Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Empat Hal yang Harus Dilakukan Saat Rencana Finansial Kamu Berantakan

by Rafly Aditia on 28 Desember, 2015

Menyusun rencana finansial perlu kamu lakukan sejak dini. Hal tersebut kamu lakukan demi menatap masa depan keuangan yang lebih baik. Tetapi, tidak bisa dpungkiri terkadang beberapa hal berjalan diluar rencana sehingga menyebabkan rencana finansial menjadi berantakan.

Ketika rencana finansial kamu berantakan, misalnya tabungan terkuras habis atau bahkan terlilit hutang kamu berada dalam kondisi yang rentan depresi. Untuk mencegah keterpurukan yang jauh lebih dalam lagi maka kamu perlu menyusun rencana finansial kembali benar-benar dimulai dari nol. Berikut 4 hal yang perlu kamu lakukan saat rencana finansial kamu berantakan;

 

Buat target jangka pendek dan jangka panjang baru

Hal yang pertama kamu butuhkan saat rencana finansial kamu gagal total adalah kembali menyusun perencanaan dengan target jangka pendek dan jangka panjang yang baru. Mengapa demikian? Karena penetapan target jangka pendek dan jangka panjang baru bisa membuat kamu kembali terpacu untuk memperbaiki kondisi finansialmu.

(Baca juga: Rencana Finansial Terbaik bagi Generasi 90-an yang Mau Kuliah S2)

 

 

Tekan pengeluaran lebih lagi

Biasanya rencana finansial menjadi berantakan karena kamu terlalu banyak pengeluaran dibandingkan pemasukan. Untuk itu saat menyusun rencana keuangan atau rencana finansial yang baru, kamu sebaiknya lebih menekan pengeluaran dibanding sebelumnya.

Hal ini perlu kamu lakukan guna mencegah terjadinya pengeluaran lebih besar daripada pemasukan yang pastinya membuat kondisi keuangan kamu lebih besar pasak daripada tiang dimana hal tersebut berbahaya bagi kehidupan kamu.

 

Sesuaikan dengan keadaan saat ini

Ketika kamu menyusun rencana finansial yang baru, kamu harus menyesuaikan dengan kondisi ada yang saat ini. Lakukan perhitungan kembali sesuai dengan keadaan kamu sekarang, berapa pemasukan yang akan kamu dapatkan perbulan mulai dari detik ini, lalu hitunglah pengeluaran yang perlu kamu lakukan sesuai dengan beban-beban yang menimpa kamu sekarang.

(Baca juga: 7 Hal yang Sering Bikin Rencana FInansial Kamu Gagal Total di Usia 20-an)

 

Belajar dari kesalahan

Pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup, untuk itu kamu sebaiknya belajar dari kesalahan sebelumnya yang membuat rencana finansial kamu berantakan atau bahkan gagal total.

Misalnya apabila rencana finansial kamu berantakan karena kamu sakit keras dan tidak mendaftarkan diri dalam asuransi sehingga uang tabungan kamu terkuras habis, mulai sekarang daftarkan diri kamu dalam layanan jasa asuransi agar kamu tidak lagi terjebak di lubang yang sama

 

 

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.