Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Empat Kebiasaan Buruk Saat Berolahraga yang Bisa Bikin Masa Pensiun Rentan Penyakit

by Rafly Aditia on 3 Februari, 2016

Motivasi orang untuk berolahraga bisa bermacam-macam. Tetapi, tujuan utamanya tentu satu yakni kesehatan.

Namun, tahukah kamu apabila sering melakukan beberapa kebiasaan buruk saat berolahraga, orang justru rentan terserang penyakit di masa tua.

Apa saja kebiasaan buruk yang dimaksud? Berikut daftarnya:

Tidak pemanasan

Bagi kamu yang rutin berolahraga, pastikan agar selalu melakukan pemanasan saat berlatih. Bukan hanya agar latihan dapat maksimal, tetapi pemanasan juga dapat menurunkan risiko cedera saat latihan.

Oleh karenanya, selalu lakukan pemanasan. Jangan sampai kamu menyesal karena dibekap cedera kambuhan yang bisa berlangsung hingga tua.

(Baca juga: Rekomendasi Olahraga Terbaik Tahun 2016 Berdasarkan Shio Kamu)

Latihan di luar kapasitas

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Hal ini pun berlaku dalam hal olahraga. Jangan pernah latihan jauh di luar batas kemampuan. Mengapa demikian?

Dalam berolahraga kamu perlu mengadaptasikan tubuh agar bisa mencapai tingkatan latihan yang lebih tinggi. Salah-salah, kamu justru bisa terserang cedera serius yang mengancam masa tua.

Untuk itu, lakukan latihan secara perlahan-lahan, contohnya jangan melakukan olahraga push up hingga 1000 kali per hari di hari pertama. Buatlah beberapa fase, mulai dari 50 push up sehari, lalu 100 push up sehari hingga akhirnya kamu bisa melakukan 1000 push up sehari.

Memaksa latihan saat cedera

Ketika kamu cedera, sebaiknya istirahatkan tubuh dari aktivitas berat seperti olahraga. Kenapa? Karena memaksan latihan saat cedera justru dapat membuat cedera menjadi lebih parah dan bisa berubah menjadi cedera serius.

Tidak melakukan pendinginan

Pendinginan memiliki manfaat penting dalam berolahraga. Bukan cuma menjauhkan diri dari cedera, pendinginan memiliki beberapa manfaat antara lain mencegah otot menjadi kaku, membuat tubuh lebih segar, memberikan ketenangan pada tubuh hingga mencegah mual pusing.

Apabila jarang melakukan pendinginan seusai berolahraga, kamu rentan terkena cedera. Bahkan, dalam jangka panjang otot menjadi kaku sehingga fleksibilitas tubuh di masa tua sangat berkurang.

(Baca juga: Hal Buruk Bisa Menimpa Kamu Jika Melakukan 4 Hal Ini Saat Berolahraga)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.