Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Ini Efek Mengonsumsi Mie Instan saat Puasa

by Estrin Vanadianti Lestari on 29 April, 2020

Siapa di antara kamu yang hobi makan mie instan? Meski rasanya enak dan praktis, namun ternyata mie bisa memicu beberapa masalah kesehatan loh. Apalagi, jika kamu mengonsumsi mie instan untuk dijadikan menu sahur atau buka puasa. Karena, akan ada beberapa efek mengonsumsi mie instan saat puasa, yang bisa kamu rasakan.

Ini Efek Mengonsumsi Mie Instan saat Puasa

Pasalnya, mie instan menjadi salah satu makanan yang kerap dijadikan pilihan, dalam situasi mendesak dan harus cepat seperti untuk menu sahur, karena cara membuatnya yang mudah. Mie instan memang cukup mengenyangkan, tapi bagaimana dengan gizinya? Apakah bisa memenuhi kebutuhan nutrisi selama puasa?

Pasalnya, mie instan dikenal memiliki banyak kandungan yang bisa memicu masalah kesehatan. Berikut fakta mie instan yang perlu kamu ketahui, sebelum membahas terkait efek mengonsumsi mie instan saat puasa.

(Baca Juga: Resep Membuat Lontong Isi Oncom, Sayuran dan Ayam Anti Gagal)

Fakta Tentang Mie Instan

Dilansir dari laman Liputan6.com, seorang peneliti mengungkapkan beberapa fakta kesehatan terkait mie instan ketika masuk ke dalam tubuh. Berikut faktanya:

  • Ada zat yang bisa mengurangi kemampuan penyerapan nutrisi di dalam mie instan

Fakta yang pertama adalah mie instan mengandung zat yang bisa mengurangi kemampuan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Sehingga, mie instan bisa menjadi pengganggu dalam penyerapan makanan sehat, dan memberikan efek negatif dalam pencernaan.

  • Mie instan mengandung natrium yang tinggi

Rata-rata dalam secangkir mie instan, terdapat sekitar 800 mg natrium. Sedangkan, tubuh manusia hanya membutuhkan asupan natrium 2.400 per hari. Sehingga, jika kamu mengkonsumsi secangkir mie instan, maka kamu sudah mengonsumsi hampir setengah dari asupan natrium harian kamu.

  • Mie instan mengandung MSG tinggi

Seperti yang kita tahu, bahwa MSG atau monosodium glutamate merupakan bahan yang jika dikonsumsi berlebihan, bisa menyebabkan masalah pada pencernaan dan organ lainnya. Sebut saja seperti radang tenggorokan, sakit kepala, nyeri dada dan lain-lain.

  • Ada zat bernama propylene glycol dalam mie instan

Propylene glycol dipakai mie instan agar membantu mencegah mie dari pengeringan. Namun, zat tersebut bisa memberikan resiko negatif pada tubuh, seperti penyakit hati, jantung, dan ginjal.

  • Mie instan juga mengandung zat yang bisa menyebabkan kanker

Karena cara memasaknya yang cepat, instan dan mudah, sehingga mie instan mengandung banyak bahan pengawet, dan diduga bisa menyebabkan kanker.

  • Mie instan mengandung gizi yang rendah

Tidak disarankan untuk dijadikan makanan pokok, karena mie instan hanya mengandung gizi yang sedikit.

Itu dia beberapa fakta mie instan terkait kesehatan. Lantas, apa efek mengonsumsi mie instan saat puasa, yang bisa terjadi?

Deretan Efek Mengonsumsi Mie Instan saat Puasa
1. Cepat haus atau cepat dehidrasi

Efek mengonsumsi mie instan saat puasa yang pertama adalah kamu akan merasa cepat haus atau cepat dehidrasi. Hal tersebut terjadi karena mie instan mengandung banyak garam.

Pasalnya, garam diketahui bersifat menarik cairan, sehingga kamu akan merasa haus seharian ketika berpuasa. Semakin kamu merasa haus maka semakin dehidrasi tubuhmu.

Sehingga, sangat disarankan untuk tidak menjadikan mie instan, sebagai menu utama ketika ingin berpuasa, terutama untuk dijadikan menu sahur.

2. Membuat cepat lapar

Tidak hanya membuatmu cepat haus, efek mengonsumsi mie instan saat puasa, juga bisa membuat kamu merasa lapar lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan mie instan terbuat dari tepung, dan sangat mudah dicerna oleh tubuh.

Meski bisa mengenyangkan, tapi rasa kenyang mie instan tidak bisa bertahan lama. Mie instan akan cepat dicerna, dan kamu akan merasa cepat lapar.

(Baca Juga: 7 Resep Membuat Menu Sahur Mudah, Cepat, dan Lezat)
3. Membuat organ tubuh menjadi bekerja lebih keras di siang hari

Efek mengonsumsi mie instan saat puasa yang selanjutnya adalah akan membuat organ tubuh, menjadi bekerja lebih keras di siang hari. Hal tersebut terjadi karena adanya zat MSG yang terkandung di dalam mie instan dan bumbunya.

MSG akan membuat tubuh bekerja ekstra di siang hari, jika kamu mengonsumsi MSG secara berlebihan, termasuk ketika kamu mengonsumsi mie instan saat puasa.

4. Bikin tubuh cepat gemuk

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, bahwa mie instan terbuat dari tepung yang mengandung karbohidrat. Tingginya karbohidrat yang ada pada mie instan membuat kadar gula darah juga meningkat.

Sehingga, hal tersebut bisa menimbulkan kegemukan, dan menjadi salah satu efek mie instan yang paling ditakuti para pejuang diet.

Nah itu dia deretan efek mengonsumsi mie instan saat puasa. Meski begitu, kamu tetap boleh kok makan mie instan satu hingga tiga kali dalam sebulan, namun tetap harus didampingi dengan makanan sehat dan seimbang.

Kamu bisa menambahkan protein seperti telur, daging ayam, sosis, kornet, dan sayuran sebagai seratnya. Dengan begitu, kamu tetap bisa menikmati mie instan, namun tetap dengan gizi yang seimbang.

Selain itu, kamu juga bisa menjadikan berbagai macam kreasi masakan unik dan tetap sehat. Sebut saja seperti martabak mie plus sayur, mie tek-tek yang kaya akan sayuran, dan lain-lain. Jadi, jika perlu jangan mengonsumsi mie instan polosan saja, tanpa adanya tambahan protein, mineral, vitamin dan serat.

Yuk, jaga kesehatanmu di bulan puasa, dengan jaga pola makan, dan pilih makanan sehat. Tidak lupa juga untuk memiliki asuransi kesehatan, yang juga tak kalah penting.

Kini, mengajukan asuransi kesehatan juga sangat mudah, seperti mendapatkan makanan sehat. Kamu cukup kunjungi situs CekAja.com, dan temukan banyak produk asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan asuransi ternama di Indonesia.

Yuk, ajukan asuransi kesehatan pilihanmu sekarang juga, hanya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk