Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Enam Langkah Ini Akan Melindungi Kartu Kredit Kamu dari Tangan-tangan Jahil

by JTO on 16 Oktober, 2015

Pembocoran data atau penyalahgunaan kartu kredit sangat umum terjadi beberapa tahun belakangan ini. Tingginya penggunaan kartu kredit untuk transaksi belanja yang menjadi pemicunya. Seringkali kebocoran data terjadi dari transaksi belanja online.

Meski selalu saja ada celah untuk terjadinya kejahatan, ada juga cara-cara yang bisa dipilih agar kamu bisa mencegahnya. Setidaknya, ada enam langkah yang bisa dilakukan agar kamu tetap melindungi kartu kreditmu dari orang jahil.

Pilih Bertransaksi Menggunakan PIN

Meski belum resmi dan wajib diterapkan, penggunaan PIN setiap kali bertransaksi dengan kartu kredit sudah mulai berlaku. Hal ini bisa menjadi pilihan untuk melindungi kemungkinan penyalahgunaan kartu kredit oleh orang jahil. Selain itu, kamu akan lebih mudah membiasakan diri dengan bertransaksi. Keamanan dari kartu yang dikeluarkan bank penerbit dengan menggunakan sistem berbasis chip-EMV juga cukup aman dari kemungkinan penggandaan atau kloning. Kamu juga harus selalu memastikan bahwa setiap kali memasukkan PIN tidak ada kemungkinan dilihat pihak lain. Selalu tutupi tanganmu setiap kali memasukkan PIN.

(Baca Juga: Awas, Jangan Gunakan Kartu Kredit Buat Beli Barang-barang Ini!)

Jangan Biarkan Kartu Diproses Dua Kali

Kamu harus langsung curiga jika petugas kasir meminta kamu untuk kembali memasukkan kartu ke dalam mesin EDC untuk kedua kalinya. Apalagi, jika kartu yang digunakan itu kemudian dimasukkan pada mesin yang berbeda. Ini bisa menjadi salah satu modus penggandaan atau pencurian data.

Tanda Tangani Kartumu

Banyak orang yang lupa untuk menandatangani kartu kredit mereka. Tanda tangan bisa menjadi pilihan untuk verifikasi pemilik kartu. Namun, memang tidak semua petugas kasir rajin memeriksanya. Yang perlu diperhatikan, jika kartu kamu hilang atau ikut tercopet bersama dompet kamu segeralah mengurus pemblokiran kartu kamu agar tidak segera disalahgunakan oleh orang jahat yang mengambil karu kamu itu.

(Baca Juga: Modus Pencurian Data Kartu Kredit yang Pernah Terjadi di Dunia, Ketahui Sekarang Agar Bisa Mencegahnya)

 

Selalu Lindungi PIN Milikmu

Rajinlah mengubah PIN secara berkala. Angka yang mudah ditebak juga jangan dipilih, seperti misalnya tanggal lahir atau nomor-nomor yang terkait dengan identitas kamu. Jangan menyimpan nomor PIN bersamaan dengan kartunya dan selalu ingat untuk menutupi tangan saat sedang menekan PIN di mesin EDC atau mesin ATM.

Buatlah Dompet Kamu Setipis Mungkin

Kamu tidak perlu membawa serta semua kartu milikmu di dalam satu dompet. Cukup bawa kartu yang pasti akan digunakan saja, sementara simpanlah kartu lainnya di tempat-tempat aman layaknya kamu menyimpan perhiasaan atau benda berharga lainnya. Kamu bisa menyiasati cara belanja kamu jika memang memiliki banyak kartu. Gunakan salah satu untuk belanja di toko sementara yang lainnya untuk belanja online.

Jangan Ragu Percaya Sistem Teknologi Keamanan Terbaru

Selalu ada fitur terbaru yang ditawarkan demi keamanan transaksi belanja kamu. Misalnya ada pembayaran yang bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel pintar milikmu. Di AS, ada fitur pembayaran Apple Pay yang dilengkapi dengan sistem pengaman dengan menggunakan pembaca sidik jari.

(Baca Juga: Jangan Pernah Punya Kartu Kredit yang Miliki Ciri Seperti Ini!)

Bandingkan ratusan kartu kredit yang menawarkan diskon dan promo khusus, di sini.

 

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami