Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Empat Cara Cerdas Terbebas dari Utang

by Miftahul Khoer on 19 Desember, 2019

Utang adalah beban dalam hal keuangan yang sering kali dialami banyak orang. Beban utang juga bisa membuat stress karena ada masa jatuh tempo utang yang harus dibayar, karena kalau melewati masa jatuh tempo bisa terkena bunga tambahan.

bebas utang - CekAja.com

Agar tidak terus menerus menjadi beban, utang harus dilunasi dengan beberapa cara yang bisa dijadikan pedoman agar masalah keuanganmu bisa teratasi. Berikut cara-cara untuk melunasi utang yang bisa dilakukan:

1. Catat semua utang yang ada

Catat semua utang yang ada - Empat Cara Cerdas Terbebas dari Utang

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah merekap utang-utang yang dimiliki, termasuk dengan beban utang yang dikenakan atas tunggakan tersebut.

Urutkan prioritas utang mulai dari nominal dan suku bunga yang tertinggi untuk kemudian bisa diatur pengalokasian dana untuk membayar utang tersebut. Apabila utang yang ada terlalu besar, pembayaran bisa dilakukan dengan minimum payment yang ditetapkan, walaupun ini sebenarnya bukan cara yang benar-benar disarankan.

(Baca juga: 3 Solusi OJK Jika Tak Mampu Bayar Utang Pinjol Ilegal)

Setelah tahu berapa besaran jumlah utang yang harus dibayar berikut bunga utangnya serta total alokasi dana yang perlu dipersiapkan untuk membayar utang, maka lakukanlah pengelolaan gaji bulanan dengan baik dan menekan biaya pengeluaran yang tidak terlalu penting yang kemudian dapat dialihkan untuk pembayaran utang.

Beberapa tips untuk menekan pengeluaran yang bisa dilakukan antara lain seperti mengurangi makan di luar dan mulai masak sendiri. Kamu juga bisa memperbanyak jalan kaki. Selain lebih sehat, juga bisa menghemat ongkos transportasi untuk jarak-jarak dekat.

2. Jual barang-barang tak terpakai

Jual barang-barang tak terpakai - Empat Cara Cerdas Terbebas dari Utang

Barang-barang tak terpakai yang ada di sekitar bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang yang kemudian digunakan untuk menambah anggaran pembayaran utang.

Onggokan barang-barang elektronik seperti radio, headset, handphone yang tak terpakai ataupun buku-buku yang sudah selesai dibaca, serta sepatu dan juga baju-baju tak terpakai bisa diubah menjadi uang dengan menjualnya di berbagai platform penjualan online yang saat ini banyak tersedia.

Cara lainnya, apabila sudah memesan tiket perjalanan untuk 3 atau 6 bulan ke depan, bisa dibatalkan untuk mendapatkan dana refund dari pembatalan tersebut. Memang berat karena harus melewatkan kesenangan berlibur, tapi ini adalah salah satu bentuk pengorbanan agar bisa terbebas dari utang.

3. Cari penghasilan tambahan

Cari penghasilan tambahan - Empat Cara Cerdas Terbebas dari Utang

Apabila penghasilan rutin bulanan dari pekerjaan utama dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan harian dan juga untuk melunasi utang, mencari penghasilan tambahan dengan bekerja sampingan mungkin bisa dilakukan.

Semakin besar penghasilan yang bisa kamu dapatkan selama satu bulan, maka semakin besar juga dana yang bisa dipakai untuk melunasi utang.

Penghasilan tambahan bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti menjadi reseller ataupun dropshipper penjualan online lewat aplikasi ecommerce. Usaha jenis ini tidak membutuhkan modal awal, namun membutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam memilih barang untuk dijual kembali.

Mencari penghasilan tambahan juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan kemampuan dan hobi yang dimiliki seperti kemampuan menulis dengan menjadi penulis lepas, memanfaatkan kemampuan fotografi untuk kemudian menjual fotonya ke situs micropayment photography, ataupun menjadi guru les pelajaran sekolah ataupun les musik dan olahraga.

(Baca juga: Wow, Utang Luar Negeri Indonesia Membengkak Jadi Rp5.579 Triliun)

Kalau ada kendaraan, menjadi driver taksi ataupun ojek online juga bisa jadi opsi untuk mendapatkan penghasilan tambahan agar utang-utang yang ada bisa segera lunas dan juga kebutuhan bulanan bisa terpenuhi.

4. Lakukan manajemen utang

Lakukan manajemen utang - Empat Cara Cerdas Terbebas dari Utang

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendatangi bank tempat kamu berutang untuk berkonsultasi dan mengatur utang yang ada.

Konsultasi dengan bank bisa dilakukan sekaligus untuk bernegosiasi. Sampaikan keinginan dan masalah keuangan yang ada dengan tepat, tanpa harus marah-marah. Minta kebijaksanaan pihak bank terkait masalah yang ada.

Biasanya bank bisa memberikan solusi berupa penghapusan bunga utang kartu kredit ataupun memberikan kelonggaran untuk mencicil hanya pokok utangnya saja sehingga kamu bisa mencicil utang dengan nyaman tanpa terbebani bunga utang yang membengkak.

Cara-cara tersebut bisa dilakukan agar masalah utang yang ada bisa teratasi dan mengurangi beban masalah keuanganmu. Namun hal terpenting adalah bijaklah dalam melakukan pengeluaran agar tidak besar pasak daripada tiang sehingga harus berutang untuk memenuhi keinginan.

Dapatkan berbagai tips finansial lain yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari hanya di CekAja.com, marketplace finansial terpercaya di Indonesia.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.