Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Fakta-fakta Ronaldo, Sang Fenomena yang Memborong Saham Real Valladolid

by Miftahul Khoer on 12 September, 2018

Kabar baru datang dari legenda hidup sepak bola Brazil, Ronaldo Luis Nazario de Lima. Pria berjuluk “Sang Fenomena” ini baru saja memborong saham klub sepak bola Spanyol, Real Valladolid. Simak kiprah pemain ternama yang sempat menjalani pasang surut kehidupan dan karir ini.

(www.instagram.com/ronaldo)

Dari sekian banyak pemain terbaik sepak bola dunia, Ronaldo merupakan pemain terbaik tiga kali secara berturut-turut pada 1996, 1997 dan runner up pemain terbaik pada 1998.

Terlalu banyak hal yang bisa dikupas dari legenda sepak bola satu ini. Namun, kali ini CekAja akan membahas sepak terjang Ronaldo, si pemain lincah dengan ciri khas kepala pelontos ini di industri sepak bola. Yuk langsung simak apa saja gebrakan Ronaldo selama merumput hingga pensiun di dunia sepak bola.

(Baca juga: Ini Daftar Orang Paling Dikagumi 2018, Yuk Cek!)

Awal Karir

Berasal dari keluarga miskin, seorang bocah lahir pada 18 September 1976. Ia adalah Ronaldo Luis Nazario de Lima. Tumbuh di lingkungan sepak bola jalanan, Ronaldo kecil memang perlahan menyukai sepak bola. 16 tahun kemudian ketika memasuik usia remaja, bakat dari permainannya menggocek bola tercium sebuah klub, hingga akhirnya ia bergabung dengan klub asal Brasil, Cruzeiro pada 1993.

Ketangkasannya merumput membuat Ronaldo banyak dilirik klub lain. Tak berselang lama, ia ditarik memperkuat PSV Eindhoven pada musim 1994-1996. Setelah itu ia bergabung dengan Barcelona pada 1996-1997.

Puncak karir Ronaldo di dunia sepak bola terjadi pada tahun 1997-2002 ketika ia membela Inter Milan, salah satu klub papan atas Italia. Setelah itu, ia kembali ke La Liga bergabung dengan Real Madrid pada 2002-2007.

Puas merumput di Spanyol, Ronaldo kembali ke Italia dengan memperkuat AC Milan pada 2007-2008. Saat itulah masa-masa keemasan Ronaldo mulai pudar. Tak jarang ia mengalami beberapa kali cedera. Hingga akhirnya ia pun bergabung dengan klub asal Brasil, Corinthians pada 2009-2011, mesko performanya tak maksimal lagi.

Selama berkarir di klub-klub tersebut, Ronaldo total menciptakan 247 gol. Adapun saat membela Tim Nasional Brasil pada 1994-2011, Ronaldo berhasil melesatkan 62 gol.

(Baca juga: Transfer Ronaldo Rp1,8 Triliun dan Hal-hal yang Perlu Anda Tahu)

Gantung sepatu

Pemain dengan julukan Sang Fenomena ini pensiun di dunia sepak bola pada 2011. Ia sadar betul kondisi fisiknya yang menggemuk sudah tidak memungkinkan lagi untuk berlaga di rumput hijau. Selain itu, usianya yang menginjak 35 tahun dinilai sudah tidak produktif lagi bermain sepak bola.

Faktor lain yang mengharuskan ia pensiun adalah kondisi tubuh yang menurun akibat sering cedera saat bermain di klub dan tim yang ia bela. Ronaldo sempat menyembunyikan cederanya ketika membela AC Milan dan Tim Nasional Brasil.

Untuk menutupi permasalahan cederanya, Ronaldo diduga membuat cara lain agar media-media mengalihkan perhatiannya dengan mencukur rambut jambul. Alhasil, pada Piala Dunia 2006, rambut jambul Ronaldo menjadi tren dan banyak dibincangkan orang.

(Baca juga: Berbagai Mobil Mewah Para Bintang Sepak Bola, Cek di Sini!)

Mendirikan bisnis

Selepas gantung sepatu, Ronaldo segera menyibukkan diri di dunia yang masih berkaitan dengan olahraga. Ia mempunyai perusahaan pemasaran olahraga di bawah naungan 9INE. Di perusahaan agen olahraga dan entertainmen ini Ronaldo memiliki sekitar 45% saham.

Selain itu, pada 2005 Ronaldo juga menjadi salah satu pengelola A1 GP bersama rekannya Emerson Fittipaldi seorang legenda F1 yang sempat memboyong juara dua kali. Ronaldo terjun di industri ini karena melihat potensi penggemar A1 di Brasil cukup besar dengan tingkat populasi penduduk negara tersebut sekitar 180 juta.

Selain itu, pada Desember 2014 juga Ronaldo menjadi salah satu pemilik klub sepak bola asal Amerika Utara, Fort Lauderdale Strikers. Di klub tersebut Ronaldo merupakan pemilik saham minoritas.

(Baca juga: Ini Pesepak Bola yang Miliki Rumah Mewah dengan Harga Wah)

Menjadi pemilik klub Real Valladolid

Gebrakan terbaru dari si pelontos Ronaldo kembali datang dari industri sepak bola. Pada September ini ia resmi membeli saham mayoritas klub asal Spanyol, Real Valladolid senilai US$34,6 juta atau sekitar Rp518,3 miliar.

Dari nilai tersebut, Ronaldo tercatat sebagai pemilik 51% saham klub dari Presiden Carloz Suarez itu. Valladolid sendiri tahun ini kembali bermain di divisi utama Spanyol untuk pertama kalinya sejak 2014.

Meskipun menjadi pemilik saham mayoritas, Ronaldo dikabarkan tetap akan menjadikan Suarez sebagai presiden klub.

(Baca juga: Mengintip Bisnis Sampingan Pesepak Bola Kenamaan)

Kekayaan Ronaldo

Kekayaan Ronaldo menurut Celebrity Net Worth mencapai US$150 juta atau sekitar Rp2,2 triliun. Jumlah kekayaan tersebut mungkin berasal dari berbagai kegiatan dan beragam bisnisnya selama ini.

Ronaldo sempat bermitra dengan Nike selama 20 tahun dengan pendapatan endorsmen mencapai US$180 juta. Selain itu, Ronaldo juga saat ini masih berkutat di dunia sepak bola dengan mendirikan program Akademi Ronaldo di 16 lokasi di Hongkong.

Sebelumnya, sejak 2015, ia juga pernah bermitra dengan Carlos Wizard Martins, miliarder asal Brasil untuk membangun sekolah sepak bola atas nama Ronaldo di seluruh dunia.

Pernah jadi pemain terbaik dunia, jadi legenda dan jadi pengusaha yang tak jauh dari dunia sepak bola. Memang, si kulit bundar pembawa hoki. Anda berminat jadi pemain sepak bola?

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami