Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Enam Langkah Mudah Mengatur Duit di Usia Muda

by JTO on 4 Agustus, 2015

Setiap orang muda wajib belajar mengelola keuangan mereka dengan lebih bijak. Yang sering terjadi, tunggakan kredit menumpuk setiap sehingga tak ada lagi uang yang tersisa untuk tabungan.

 

Cobalah beberapa tip berikut ini agar Anda semakin cepat berada pada jalur yang benar untuk masalah keuangan.

 

Buatlah Anggaran Bulanan dan Terapkanlah secara Disiplin

Tip yang satu ini pasti sudah sering disampaikan di mana-mana. Alasannya memang sangat bagus. Perencanaan yang telah dibuat akan membuat Anda lebih tahu seberapa besar kebutuhan bulanan Anda. Dengan begitu tak ada lagi alasan untuk tak menabung. Selain itu, ketika ada pengeluaran mendadak, sudah ada pos tersendiri yang siap digunakan.

 

Siapkan Tabungan dalam Pos Tersendiri

Tabungan untuk biaya tak terduga memang sangat penting dimiliki. Setidaknya harus ada dana cadangan sebanyak tiga kali jumlah gaji bulanan Anda yang sudah siap digunakan saat dibutuhkan. Salah satu cara paling mudah untuk menabung adalah dengan mentransferkan sejumlah uang ke rekening khusus itu secara otomatis setiap bulannya. Tak perlu dalam jumlah yang besar.Misalnya, sisihkan uang satu juta saja setiap bulannya untuk ditransfer langsung ke rekening khusus dana cadangan Anda.

Lebih Bijak Mencicil

Kredit memang pilihan paling menyenangkan saat membeli rumah atau kendaraan. Namun, jika Anda tidak cermat, pilihan ini bisa menjadi mengganggu kestabilan keuangan Anda. Sama halnya dengan penggunaan kartu kredit yang tak terkendali. Tawaran promo tertentu biasanya menjadi pertimbangan utama seseorang memiliki kartu kredit. Yang terpenting, usahakan bahwa memang Anda memiliki uang yang cukup untuk setiap belanjaan yang dibayarkan dengan kartu kredit. Jadi, hanya media pembayarannya saja yang berbeda. Jangan sampai kehadiran kartu kredit justru memancing pemborosan.

 

Buatlah Hidup Anda Lebih Berarti

Usahakan agar pengeluaran selalu lebih kecil dari pendapatan bulanan. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Pakar keuangan Suze Orman, menyarakan untuk membuat pengeluaran bulanan bisa dipangkas 10 persen. Gunanya, akan ada sisa uang di penghujung bulan yang bisa dimanfaatkan untuk investasi atau tabungan. Dengan membangun kebiasaan seperti ini, kesehatan finansial Anda bisa terjaga apalagi di saat karir melonjak. Pendapatan bisa lebih besar namun pengeluaran bisa tetap dipertahankan seperti sebelumnya. Investasi akan semakin besar jumlahnya.

Siapkan Dana Pensiun

Semakin cepat tabungan hari tua disiapkan akan semakin besar jumlahnya. Cobalah untuk menetapkan target yang menyenangkan. Misalnya Anda ingin berkeliling dunia dengan pasangan Anda saat pensiun nanti. Buatlah target itu sebagai penyemangat untuk menyisihkan uang Anda sebagai investasi hari tua. Ada banyak pilihan cara untuk menginvestasi uang Anda, misalnya dengan investasi logam mulia, investasi saham, atau investasi properti.

 

Ikut Asuransi Kesehatan

Jika asuransi ini tidak diberikan perusahaan, Anda harus mengusahakannya sendiri. Kehadiran asuransi kesehatan sangatlah penting karena biaya perawatan rumah sakit tidaklah murah. Jika Anda sudah mempersiapkan diri dengan kehadiran asuransi kesehatan, tentu tagihan rumah sakit tidak lagi memberatkan. Kini, ada situs-situs online yang bisa membandingkan asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan di Indonesia.Salah satunya adalah CekAja.com.  Anda bisa membandingkan jumlah biaya yang harus dibayarkan dan benefit yang akan didapatkan.

 

Sumber artikel

 

Segera cari tahu asuransi kesehatan yang cocok untuk Anda di sini.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.