7 Legenda dan Fakta Danau Tolire, dengan Kedalaman yang Misterius!

Berlokasi di bawah kaki Gunung Gamalama, yang merupakan Gunung Api tertinggi di Maluku Utara, penasaran gak sih dengan Fakta Danau Tolire beserta kedalamannya yang misterius? Yuk simak di bawah!

7 Legenda dan Fakta Danau Tolire, dengan Kedalaman yang Misterius!

Selain Benteng Tolukko, Batu Angus, dan Pantai Sulamadaha, objek wisata yang tidak bisa kamu lewatkan ketika berkunjung ke Ternate, Maluku Utara pastinya Danau Tolire.

Danau Tolire selama ini dikenal sebagai tempat wisata yang unik dan menyimpan banyak cerita. Pulau Ternate yang tidak hanya kaya akan rempah-rempah, menyimpan banyak cerita rakyat serta tradisi yang diwariskan secara turun-temurun.

Salah satunya kisah rakyat Ternate yang menjadi legenda hingga kini mengenai asal-usul terjadinya Danau Tolire.

Agar tidak penasaran, yuk simak legenda dan fakta Danau Tolire yang sudah CekAja rangkum di bawah!

7 Legenda dan Fakta Danau Tolire

1. Fakta Unik Melempar Batu

Fakta Danau Tolire yang pertama adalah ketika berdiri di tepi danau dan mencoba melempar sekeping batu ke arah danau, batu yg dilempar tidak akan jatuh ke danau apalagi sampai ke tengah danau.

Walaupun sudah melempar sekuat tenaga dan sejauh mungkin, seakan ada tarikan gaib batu akan berbalik dan jatuh entah dimana. Tidak ada kejelasan bunyi batu yang jatuh ke air.

Belum ada penjelasan ilmiah yang pasti mengenai hal ini. Namun menurut beberapa orang, permukaan air danau yang tak terlihat dan jaraknya yang sangat dalam yang menyebabkan hal ini terjadi.

Terdapat juga orang yang menyebutkan bahwa di lubang danau ini tidak ada gaya gravitasi, jadi batu yang dilempar akan kembali ke semak atau ke sisi dinding tebing. Apalagi menurut satu sumber, tepian tebingnya menceruk kedalam.

Jika kamu mengunjungi Danau Tolire, kamu bisa mencoba melempar batu untuk membuktikannya. 

Namun, harus hati-hati ya! Karena tepi danau ini tidak dibatasi pengaman, selain itu batu untuk dilemparkan bisa dibeli dari warga lokal yang menjualnya.

2. Misteri Kedalaman Danau

Fakta Danau Tolire yang selanjutnya mengenai kedalaman danau yang masih menjadi misteri. Luas permukaan Danau Tolire ini sendiri sekitar 5 hektar, dengan dalamnya tepi tebing hingga permukaan air danau sebesar 50 meter.

Sedangkan untuk kedalaman air danaunya sendiri dipercaya berkilo-kilo meter dan terhubung langsung dengan laut.

Menurut keterangan yang ada di papan petunjuk yang ada di Danau Tolire, sampai kini belum ada yang berhasil mengukur kedalamannya.

(Baca Juga: Uji Adrenalin, Ini Dia 9 Tempat Liburan Extrim di Indonesia!)

3. Dua Danau

Terdiri dari dua buah danau yaitu Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil, menjadi fakta Danau Tolire yang selanjutnya.

Berdasarkan sejarah geologi, terbentuknya Danau Tolire ini terjadi akibat letusan freatik yang pernah terjadi di daerah ini.

Gempa tektonik yang terjadi pada 5 September 1775 ini memicu erupsi besar Gunung Gamalama, yang terjadi pada 7 September 1775.

Erupsi ini menenggelamkan sebuah kampung Bernama Soleha Takumi, dan terbentuklah Danau Tolire yang menjadi lubang raksasa di tubuh Gamalama.

Jarak antara kedua danau ini jika ditarik garis lurus adalah sekitar 200-300 meter. Namun, jika mengikuti jalanan jaraknya menjadi 900 meter yang bisa ditempuh dengan berkendara selama 3 menit saja.

4. Legenda Kutukan Hubungan Terlarang

Konon katanya, dahulu disebuah desa di kaki Gunung Gamalama terjadi hubungan terlarang antara seorang ayah yang merupakan kepada desa dengan putri kandungnya hingga mengandung.

Karena malu mereka hendak melarikan diri, namun sayangnya belum sempat pergi tanah tempat mereka berdiri anjlok. Desa itu pun tenggelam, dan menjadi sebuah danau yang kini dikenal sebagai Danau Tolire Besar. 

Karena hal tersebut, Danau Tolire Besar juga disebut dengan Tolire Gam Jaha yang berarti Lubang Kampung Tenggelam.

Selanjutnya sang putri yang masih sempat melarikan diri hingga ke pantai, tanah tempatnya berdiri juga anjlok dan menjadi danau lainnya yang lebih kecil yang dikenal sebagai Danau Tolire Kecil.

 5.  Tempat Tinggal Beragam Ikan

Air tawar Danau Tolire Besar menjadi tempat tinggal berbagai macam ikan. Namun masyarakat setempat tidak ada yang berani menangkap atau mandi di danau ini.

Mereka meyakini bahwa danau yang airnya berwarna coklat kekuning-kuningan ini dihuni oleh banyak buaya siluman.

6. Legenda Munculnya Buaya Putih

Menurut kabar-kabar burung yang ada di sini, pernah ada wisatawan maupun penduduk lokal yang pernah melihat langsung buaya putih besar penunggu danau saat muncul ke permukaan air.

Namun, tidak pernah ada bukti pasti untuk membenarkannya. Hanya terdapat patung buaya putih yang dibuat dan diletakkan di depan sebuah warung di dekat tempat parkir.

7. Objek WIsata Tolire

Fakta Danau Tolire terakhir, terdapat banyak objek wisata yang bisa kamu nikmati jika mengunjungi danau ini.

Mulai dari keindahan panorama puncak Gunung Gamalama, sejumlah benteng peninggalan Portugis dan makam Sultan Baabullah yang merupakan sultan Ternate yang paling terkenal.

Wisatawan dapat menikmati keindahan pasir putih Pantai SUlamadaha yang terletak hanya sekitar 3 km dari Danau Tolire Besar. Kamu juga bisa menyaksikan keindahan panorama bawah laut sekitar pantai.

(Baca Juga: Sungai Terpanjang di Swiss, Ini Dia Deretan Fakta Sungai Aere!)

Nah, itu dia legenda dan fakta Danau Tolire, sangat menarik untuk dikunjungi bukan? Jadi gimana, kapan kamu pergi mengunjungi keindahan Danau yang terletak di Ternate ini?

Untuk berlibur mudah dan praktis kamu bisa menggunakan Kartu Kredit loh! Dengan menggunakan Kartu Kredit kamu tidak perlu pusing dengan uang kembalian atau kekurangan uang ditengah liburan.

Belum memiliki Kartu Kredit? Kamu bisa mengajukan nya dengan mudah dan cepat melalui CekAja.com

Di sana terdapat banyak pilihan Kartu Kredit yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Beberapa pilihannya yaitu:

Selain itu, masih banyak pilihan kartu kredit lainnya yang bisa kamu pilih melalui CekAja.com. Perbandingan antar kartu kredit juga bisa kamu lakukan di sana!

Pastikan juga kamu bisa memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan kebutuhan dan kemampuan finansialmu ya.

Tidak perlu berlama-lama, yuk segera ajukan Kartu Kredit milikmu dengan CekAja.com sekarang!