Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Fakta Diet Protein yang Harus Kamu Tahu Jika Ingin Punya Perut Langsing

by Rafly Aditia on 9 Oktober, 2016

Bagi kamu yang mau memiliki tubuh proporsional, langsing bahkan sixpack, perlu lebih disiplin lagi dalam menjalani diet. Pasalnya, untuk menerapkan diet yang benar kamu perlu tahu beberapa hal mendasar yang berkaitan dengan asupan makanan.

Berbicara tentang asupan makanan untuk diet, protein merupakan asupan yang berguna untuk pembentukan otot. Bila ingin punya tubuh sempurna, kamu perlu mencukupi kebutuhan asupan protein per hari. Berikut ini fakta-fakta diet protein yang perlu kamu ketahui:

Berapa sih kebutuhan protein kamu?

Berdasarkan penelitian The American College of Sports Medicine, kebutuhan protein manusia adalah 1,2-1,5 gram/pon atau sekitar 2,4-3 gram/kg berat badan. Dengan memenuhi kebutuhan asupan protein tersebut maka kamu bakal memiliki badan yang proporsional. Namun tentunya kamu juga harus berolahraga secara teratur.

(Baca juga: Ini Budidaya Beromzet Ratusan Juta yang Bisa Kamu Kerjakan di Rumah)

Tahu dan tempe sumber protein ramah kantong

Tahu dan tempe merupakan makanan murah kegemaran masyarakat Indonesia. Tapi jangan tahukah kamu jika tahu dan tempe merupakan produk olahan kacang kedelai yang memiliki banyak protein. Setiap 100 gram tempe memiliki kandungan 18,54 gram protein, sementara setiap 100 gram tahu punya kandungan protein sebesar 7,79 gram.

Kamu yang suka telur, 3 butir sehari sudah cukup

Bagi kamu yang suka mengonsumsi telur, 3 butir telur ayam sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Dengan rata-rata kandungan protein telur sebanyak 6,26 gram, maka menyantap 3 butir telur sama saja dengan mengasup 18,78 gram protein ke dalam tubuh.

Satu dada ayam bisa mencukupi kebutuhan protein

Dada Ayam merupakan makanan yang memiliki kandungan protein terbanyak. Per 100 gram dada ayam memiliki kandungan protein rata-rata sebanyak 29,55 gram. Artinya, dengan makan 2 dada ayam setiap hari, orang dengan berat badan sekitar 50 kg bisa mencukupi setengah dari kebutuhan asupan proteinnya.

(Baca juga: Cara Kelola Uang Dana Pensiun atau Warisan Agar Lebih Menguntungkan)

Imbangi dengan asupan karbohidrat

Jangan lupa, kalau ingin membentuk otot tubuh yang sempurna kamu perlu mengimbangi protein dengan karbohidrat. Karena fakta ilmiah membuktikan bahwa dalam pemebentukan otot, karbohidrat berfungsi sebagai pelengkap protein yang membangun otot-otot tubuhmu.

Butuh asuransi kesehatan yang diterima ratusan rumah sakit berkualitas di Indonesia? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.