Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Fakta dan Sejarah Menara Saidah, Gedung Mewah Beraura Mistis

by Estrin Vanadianti Lestari on 5 Desember, 2019

Masih berdiri tegak tak berpenghuni, gedung Menara Saidah yang terletak di Jakarta ini, ternyata terkenal dengan kisah mistisnya. Bagaimana tidak, gedung yang diresmikan pada tahun 2001 silam tersebut, ternyata sudah kosong 10 tahun, yakni sejak tahun 2009.

Fakta dan Sejarah Menara Saidah Gedung Mewah Beraura Mistis

Ada apa dengan Menara Saidah? Dan bagaimana sejarahnya hingga gedung ini bisa kosong dan terbengkalai? Yuk, simak semua rangkuman Fakta dan Sejarah Menara Saidah, berikut ini:

  • Dibangun dalam 3 Tahun

Pada tahun 1995, menara Saidah dibangun setinggi 15 lantai oleh kontraktor PT Hutama Karya, dengan masa waktu pembangunan 3 tahun. Setelah selesai pembangunan, gedung tersebut diberi nama Gedung Gracindo, dan dimiliki oleh PT Mustika Ratu atas nama Mooryati Sudibyo.

  • Menara Saidah Pernah Direnovasi Besar-besaran

Sebelum gedung ini berganti nama menjadi Menara Saidah, ternyata gedung ini juga pernah direnovasi besar-besaran. Awalnya, gedung yang dimiliki oleh PT Mustika Ratu ini, dilakukan pelelangan yang akhirnya jatuh ke keluarga Saidah untuk diserahkan kepada anak kelima Nyonya Saidah, yakni Fajri Setiawan.

Setelah dilakukan renovasi, dan berubah nama menjadi Menara Saidah, jumlah lantai gedung ini bertambah menjadi 30 lantai, dengan 6 pilar yang didesain khas arsitektur Romawi. Setelah itu, baru Menara Saidah diresmikan pada tahun 2001, oleh Saidah Abu Bakar Ibrahim.

  • Pemilik Terakhir Menara Saidah Adalah Suami Inneke Koesherawati

Menara Saidah terakhir dimiliki oleh Fahmi Darmawansyah, yang merupakan anak bungsu Nyonya Saidah sekaligus suami dari artis Inneke Koesherawati. Namun, saat ini Fahmi sendiri berada di Penjara Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Hal tersebut terjadi lantaran ia terjerat kasus korupsi Bakamla (Badan keamanan Laut).

  • Menara Saidah Mulai Kosong Sejak Tahun 2009

Disebut-sebut, Menara Saidah ini telah 10 tahun kosong dan terbengkalai. Padahal, ketika masih aktif, Menara Saidah pernah diisi oleh 34 tenant penyewa gedung, dan menjadi salah satu gedung perkantoran yang sangat bagus dan strategis pada masanya.

Sebut saja beberapa perusahaan besar dan terkenal seperti BNI dan ANTV, yang pernah menempati gedung tersebut sebagai kantor mereka. Namun, karena manajemen operasional gedung yang buruk, Menara Saidah akhirnya resmi tutup di tahun 2009.

  • Menara Saidah Dibangun dengan Biaya Rp50 Miliar

Menjadi gedung pencakar langit pertama di Jakarta, Menara Saidah yang dibangun oleh PT Hutama Karya ini setidaknya mengeluarkan biaya pembangunan hingga Rp50 miliar.

  • Konstruksi Menara Saidah Pernah Diisukan Miring

Lantaran sering menjadi sorotan karena terbengkalai dengan kondisi yang memprihatinkan, konstruksi Menara Saidah pernah diisukan miring beberapa derajat pada tahun 2013.

Namun, pihak kontraktor membantah adanya isu gedung yang miring serta kegagalan konstruksi. Bahkan mereka juga menyatakan bahwa, terbengkalainya Menara Saidah dikarenakan masalah internal manajemen, yang tidak dikelola dengan baik hingga adanya kisruh kepemilikan.

Tidak hanya itu, di tahun 2017 lalu, struktur tanah disekitar Menara Saidah juga sempat ambles. Amblesnya tanah yang persis di depan Menara Saidah dikarenakan adanya proyek LRT Jabodetabek. Meski sempat ambles, namun gedung ini masih dinyatakan aman.

Selain Fakta dan Sejarah, Menara Saidah Juga Menyimpan Banyak Cerita Mistis

Menara Saidah Juga Menyimpan Banyak Cerita Mistis

  • Ada sosok wanita cantik berbaju merah

Kisah mistis yang pernah terjadi di Menara Saidah adalah ada sosok wanita cantik berbaju merah misterius. Kisah ini pernah terjadi ketika gedung masih beroperasi, dan disaksikan oleh satpam yang dulu bertugas di Menara Saidah.

Saat itu, satpam sempat bertemu dengan seorang wanita cantik berbaju merah, lalu ia meminta satpam untuk menemaninya ke lantai 14, untuk menemui adiknya. Namun, ketika sampai di lift, anehnya lift berjalan sangat lambat.

Setelah sampai di lantai 14, satpam tersebut baru sadar, bahwa wanita cantik berbaju merah tersebut sudah tidak ada di dalam lift. Setelah kejadian itu, satpam tersebut ditemukan pingsan oleh rekan-rekan lainnya.

  • Makhluk halus penunggu lift

Bicara soal gedung tinggi dan mewah, pasti terdapat sebuah lift. Namun, lift yang ada di Menara Saidah ini memiliki aura yang berbeda, karena sering mengganggu salah satu karyawan yang dulu pernah bekerja di sana.

Kejadian ini terjadi ketika gedung ini hampir tutup dan resmi berhenti beroperasi. Dari cerita yang beredar, seorang karyawan tersebut sejatinya hanya ingin mengambil sebuah dokumen yang tertinggal di ruang kerjanya.

Ketika menggunakan lift, ia naik ke lantai tujuan. Namun, ketika sampai, ia kaget karena seluruh ruangan sudah kosong, dan ia pun kembali masuk ke dalam lift. Lalu, ia langsung menekan tombol untuk mencapai lantai dasar. Namun anehnya, lift tidak kunjung bergerak, ditambah lampu yang malah meredup.

Dengan panik, ia pun memutuskan untuk menggunakan tangga darurat. Tidak sampai disitu, ia pun juga melihat bahwa di setiap lantai yang dilalui, pintu lift kerap terbuka, seolah mengundang karyawan tersebut untuk masuk ke dalamnya.

  • Lampu sering menyala dengan sendirinya

Untuk hal mistis selanjutnya di Menara Saidah adalah lampu yang sering menyala dengan sendirinya. Pasalnya, seperti yang kita tahu bahwa gedung ini sudah cukup lama ditinggalkan, namun beberapa orang ternyata masih melihat lampu di beberapa lantai masih dalam keadaan menyala.

Padahal, satpam yang sering menunggu gedung itu pun sering mengonfirmasi, bahwa tidak ada lampu yang dinyalakan dalam gedung. Namun, tetap saja masih ada orang yang melihat kejadian tersebut.

Bahkan, seorang pengendara motor juga pernah sengaja memperhatikan. Dan benar saja lampu yang ia lihat pun menyala secara bergantian. Namun, hal tersebut pun masih menjadi sebuah misteri, apakah nyalanya lampu terjadi karena ada kesalahan teknik listrik atau makhluk halus yang memang jahil.

  • Ada suara memanggil dari basement

Selanjutnya ada kisah mistis yang terjadi di bagian basement Menara Saidah. Pasalnya, menurut pengalaman seorang satpam yang merasa bosan berjaga, memutuskan untuk turun ke basement. Lalu, setelah sampai di lokasi, suasana pun langsung berubah menjadi mengerikan, dengan hawa yang mencekam.

Satpam tersebut pun merasa ada di keramaian, meski ia tahu bawa sebenarnya tidak ada siapa pun di ruangan tersebut. Namun, ketika ia hendak meninggalkan basement, ia pun mendengar suara lirih meminta tolong dan tiba-tiba seperti ada yang mencolek punggungnya. Hiiii…

  • Ada penampakkan keranda mayat di lantai 3

Hal aneh dan mistis lainnya yang terjadi di Menara Saidah adalah adanya sebuah keranda mayat di lantai 3. Hal ini juga sering dikaitkan dengan adanya gosip yang menyebutkan bahwa, Menara Saidah merupakan gedung yang dibangun di atas pemakaman.

Sehingga, cerita tersebut pun berkolerasi dengan keberadaan penampakan keranda mayat di gedung ini, tepatnya di lantai 3. Dibuat penasaran dengan gosip yang beredar, sebuah kelompok anak muda pun akhirnya penasaran dan ingin melihat fenomena mistis tersebut.

Kelompok anak muda tersebut datang pukul 7 malam ke Menara Saidah, dan naik menggunakan lift. Lalu ketika lift terbuka di lantai 3, mereka pun dikagetkan dengan keranda mayat yang terpampang di hadapan mereka.

Tidak hanya itu, selain keranda para anak muda ini juga mengaku melihat bayangan wanita yang bergerak dengan cepat, seolah berusaha menghindar dari pandangan mereka. Wah, seram juga ya pengalaman mistis kelompok anak muda ini.

Menara Saidah Sebagai Lokasi Wisata Horor

Bagaimana? Apa kamu juga tertarik untuk uji nyali menyusuri Menara Saidah yang sangat terkenal mistis ini? Bagi kamu yang penasaran dan tertarik dengan wisata horor, Menara Saidah mungkin menjadi lokasi yang sangat tepat.

Namun, untuk kamu yang tinggal di luar Jakarta atau luar kota bahkan luar pulau, mungkin akan membutuhkan biaya perjalanan yang besar, untuk bisa sampai di Menara Saidah Jakarta. Untuk memudahkanmu sampai di Jakarta, tepatnya di Menara Saidah, jangan lupa untuk gunakan kartu kredit.

Dengan kartu kredit, semua jenis transaksi bisa dengan mudah dilakukan, termasuk pesan tiket pesawat, penginapan selama di Jakarta, dan lain-lain. Atau kamu bisa gunakan BRI World Access, karena bisa memberikan banyak keuntungan, terutama untuk liburan. Yuk, ajukan sekarang, lewat Cekaja.com tentunya!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk