Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

E-Money Mudahkan Hidupmu! Mana Saja yang Terfavorit?

by Teti Purwanti on 21 Mei, 2019

Kehadiran uang elektronik dalam bentuk kartu alias e-money semakin memudahkan hidup kita sehari-hari. Lalu mana saja pilihan e-money terfavorit?

uang elektronik

Kamu yang mau mudik dengan mobil, wajib mengantongi e-money untuk bertransaksi di tol.  Selain itu, masih banyak manfaat dari e-money seperti membeli makanan dan minuman di gerai ritel, commuter line, pembayaran tol, bus TransJakarta, hingga fitur pencairan dana. Selain alasan kepraktisan, menggunakan uang elektronik saat bertransaksi dinilai lebih cepat dibanding uang tunai.

Untuk kamu yang baru akan menggunakan produk uang elektronik, cari tahu dulu beberapa layanan e-money terbaik dan yang paling sering digunakan di Indonesia. Berikut daftar e-money terfavorit yang bisa kamu pilih.

1. e-Money Bank Mandiri

Sebagai salah satu bank terbesar dan populer di Indonesia, Bank Mandiri paham betul kebutuhan para nasabahnya untuk bertransaksi lebih praktis dan aman. Oleh karena itu, Bank Mandiri membuat beberapa produk uang elektronik. Produk uang elektronik dari Bank Mandiri juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan para nasabahnya. Selain uang elektronik bernama e-Money, Bank Mandiri juga mengeluarkan Indomaret Card, GazCard, dan e-Toll.

Uang elektronik yang diluncurkan oleh Bank Mandiri tersebut mempunyai fungsi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Misalnya, Indomaret Card yang bisa digunakan untuk berbelanja di Indomaret, dan tidak kena charge kalau kamu ingin mengisinya secara tunai. Sedangkan GazCard bisa kamu gunakan untuk membeli bahan bakar kendaraan di Pertamina. Untuk e-Toll sendiri, biasa digunakan untuk pembayaran tol. e-Toll juga menjadi e-Money perdana yang bisa digunakan di jalan tol di Indonesia.

(Baca juga: Perang Swasta vs BUMN Rebutan Pengguna Uang Elektronik)
2. Flazz BCA

Sebagai bank swasta terbesar di Indonesia, BCA juga meluncurkan e-money guna mempermudah para nasabah setianya dalam melakukan transaksi belanja. Kartu Flazz bisa digunakan untuk berbagai hal termasuk, membayar tol, kereta api, dan juga TransJakarta.

Tidak cuma itu, banyak juga orang menggunakan uang eletronik ini untuk belanja di gerai ritel. Apalagi BCA kerap kali memberikan berbagai diskon untuk gerai-gerai ritel tertentu kalau membayar dengan BCA Flazz.

3. TapCash BNI

BNI juga mengeluarkan e-money yang diberi nama TapCash. Sama seperti Flazz BCA dan e-Money Mandiri, TapCash juga digunakan untuk membayar berbagai keperluan dengan jangkauan yang cukup luas sehingga kamu bisa mempergunakannya di mana saja. Kamu juga bisa membeli berbagai barang di minimarket populer.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengandalkan TapCash untuk membeli tiket TransJakarta. Keunggulan TapCash BNI adalah masa berlakunya seumur hidup asal tidak rusak. Hal ini berbeda dari Flazz BCA yang hanya berlaku selama 10 tahun saja. 

4. Brizzi BRI

BRI sebagai salah satu bank BUMN tidak mau kalah dengan BNI dan Mandiri juga ikut menerbitkan uang elektronik berbentuk kartu. Brizzi juga memiliki fitur dan kegunaan yang sama dengan e-Money lainnya. Hanya saja, Brizzi yang tidak memiliki masa aktif ini bisa menjadi pasif pada bulan ke-13 kalau kamu tidak menggunakannya selama 12 bulan alias setahun penuh.

(Baca juga: Berbagai e-Wallet alias Dompet Digital yang Sedang Tren di Indonesia)
5. Blink dari BTN

Blink dari BTN ini merupakan hasil kerja sama dari BTN dan juga Bank Mandiri, sehingga dari sisi fitur dan penggunaan, Blink sama dengan e-Money Mandiri dan uang elektronik keluaran Bank Mandiri lainnya. Meski begitu BTN berencana mengembangkan bisnis uang elektronik miliknya dan mensinergikan dengan sistem digital yang dikembangkan. Lebih jauh, BTN juga ingin kartu uang elektronik terhubung dengan tabungan utama nasabahnya sehingga memudahkan dalam berbagai hal.

Selain kelima bank tersebut, setidaknya ada 11 bank swasta nasional menjalin kerja sama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. terkait penerbitan kartu uang elektronik serta penggunaan infrastrukturnya secara bersama-sama.

Bank-bank tersebut antara lain, PT Bank CIMB Niaga Tbk., PT Bank BJB Tbk., PT Bank Panin Tbk., PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk., PT Bank Permata Tbk., PT Bank Danamon Tbk., PT Bank Mayapada Internasional Tbk., PT Bank DBS Indonesia,  PT Bank KEB Hana Indonesia, PT Bank OCBC NISP Tbk., dan PT Bank Agris. Ke-12 bank ini bekerja sama sebagai bentuk partisipasi perbankan untuk memfasilitasi cashless society.

Kalau kamu suka pakai kartu uang elektronik yang mana? Atau kamu juga suka menggunakan kartu kredit yang juga memberikan kemudahan transaksi?

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami