Fakta dan Misteri Segitiga Bermuda yang Belum Terpecahkan, Apa Saja?

Jika berbicara tentang Segitiga Bermuda, sebenarnya hingga saat ini ada banyak sekali fakta dan misteri Segitiga Bermuda yang belum terpecahkan. Dan untuk misterinya sendiri, sepertinya sudah menjadi rahasia umum di kalangan masyarakat.

Buat kamu yang belum tahu, kisah tentang Segitiga Bermuda awalnya bermula sejak 56 tahun yang lalu, atau tepatnya sekitar tahun 1964.

Di mana, nama Segitiga Bermuda ini pertama kali digunakan oleh penulis asal Amerika, yaitu Vincent Gaddis di majalah Argosy, untuk menggambarkan sebuah kawasan di Lautan Atlantik, lepas pantai Florida yang berbentuk segitiga.

Nama yang juga sering disebut dengan “Segitiga Setan” ini pun, sering dibahas di banyak buku, film, hingga dokumenter selama beberapa dekade.

Nah karena hal itulah, akhirnya banyak orang yang semakin penasaran dengan fakta dan misteri Segitiga Bermuda, yang hingga hari ini mungkin belum terpecahkan.

Jika kamu ingin tahu apa saja fakta dan misteri Segitiga Bermuda tersebut, pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan mengulas beberapa fakta dan misterinya secara lengkap, khusus untuk kamu. SImak bersama-sama, yuk!

Fakta dan Misteri Segitiga Bermuda

Untuk memudahkan mu mengetahui fakta dan misteri Segitiga Bermuda, kali ini, CekAja.com akan membahasnya satu persatu fakta dan misterinya, sebagai berikut.

Fakta Segitiga Bermuda

Sebelum mengetahui apa saja misteri Segitiga Bermuda yang beredar di masyarakat, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu fakta mengenai Segitiga Bermuda.

Yang mana, fakta Segitiga Bermuda ini tak kalah banyak dari misteri yang diketahui sebagian besar orang.

Untuk tahu apa saja fakta dari Segitiga Bermuda, di bawah ini CekAja.com telah merangkum beberapa di antaranya sebagai berikut, yaitu:

1. Tidak tercantum di peta dunia

Fakta Segitiga Bermuda yang pertama, yaitu tidak tercantum di peta dunia. Ini mungkin menjadi satu hal yang menarik untuk dibahas, karena realitanya Segitiga Bermuda memang tidak muncul di peta dunia manapun.

Apalagi, Dewan Geografis AS juga tidak mengakui Segitiga Bermuda, sebagai wilayah resmi dari Samudra Atlantik.

Padahal, lokasi Segitiga Bermuda diketahui terletak di antara pantai Atlantik Florida (AS), Antiles dan Puerto Rico.

Tidak hanya itu, Segitiga Bermuda pun diperkirakan memiliki luas sekitar 500 ribu dan 1.510.000 mil persegi, atau 1,3 juta dan 3,9 km persegi.

(Baca Juga: Potensi Kekayaan Laut Natuna)

2. Tidak masuk ke dalam 10 perairan paling berbahaya

Selain tidak tercantum di peta dunia, Segitiga Bermuda juga ternyata tidak masuk ke dalam 10 perairan paling berbahaya.

Ini adalah salah satu fakta Segitiga Bermuda yang unik, mengingat mitos tentang Segitiga Bermuda cukup mengerikan.

Melansir kumparan.com, pada 2013 lembaga World Wildlife Fund (WWF) melakukan studi menyeluruh mengenai jalur pelayaran maritim, serta menetapkan Segitiga Bermuda sebagai perairan yang tidak masuk ke dalam 10 perairan paling berbahaya di dunia untuk pengiriman.

Hal itu karena, Segitiga Bermuda juga menjadi penopang lalu lintas sehari-hari yang cukup padat, baik melalui lautan maupun udara.

3. Memiliki gelombang yang tinggi

Fakta berikutnya, yaitu Segitiga Bermuda memiliki gelombang yang tinggi. Ini sebenarnya bukan hal yang mengejutkan, mengingat wilayah Samudra Atlantik, yang merupakan lokasi terletaknya Segitiga Bermuda, menjadi tempat bertemunya badai dari berbagai arah.

Badai tersebut pun, diketahui dapat membuat gelombang laut hingga mencapai ketinggian 100 kaki, atau sekitar 30,5 meter.

Jika dilihat secara teori, tinggi gelombang itu cukup mengganggu perjalanan pesawat dan kapal yang melintas.

4. Menjadi titik terdalam Samudra Atlantik

Fakta keempat yang harus kamu ketahui, dari fakta dan misteri Segitiga Bermuda, yaitu menjadi titik terdalamnya Samudra Atlantik.

Ya, Milauke Depth atau yang dikenal dengan sebutan titik terdalam Samudra Atlantik, palung Puerto Rico ternyata berada di sekitar perairan Segitiga Bermuda.

Disebut sebagai titik terdalam, karena Milauke Depth memiliki kedalaman hingga 27.493 kaki atau sekitar 8.380 meter.

5. Banyak memakan korban jiwa

Fakta Segitiga Bermuda yang terakhir, yaitu banyak memakan korban jiwa. Sejauh ini, ada dua insiden paling populer yang melibatkan Segitiga Bermuda.

Insiden pertama, yaitu kapal penambang USS Cyclops yang pada Maret 1918 menghilang di dalam Segitiga Bermuda, ketika melakukan perjalanan dari Brasil menuju ke Baltimore, Maryland, AS.

Kemudian insiden selanjutnya, yaitu pada 1945 di mana pesawat tempur AS yang disebut Flight 19 juga hilang di Segitiga Bermuda.

Misteri Segitiga Bermuda

Jika di pembahasan sebelumnya, kamu sudah mengetahui beberapa fakta tentang Segitiga Bermuda, maka kali ini kamu akan mengetahui mitosnya, sesuai dengan tema pembahasan kali ini, yaitu fakta dan misteri Segitiga Bermuda.

Untuk misterinya sendiri, sebagian dari kamu mungkin sedikit banyak sudah tahu misteri tersebut, dari berita maupun cerita yang beredar.

Misteri tentang Segitiga Bermuda pun mulai menarik perhatian banyak masyarakat, sejak serangkaian kejadian hilangnya kapal laut dan pesawat yang tidak dapat dijelaskan.

Salah satunya, yaitu kejadian pada tahun 1945. Sebanyak lima pesawat Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dan 14 orang lainnya, saat itu dilaporkan hilang di area tersebut, ketika sedang melakukan latihan rutin.

Sebelum kejadian, sempat terdengar suara kapten pesawat, yaitu Letnan Charles Taylor dalam radio mengatakan “Kami memasuki air putih, ada yang tidak beres. Kami tidak tahu lokasi di mana, airnya hijau, bukan putih”.

Ketika mendengar kabar tersebut, Angkatan Laut AS pun segera melakukan investigasi, dan akhirnya melaporkan insiden tersebut dalam kabar penyebab tidak diketahui.

Dan sejak kejadian itu hingga tahun 1980-an, sekitar 25 pesawat kecil hilang ketika melalui Segitiga Bermuda.

Semua pesawat yang jatuh tersebut pun tidak pernah terlihat lagi sampai saat ini, bahkan tidak ada puing yang pernah ditemukan dari kecelakaan-kecelakaan yang pernah terjadi.

Nah cerita-cerita tentang kejadian itu, akhirnya menarik banyak perhatian publik. Bahkan, ada beberapa pihak yang memberikan berbagai penjelasan berlebih, kalau ada kekuatan supranatural atau paranormal, di balik kejadian itu.

Selain itu, ada juga pihak yang mengaitkan tragedi kecelakaan itu, dengan alien atau makhluk gaib lainnya yang tinggal di kota bawah laut. Bagaimana, mitos yang berkembang di masyarakat cukup banyak dan menarik, bukan?

(Baca Juga: Danau Terbesar di Dunia)

Itulah beberapa fakta dan misteri Segitiga Bermuda, yang sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya.

Semua fakta dan misteri Segitiga Bermuda tersebut, bisa kamu ketahui lebih dalam lagi dengan membaca berita-berita atau buku, baik dalam bentuk fisik maupun e-book.

Apabila lebih tertarik untuk membaca langsung dari buku, maka kamu bisa membelinya di beberapa toko buku, maupun ecommerce.

Agar pembelian buku menjadi lebih praktis dan hemat, kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

Sebab, kartu kredit seringkali memberikan banyak promo menarik kepada para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback maupun rewards point.

Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaik mu sekarang juga, dan dapatkan segudang promo menariknya!