Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Fakta-fakta Asuransi Kesehatan yang Belum Kamu Ketahui

by Tisyrin N. T on 2 Desember, 2016

sakit ketika Lebaran _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Asuransi kesehatan adalah salah satu jenis asuransi yang paling penting. Betapa rentannya kondisi finansial seseorang atau keluarga jika tidak terlindungi dengan asuransi kesehatan.

Namun, tak sedikit orang yang asal dalam membeli asuransi kesehatan, misalnya karena agen yang menawarkan produk tersebut adalah kawan sendiri. Berikut fakta-fakta yang berkaitan dengan asuransi kesehatan, mungkin kamu belum mengetahuinya.

Nasabah bisa membatalkan polis

Setelah membeli produk asuransi kesehatan, kamu punya waktu sekitar dua minggu untuk mempertimbangkan ulang. Jika tidak setuju dengan isi polis asuransi, kamu dapat membatalkan polis dan uang yang telah disetor bisa kembali. Waktu selama dua minggu itu harus kamu manfaatkan untuk memahami polis asuransi dengan teliti. (Baca juga: 5 Hal yang Membuat Wanita Lebih Butuh Asuransi Kendaraan)

Premi bisa kembali dengan fitur no claim bonus

Terdapat perusahaan asuransi yang memberikan fitur no claim bonus. Dengan fitur tersebut, nasabah akan mendapatkan kembali preminya dalam persentase tertentu jika tidak mengajukan klaim. Produk medical cash plan (gesek kartu) jarang memiliki fitur no claim bonus, sementara produk dengan sistem reimburse seringkali dilengkapi fitur tersebut.

Ada asuransi yang mengharuskan medical check up dahulu

Sejak awal berniat membeli suatu produk asuransi kesehatan, pastikan apakah perusahaan asuransi tempatmu mendaftar mengharuskan untuk melakukan medical check up. Karena jika kamu melakukannya, biasanya beban biaya medical check up harus ditanggung nasabah. Tujuan medical check up adalah agar perusahaan asuransi bisa menakar risiko yang akan ditanggungnya. (Baca juga: Produk Kesehatan dan Kecantikan Kelas Dunia yang Ramah Lingkungan)

Jika punya penyakit tertentu, bisa mengalami penolakan atau harus bayar premi lebih besar

Setelah medical chek up, perusahaan asuransi mendapat gambaran tentang kondisi kesehatanmu. Ada kemungkinan perusahaan asuransi menolak nasabah dengan penyakit tertentu. Atau kemungkinan lainnya perusahaan asuransi akan membebankan premi lebih besar.

Butuh asuransi kesehatan yang diterima ratusan rumah sakit berkualitas di Indonesia? Daftar sekarang juga.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami