapat efek samping yang tidak diinginkan.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya risiko tersebut, ada baiknya kamu mengetahui durasi ideal olahraga yang dianjurkan terlebih dahulu, seperti yang akan CekAja.com ulas secara lengkap berikut ini.

Durasi Ideal Olahraga yang Dianjurkan

Berbicara tentang durasi ideal olahraga, sebenarnya Department of Health and Human Services menganjurkan kalau ingin melakukan aktivitas aerobik sedang, sebaiknya dilakukan setidaknya selama 150 menit dalam seminggu, atau sekitar 30 menit selama 5 hari.

Di sisi lain, aerobik kuat juga perlu dilakukan sekitar 75 menit dalam seminggu, atau sekitar 25 menit selama 3 hari seperti yang dilansir halodoc.com.

Aerobik sedang sendiri merupakan jenis olahraga yang bisa dibilang tidak terlalu berat, di antaranya seperti berenang dan jalan cepat.

Sementara, aerobik kuat merupakan jenis olahraga yang mencakup lari atau senam aerobik itu sendiri.

Namun selain melakukan aerobik, kamu juga diharuskan untuk melakukan latihan kekuatan seperti naik turun tangga, mendayung, atau panjat tebing setidaknya dua kali dalam seminggu.

Jika ingin memiliki tubuh yang lebih sehat, maka kamu bisa melakukan olahraga setidaknya selama 30 menit setiap hari.

Tetapi jika kamu memiliki tujuan khusus dalam olahraga, maka durasi ideal olahraga tersebut berbeda, dan kemungkinan lebih lama karena menyesuaikan target.

Meski begitu, kamu tidak hanya bisa mencapai target yang ditentukan, tetapi kamu juga bisa mendapat lebih banyak manfaat, terlebih jika olahraga dilakukan selama 300 menit dalam seminggu.

(Baca Juga: Lebih Baik Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga)

Durasi Olahraga Disesuaikan dengan Kondisi Berat Badan

Di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui durasi ideal olahraga secara keseluruhan, baik untuk aerobik sedang, kuat maupun latihan kekuatan.

Namun sepertinya belum lengkap, jika kamu belum tahu secara jelas durasi ideal olahraga yang sesuai dengan tujuan dan kondisi berat badan.

Sebab, durasi ideal olahraga untuk setiap kondisi berat badan berbeda-beda, khususnya bagi kamu yang memiliki tujuan hanya untuk mengontrol berat badan normal, menjaga berat badan, maupun menurunkan berat badan.

Nah, untuk tahu dengan jelas berapa lama durasi ideal olahraga yang dibutuhkan untuk setiap kondisi tersebut, di bawah ini CekAja.com akan mengulasnya khusus untuk kamu.

1. Durasi ideal olahraga untuk mengontrol berat badan normal

Buat kamu yang hanya ingin mengontrol berat badan normal, Center for Disease Control and Prevention menyarankan untuk tetap rutin berolahraga, setidaknya selama 30 menit sehari agar tubuh tetap terjaga kesehatannya dan bugar.

2. Durasi ideal olahraga untuk menjaga berat badan

Jika kamu ingin berolahraga untuk menjaga berat badan, maka kamu bisa berpedoman pada durasi yang sudah ditetapkan sebelumnya, yaitu 150 menit per minggu untuk aerobik sedang, atau 75 menit per minggu untuk aerobik kuat.

Tetapi ketahui juga, kalau ini adalah patokan durasi yang ditetapkan secara umum, dan tentunya tidak berlaku sama pada semua orang, karena menyesuaikan dengan berat badan.

Oleh sebab itu, untuk tahu dengan pasti berapa durasi ideal olahraga untuk menjaga berat badan, kamu bisa langsung melakukan konsultasi ke dokter terkait.

3. Durasi ideal olahraga untuk menurunkan berat badan

Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan, American College of Sports Medicine (ACSM) menyarankan untuk melakukan olahraga selama 150 – 250 menit per minggu, dengan pembagian waktu sekitar 40 menit setiap harinya.

Durasi ideal olahraga yang diberikan tersebut, tentunya berlaku untuk umum. Apabila kamu ingin melakukannya lebih lama dari durasi yang sudah ditentukan tersebut, maka hasil yang didapat akan lebih baik, jika kondisi tubuh mendukung.

Efek Samping Olahraga Terlalu Lama

Olahraga secara rutin memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun ini juga dapat menimbulkan berbagai macam efek samping, apabila olahraga dilakukan terlalu lama.

Adapun efek samping yang dapat ditimbulkan sangat banyak, mulai dari memicu stres pada tubuh, hingga menyebabkan overtraining.

Yang mana, overtraining sendiri dapat membuatmu merasakan kelelahan yang berkepanjangan, mudah marah, kehilangan motivasi, cedera otot dan sendi, menurunnya nafsu makan, menurunkan kepadatan tulang, membuat kualitas tidur menjadi dan semakin buruk, serta mengubah fungsi kekebalan tubuh dan hormon.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kamu perlu memperhatikan durasi ideal olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh dan berat badanmu.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu menambahkan sesi olahraga kardio untuk bisa mencapai durasi 60 – 90 menit lebih cepat, dibandingkan berkutat dengan olahraga untuk membentuk dan memperkuat otot tubuh tertentu.

Tips Berolahraga Sesuai Durasi yang Dianjurkan

Setelah mengetahui durasi ideal olahraga dan efek sampingnya, kini saatnya untuk kamu mengetahui sederet tips berolahraga sesuai durasi yang dianjurkan.

Tips ini sendiri pada dasarnya diberikan untuk kamu yang mungkin baru berolahraga, dan merasa kesulitan melakukan aktivitas fisik tersebut selama 90 menit, guna menurunkan berat badan.

Daripada penasaran apa saja tips berolahraga yang akan diberikan CekAja.com, yuk langsung simak bersama-sama uraian lengkapnya berikut ini!

  • Untuk kamu yang baru berolahraga kembali setelah sekian lama, sebaiknya kamu memulainya dengan durasi yang tidak terlalu lama, yaitu sekitar 25 menit setiap harinya selama 6 hari. Hal ini ditujukan untuk membantu tubuh terbiasa dengan olahraga.
  • Apabila tubuh dirasa sudah mulai terbiasa dengan durasi awal, maka kamu bisa menambah lagi durasinya terus-menerus seiring berjalannya waktu. Namun disamping itu, yang terpenting adalah konsisten dalam melakukan rutinitas olahraga setiap harinya.
  • Sebelum memulai dan menyelesaikan rangkaian olahraga, jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan dan pendinginan, setidaknya selama 5 – 10 menit untuk setiap sesi, baik pemanasan maupun pendinginan.
  • Perlu diketahui, hasil dari olahraga yang akan didapat sejatinya tiidak hanya didasarkan pada durasi saja, tetapi juga berdasarkan pada jenis olahraga dan seberapa berat intensitas olahraga yang dilakukan.
  • Kemudian, selama berolahraga kamu juga harus fokus. Hal itu berguna untuk memaksimalkan hasil dan manfaat yang akan didapatkan.
  • Selain itu kamu juga perlu ingat, kalau sebaik-baiknya durasi olahraga yang diambil adalah yang sesuai dengan kemampuan tubuh, serta konsisten dalam melakukannya secara rutin.

(Baca Juga: Olahraga yang Aman saat Pandemi)

Beberapa informasi terkait durasi ideal olahraga, sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Dan tidak hanya itu saja, kamu juga sudah mengetahui efek samping yang dapat ditimbulkan dari terlalu lama berolahraga, beserta tips olahraga yang sesuai durasi idealnya.

Dari semua informasi tersebut, kamu bisa mengetahui durasi ideal olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh dan kebutuhanmu.

Karena jika kamu tidak mengetahuinya dan berolahraga secara berlebihan, terlebih dengan durasi waktu yang lama, maka itu dapat memicu berbagai efek samping berbahaya, salah satunya yaitu cedera otot dan sendi.

Jika hal itu sudah terjadi, maka seluruh aktivitasmu akan terganggu, dan kamu perlu memeriksanya ke dokter terkait.

Pemeriksaan dengan dokter tersebut tentu akan memakan biaya yang besar. Namun itu bukan masalah, jika kamu memiliki asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada kesehatanmu, maka kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan yang harus dibayarkan, karena sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Maka dari itu, buat kamu yang hingga saat ini belum melindungi diri dengan asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan segudang promo menariknya!