Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Fakta-fakta Rekrutmen CPNS 2019, Kepoin Yuk!

by Tisyrin N. T on 29 Oktober, 2019

Sebentar lagi pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan dibuka. Buat kamu yang ingin mengabdikan diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), segeralah bersiap-siap!

PHK

Mulai dari sekarang, jangan lupa siapkan terlebih dahulu dokumen yang diperlukan. Dokumen yang dimaksud yaitu scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli, foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi. Nantinya, semua dokumen tersebut harus diunggah ke portal SSCASN.

Selain menyiapkan dokumen, kamu juga bisa mulai rajin berlatih contoh soal-soal tes CPNS. Kamu bisa mendapatkan contoh soal-soal dari internet, buku, dan aplikasi. Dengan rajin berlatih, kamu akan familiar dengan bentuk-bentuk soal yang ada dan menyiapkan diri untuk mempelajari hal-hal yang kurang kamu kuasai.

Sebelum bertempur di ‘medan perang’ tes CPNS 2019, ini fakta-fakta yang perlu kamu ketahui:

  • Pendaftaran 11 November 2019

Pendaftaran CPNS 2019 rencananya akan dibuka mulai tanggal 11 November 2019. Pendaftaran akan dilakukan secara online melalui melalui website SSCASN BKN (sscasn.bkn.go.id). Sedangkan untuk tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) rencananya akan berlangsung pada bulan Februari 2020 dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada bulan Maret 2020.

Rekrutmen CPNS 2019 diikuti oleh  68 kementerian/lembaga dan 462 pemerintah provinsi/kabupaten/kota. Pelamar hanya dapat mendaftar di 1 instansi dan 1 formasi jabatan di kementerian/lembaga/pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota.

(Baca juga: Rekrutmen CPNS: Sistem CAT dan Kiat Mengerjakan Soal-Soal Tes)
  • Total 152.286 formasi

Total formasi untuk rekrutmen CPNS 2019 adalah sebanyak 152.286 formasi, baik untuk CPNS di pemerintahan pusat maupun daerah. Berdasarkan Pengumuman No: B/1069 /M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah yang ditandatangani oleh Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo, pemerintah pusat mengalokasikan formasi CPNS baru sebanyak 37.425, sedangkan daerah sebanyak 114.861.

  • Kemenag pasang alokasi formasi terbanyak

Kementerian atau lembaga yang mengalokasikan formasi bagi CPNS baru dengan jumlah terbanyak adalah Kementerian Agama yaitu mencapai 5.815 formasi. Selanjutnya diikuti oleh Kejaksaan Agung sebanyak 5.203 formasi serta Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 4.598.

Kementerian atau lembaga yang alokasi formasinya paling sedikit yaitu Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Riset dan Teknologi. Keduanya masing-masing hanya mengalokasikan 11 formasi. Ada pula Sekretariat Komisi Nasional HAM yang hanya mengalokasikan 15 formasi dan Badan Koordinasi Penanaman Modal yang hanya mengalokasikan 19 formasi.

Untuk pemerintah daerah, yang terbanyak adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebanyak 3.958 formasi. Kemudian disusul Provinsi Jawa Barat yang membuka 1.934 formasi, Provinsi Jawa Timur dengan 1.817 formasi dan Provinsi Jawa Tengah 1.409 formasi. Sedangkan pemda yang paling sedikit membuka formasi adalah Kabupaten Bombana yaitu hanya 18 formasi.

  • Tidak ada lowongan tenaga administrasi

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana melalui siaran pers di situs resmi BKN mengungkapkan pada tahun ini pemerintah tidak membuka formasi tenaga administrasi. Jumlah tenaga administrasi saat ini sudah terbilang banyak. Pemerintah fokus membuka formasi untuk jabatan yang dapat berkontribusi memberikan perubahan.

(Baca juga: Ini Cara Mudah Buat SKCK, Syarat Untuk Tes CPNS!)
  • Ada dua jenis formasi

Terdapat dua jenis formasi yang dibuka pada rekrutmen CPNS tahun 2019 ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah, serta formasi khusus putra putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada Instansi Pusat.

Sementara formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya. Tiga besar formasi pada penerimaan CPNS 2019 yaitu guru (63.324 formasi), tenaga kesehatan (31.756 formasi), dan teknis fungsional (23.660 formasi).

  • Ada waktu sanggah

Bagi pelamar yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) seleksi administrasi diberikan waktu sanggah maksimal selama 3 hari setelah pengumuman berlangsung. Sementara instansi diberi waktu maksimal 7 hari untuk menjawab sanggahan tersebut.

Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya ketidakpuasan dalam putusan hasil seleksi administrasi. Oleh karena itu, pelamar dihimbau untuk menyiapkan dokumen-dokumen dengan baik. Pelamar juga sebaiknya hanya mengunggah dokumen yang sesuai dengan persyaratan.

Itulah beberapa fakta yang perlu kamu ketahui tentang rekrutmen CPNS 2019. Siapkan dirimu baik-baik ya!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.