Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Efisiensi Klub Sepak Bola Eropa, Sunat Gaji Pemain Sampai PHK

by Miftahul Khoer on 6 April, 2020

Setelah dinyatakan sebagai pandemi karena menyerang lebih dari 100 negara, virus Corona atau Covid-19 benar-benar membawa petaka bagi kehidupan manusia. Dampaknya pun begitu luas dan tidak hanya bagi sektor kesehatan.

Sektor olahraga dan bisnis di dalamnya pun terkena imbas. Banyak kompetisi, turnamen, pertandingan dari segala sektor olahraga yang terpaksa ditunda bahkan dibatalkan akibat pandemi Corona ini. Hal itu dilakukan untuk memutus rantai persebaran virus Corona dalam kondisi banyak orang berkumpul dalam satu tempat.

Sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang terkena dampak pandemi Corona ini. Di 5 liga top Eropa, yakni Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, Bundesliga Jerman, Serie A Italia, dan Ligue 1 Perancis ada ratusan pertandingan yang belum bisa dimainkan terhitung sejak awal Maret hingga akhir kompetisi pada Mei 2020.

Hal ini pun menimbulkan kerugian total hingga 4 miliar euro dari sisi hak siar televisi dan komersial. Bagi klub sepak bola, tidak ada pertandingan berarti tidak ada pemasukan dari penjualan tiket penonton. Hal ini merupakan bencana bagi klub-klub yang tidak memiliki fundamental keuangan cukup kuat.

Efisiensi pun menjadi satu cara yang digunakan klub-klub sepak bola untuk tetap bertahan kala krisis akibat pandemi Corona. Efisiensi ini bahkan juga dilakukan oleh klub-klub yang langganan masuk daftar klub sepak bola terkaya dunia.

Berikut ini klub-klub sepak bola di Eropa yang melakukan efisiensi akibat pandemi Corona.

1. Newcastle United

Newcastle United menjadi tim pertama di Liga Primer Inggris yang melakukan efisiensi akibat pandemi virus Corona. Efisiensi dilakukan untuk menyeimbangkan keuangan klub lantaran sampai saat ini Liga Primer Inggris tengah ditangguhkan hingga 30 April 2020.

Adapun langkah efisiensi yang diambil tim berjuluk The Magpies ini adalah dengan merumahkan sejumlah staf mereka. Staf-staf yang dirumahkan itu merupakan staf yang tidak bekerja untuk tim utama Newcastle United, melainkan staf akademi, pemandu bakat, dan yang bekerja di yayasan klub.

Menurut Telegraph, para staf yang dirumahkan tersebut mendapatkan kabar berupa email dari Direktur Pelaksana Newcastle United Lee Charnley. Selain informasi tentang dirumahkannya mereka, email tersebut juga berisi maklumat yang menyatakan bahwa pihak klub hanya akan membayar 80 persen gaji mereka dengan nominal maksimal 2.500 poundsterling atau setara dengan Rp50,9 juta.

2. Tottenham Hotspur

Klub lainnya di Liga Primer Inggris yang telah melakukan efisiensi adalah Tottenham Hotspur. Klub asal London Utara ini telah memutuskan untuk memotong gaji 550 staf non-pemain dan pelatih sebagai dampak dari adanya pandemi virus Corona.

Dikutip dari situs resmi klub, CEO Tottenham Hotspur Daniel Levy mengatakan bahwa keputusan memotong gaji staf non-pemain dan pelatih itu dilakukan guna menyeimbangkan keuangan klub di tengah krisis seperti saat ini.

(Baca juga: Cara Memilih Asuransi yang Tepat Saat Wabah Corona)

Adapun pengurangan gaji yang diterapkan adalah sebesar 20 persen dan berlaku selama dua bulan ke depan atau terhitung sejak April hingga Mei 2020.

3. FC Barcelona

Klub Eropa lainnya yang melakukan efisiensi adalah Barcelona. Klub kaya raya asal Catalonia, Spanyol ini juga tak luput dari efisiensi guna menyeimbangkan keuangan klub di tengah krisis akibat pandemi virus Corona.

Efisiensi yang dilakukan manajemen Barcelona adalah dengan memotong gaji para pemainnya, termasuk Lionel Messi. Kapten Barcelona dan tim nasional Argentina ini mengakui adanya pemotongan gaji hingga 70 persen dalam unggahannya di Instagram pribadi beberapa waktu lalu.

Dalam unggahannya tersebut, Messi juga menyampaikan bahwa keputusan pemotongan gaji para pemain juga dilakukan untuk membantu para staf yang ada di manajemen Barcelona.

Adapun pemotongan gaji ini berlaku hanya bagi para pemain di tim utama saja. Para pemain di tim muda atau reserve, tim putri, dan divisi olahraga Barcelona lainnya tidak terkena kebijakan tersebut.

4. Atletico Madrid

Klub dari La Liga Spanyol lainnya, Atletico Madrid juga mengikuti jejak Barcelona yang memotong gaji para pemainnya hingga sebesar 70 persen. 

Dikutip dari Sky Sports, para pemain Los Rojiblancos, julukan Atletico Madrid setuju dipotong gajinya guna membantu sekitar 430 staf non-pemain di tengah pandemi virus Corona yang terjadi di Spanyol.

Namun, berbeda dengan Barcelona, pemotongan gaji tersebut juga berlaku tak hanya bagi pemain tim utama, melainkan juga untuk tim wanita, tim Atletico Madrid B, dan staf teknis.

5. FC Sion

Efisiensi ekstrem dilakukan oleh klub papan atas Swiss FC Sion. Manajemen FC Sion telah memutus kontrak 9 pemainnya imbas dari pandemi virus Corona.

Pemutusan kontrak 9 pemain itu dilakukan terpaksa oleh manajemen FC Sion lantaran kesembilan pemain tersebut menolak pemotongan gaji. Adapun pemotongan gaji yang dilakukan manajemen FC Sion adalah sebagai upaya untuk bertahan karena minimnya pemasukan bagi klub.

(Baca juga: 5 Inovasi di Bidang Kesehatan Untuk Redam Corona)

Dalam keterangan resminya, manajemen FC Sion menyebutkan 9 nama pemain yang diputus kontraknya. Mereka adalah Ermir Lenjani, Xavier Kouassi, Mickaël Facchinetti, Birama Ndoye, Johan Djourou, Pajtim Kasami, Seydou Doumbia, Christian Zock, dan Alexandre Song.

Adapun pemain-pemain yang diputus kontraknya tersebut merupakan bagian dari skuat inti FC Sion. Beberapa nama seperti Djourou, Song, dan Doumbia pun pernah bermain di beberapa klub besar Eropa seperti Arsenal, Barcelona, dan AS Roma.

Kalau pandemi Corona berkepanjangan, maka siap-siap saja kantor tempat kamu bekerja melakukan penghematan pengeluaran seperti yang dilakukan klub-klub sepakbola Eropa tersebut ya.

Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi, ayo patuhi anjuran pemerintah untuk tetap di rumah saja agar tidak terus bertambah jumlah pasien yang terpapar virus Corona.

Kalau stok bahan makanan di rumah sudah habis, manfaatkan layanan belanja kebutuhan harian secara online dengan menggunakan kartu kredit BNI, yang pastinya bakal menguntungkan karena beragam promo dan diskon yang tersedia.

Pilih, ajukan, dan miliki kartu kredit BNI sekarang juga lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.