Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Masjid Terbesar & Termegah di Dunia yang Wajib Dikunjungi

by JTO on 12 Juni, 2015

Bukan hanya beribadah, namun mungkin saja Anda memiliki rencana melakukan wisata religi di bulan suci Ramadhan. Bahkan, rencana wisata yang Anda lakukan adalah ke luar negeri. Banyak tempat yang bisa dikunjungi, namun karena bulan ibadah, wisata masjid pun bisa menjadi pilihan.

Nah, agar tidak bingung untuk memilih tujuan wisata yang akan di kunjungi, berikut adalah 6 masjid termegah yang ada di beberapa penjuru dunia. Tinggal pesan tiket, langsung berangkat ke tempat tujuan, dan rasakan ibadah lebih khusyuk.

1. Masjidil Haram Mekah – Arab Saudi

shutterstock_104837168

Merupakan kiblat bagi umat muslim untuk bersujud kepada Allah, masjid yang juga dikenal dengan sebutan “Grand Mosque” ini terletak di kota Mekah, Saudi Arabia. Masjid ini merupakan masjid terbesar dan termegah di dunia. Bangunannya mengelilingi tempat tersuci para umat muslim di seluruh dunia, Kakbah. Bangunan seluas 400,800 meter persegi ini bisa menampung 4 juta orang yang biasanya datang pada masa-masa naik haji.

2. Masjid Nabawi, Madinah – Arab Saudi

shutterstock_142806277

Mesjid Nabawi merupakan tempat ibadah umat Muslim yang dibangun sendiri oleh Nabi Muhammad SAW. Mesjid tempat tersuci kedua setelah Masjidil Haram. Tempat yang paling penting di dalam masjid ini adalah Green Dome atau Kubah Hijau, yang terletak di pusat area masjid. Di sanalah tempat Nabi Muhammad SAW dimakamkan.

Pada tahun 1279, sebuah kubah berbahan dasar kayu dibangun tepat di atas makam. Bangunan kubah itu sempat direnovasi dua kali, pada sekitar abad ke-15 dan pada tahun 1817. Kubah ini baru dicat warna hijau pada tahun 1837. Yang pasti, kemegahan konstruksi bangunan mesjib ini seakan menyihir para umat muslim yang berada di sekitarnya untuk datang dan masuk serta beribadah di dalamnya.

(Baca juga: 3 Fakta Anda Wajib Punya Asuransi Perjalanan)

3. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin – Brunei Darussalam

shutterstock_278803985

Terletak di Ibukota Bandar Seri Begawan, masijd ini menjadi salah satu bangunan termegah di kawasan Asia Pasifik. Bangunan yang berdiri kokoh sejak tahun 1958 itu menjadi salah satu contoh garapan arsitektur Islam modern. Masjid dengan desain gabungan gaya Mughal dan gaya Italia ini berdiri di atas laguna buatan di tepi Sungai Brunei, di kawasan Kampong Ayer. Kemegahan bangunan masjid Sultan Omar Ali Saifuddin ditandai dengan menara berdinding marmer dan kubah emas dengan halaman dan taman yang rimbun penuh air mancur. Selain itu, masjid ini dikelilingi oleh sejumlah besar pohon dan kebun bunga yang dalam Islam melambangkan surga.

4. Masjid Hassan II – Maroko

shutterstock_105521510

Masjid dengan sebutan lain Grande Mosquée Hassan II terletak di kota Casablanca, Maroko. Menara masjid setinggi 2,1 meter yang berisi 60 lantai bangunan ini menjadi yang tertinggi di dunia.Puncak menara mesjid ini dilengkapi dengan sebuah laser yang memancar langsung ke arah Mekah.

Bangunan masjid berada di sebuah tanjung dan menghadap langsung ke Samudra Atlantik. Air laut dapat terlihat dari lantai berbahan dasar kaca yang terletak di aula masjid ini. Dinding masjid dilapisi dengan marmer buatan tangan. Masjid ini bisa menampung setidaknya 105 ribu umat dengan komposisi 25 ribu beribadah di dalam sementara 80 ribu lainnya di area luar.

(Baca juga: Mau ke Eropa? Miliki Dulu Visa Schengen dan Asuransi Perjalanan)

5. Mesjid Faisal, Islamabad – Pakistan

shutterstock_246422014

Merupakan masjid terbesar di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan, serta menjadi masjid terbesar ke empat di dunia. Bangunan masjid ini sempat menjadi yang terbesar di dunia pada masa tahun 1986-1993. Setelah itu, kemegahannya dikalahkan oleh Masjid Hassan II in Casablanca, Maroko, serta Masjidil Haram serta Masjid Nabawi di Arab Saudi.

6. Masjid Ar Rahmah atau Masjid Terapung, Arab Saudi

shutterstock_86154901

Masjid ini dibangun tepat di pesisir pantai Laut Merah, Arab Saudi. Sekilas,bangunan masjib tampak seperti mahkota dari lautan luas yang berada di sekitarnya. Kemegahan bangunan ini memang tidak dapat diragukan lagi. Setiap orang yang terlihat dari segala arah. Letaknya yang sangat strategis ini juga bisa menarik perhatian setiap wisatawan yang sedang berada dekat masjid tersebut.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.