Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Enam Kesalahan Finansial yang Sering dilakukan Wanita

by Ariesta on 17 Desember, 2015

keputusan finansial - CekAja.com

Ladies, berhati-hatilah. Kesalahan finansial yang kamu lakukan bahkan bisa lebih  menyeramkan dari film horor yang kamu tonton.

Pasalnya,  belum selesai dihantui promo diskon yang bertebaran, kamu juga dikejar persoalan finansial yang terus datang. Apakah kamu melakukan salah satu kesalahan di bawah ini?

Tidak terorganisir

Mungkin kamu merasa bangga karena sudah berinvestasi sejak muda. Tapi jika kamu tidak bisa mengelolanya dengan baik, investasi kamu bisa sia-sia.

Tidak memedulikan simpanan pensiun

Pensiun mungkin terasa masih jauh. Meski demikian, kontribusi yang hanya 1 persen tetap bisa membuat perbedaan daripada tidak sama sekali.

Terlalu banyak berinvestasi

Merencanakan masa depan memang bagus. Tapi jika Kamu menginvestasikan uang yang seharusnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ini bisa menjadi masalah besar di kemudian hari. Buat anggaran untuk setiap aspek dalam kehidupan finansial Kamu dan usahakan untuk mematuhinya. (Baca juga: 5 Strategi Khusus Wanita Agar Sukses dalam Karier dan Keuangan)

Tidak ikut asuransi kesehatan demi menabung lebih banyak

Bagi sebagian orang yang tidak terlalu sering pergi ke dokter, asuransi kesehatan mungkin bukanlah prioritas. Namun ketahuilah bahwa risiko yang mengintai jauh lebih berbahaya dari yang kamu bayangkan.

Tentunya tidak ada yang mau mendapat kecelakaan tak terduga dengan tagihan biaya operasi mencapai puluhan juta rupiah. Bahkan jika kamu hanya seorang freelancer, tetap wajib hukumnya ikut asuransi kesehatan.

Menyisihkan sedikit uang untuk membayar asuransi tetap lebih baik daripada harus menanggung risiko besar di kemudian hari.

Menggunakan kartu kredit di setiap kesempatan

Kalau tidak mau terlilit utang, bayar cicilan setiap bulan atau lebih baik membayar seluruhnya sebelum jatuh tempo. Dan ingat, kartu kredit bukanlah ‘uang’ cadangan kamu.

Ragu berinvestasi

Hal ini banyak dilakukan oleh wanita yang meskipun mereka pintar, berpendidikan, dan berpenghasilan bagus, tapi lebih memilih menyimpan uang mereka di tabungan alih-alih berinvestasi.

Berdasarkan penelitian Fidelity, persentase wanita dalam membuat keputusan finansial memang semakin besar (meningkat 24 persen dari tahun 2011 yang hanya 15 persen), namun sebagian besar wanita masih ragu dalam berinvestasi.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami