Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Facebook Down, Kerugiannya Ditaksir Mencapai 20,52 Juta Dolar AS

by Gito on 14 Maret, 2019

Situs jejaring sosial milik Mark Zuckerberg, Facebook sempat mengalami gangguan selama hampir 10 jam. Gangguan dilaporkan terjadi mulai kamis dini hari (14/3) hingga pukul 10 pagi tadi.

Bocor Data Facebook

Berdasarkan pantauan, gangguan tidak hanya terjadi pada Facebook saja. “Kroninya” yang lain seperti Instagram dan juga whatsapp messenger juga sempat mengalami gangguan. Seperti tidak dapat merefresh, upload stories dan juga melakukan update status.

Gangguan semacam ini sebenarnya bukanlah baru pertama terjadi pada Facebook. Sebelumnya pada akhir tahun 2014 lalu, situs jejaring sosial yang memiliki jumlah pengguna aktif harian atau daily active users (DAUs) sebanyak 1,52 miliar di akhir 2018 itu juga pernah mengalami gangguan selama kurang lebih 19 menit.

Untuk itu, perusahaan harus rela menanggung kerugian senilai hampir setengah juta dolar AS. Kemudian pada awal tahun 2015, Facebook kembali mengalami gangguan selama kurang lebih 50 menit, dari situ perusahaan yang sahamnya tercatat di Bursa saham Nasdaq, Amerika Serikat berpotensi kehilangan keuntungan senilai hampir 1,1 juta dolar AS.

Lalu bagaimana dengan gangguan yang terjadi hari ini? Facebook mengatakan melalui akun Twitter resminya, bahwa kami menyadari beberapa orang saat ini kesulitan mengakses keluarga aplikasi Facebook. Kami sedang berupaya mengatasi permasalahan tersebut secepatnya.

Sepanjang tahun 2018 lalu, Facebook berhasil mengantongi pendapatan sebesar 55,84 miliar dolar AS. Dari capaian itu, perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California itu meraup untung 22,11 miliar dolar AS.

(Baca juga: Ragam Ide Cemerlang Facebook di Umurnya yang Menginjak 15 Tahun)

Potensi Rugi

Jika mengacu pada data diatas, maka setiap harinya Facebook mencetak untung senilai 60,57juta. Dari jumlah tersebut, setiap jamnya Facebook berhasil mengumpulkan keuntungan 2,52 juta dolar AS.

Nah dengan adanya gangguan yang terjadi selama kurang lebih 10 jam pada hari ini, diduga Facebook berpotensi kehilangan keuntungan sekitar 20,52 juta dolar AS atau setara dengan Rp292,88 miliar.

Memang bila dibandingkan dengan keuntungan yang didapat oleh raksasa jejaring sosial ini, jumlah tersebut masih jauh lebih kecil ketimbang keuntungannya selama 1 hari. Tetapi bukan berarti perihal stabilitas sistem digital dapat dikesampingkan.

Facebook juga menyatakan bahwa gangguan yang terjadi pada pagi tadi bukanlah disebabkan oleh serangan distributed denial-of-service (DDoS) para hacker. Pun begitu, belum ada penjelasan detil tentang apa yang terjadi pada Facebook.

(Baca  juga: Pembelian 6 Perusahaan Besar yang Bikin Facebook Makin Sukses)

Ladang Uang

Berselancar di dunia maya memang sangat mengasikkan. Kamu bisa berinteraksi dengan banyak orang yang berasal dari seluruh dunia.

Membincang tentang segala hal menarik yang terjadi di dunia bersama orang baru merupakan pengalaman berharga yang dapat dipetik dari aktivitas di dunia digital.

Nah selain itu, sambil berselancar di internet, kamu juga bisa menghasilkan rupiah lho. Di Facebook sendiri terdapat beberapa fitur yang dapat kamu manfaatkan untuk mendulang untung, berikut merupakan beberapa fiturnya, simak yuk!

  • Facebook Marketing Page

Fitur ini sangat berguna untuk memandu bisnis melalui cara pemasaran yang lebih tepat sasaran. kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas, sambil terus belajar bisnis.

Secara sederhana, Facebook Marketplace membuat setiap pengguna dapat mencari dan menemukan beragam produk yang dijual oleh orang yang ada di sekitarnya.

Proses itu tentunya bisa dilakukan dengan lebih cepat, bahkan memungkinkan penjualan barang secara spontan. Didalam fitur ini, kamu juga bisa bertemu dengan penjual lain sambil bertukar ide dan gagasan.

  • Success Stories

Selanjutnya, ada fitur Success Stories. Melalui fitur ini, kamu dapat melihat berbagai kampanye inovatif di Facebook dari seluruh dunia. Tentu saja disertai visual yang menakjubkan agar lebih menarik.

Model bisnis semakin hari terus berubah-ubah, apalagi semenjak teknologi merajalela. Dibuatnya fitur ini, tak lain untuk menambah wawasan pengguna dalam mengembangkan bisnis dengan lebih up to date.

Kamu juga dapat belajar dari kisah sukses orang-orang hebat yang sudah berada di tangga kesuksesaan saat ini. Ibaratnya pepatah, learning by doing, asyik bukan?

(Baca juga: Keputusan Krusial yang Bikin Facebook Menjadi Perusahaan Raksasa)
  • Business Manager

Business Manager adalah salah satu fitur terbaik yang disediakan oleh Facebook untuk bisnis setiap pengguna. Fitur ini memungkinkan kalian mengatur semua orang, akun iklan, dan halaman tempat kamu bekerja dalam satu wadah.

Siapapun dalam bisnis kamu dapat berbagi dan mengontrol akses ke aset mereka di Facebook dengan aman, tanpa harus berbagi informasi login dengan rekan kerja mereka di Facebook.

  • Discover People

Lalu yang tak kalah efektif, fitur Discover People. Pada mulanya, Discover People ditujukan untuk mereka yang sedang mencari pasangan.

Tapi lama kelamaan, kepentingan bisnis nampaknya juga bisa ikut menjadi tujuan dalam fitur ini. Kendati Discover People diperkenalkan guna mendorong pengguna Facebook agar lebih mudah menemukan kenalan baru, termasuk jejaring bisnis.

Nah buat kamu yang memang ingin terjun bisnis namun memiliki keterbatasan  modal, coba akses CekAja.com. Disana kamu dapat menemukan produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ditawarkan oleh bank kenamaan di tanah air.

Kamu bisa langsung membandingkan mana produk yang menawarkan suku bunga lebih rendah dan juga syarat yang mudah. Cukup klik di ponsel pintar kamu, dan aplikasi sudah masuk di bank yang kamu inginkan.

Tentang Penulis

Jurnalis, penyuka musik britpop, sangat suka dengan dendeng kering.