Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Fakta-fakta Stephen Hillenburg, Sang Pencipta Spongebob Squarepants

by Miftahul Khoer on 28 November, 2018

Stephen Hillenburg, pencipta serial kartun Spongebob Squarepants meninggal dunia pada Senin, 26 November 2018 waktu Amerika Serikat. Ia meninggal karena penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) di usianya yang ke 57 tahun.

Spongebob Squarepants - CekAja

Penyakit yang menyerang Hillenburg ini telah dideritanya sejak Maret 2017. Adapun, kabar kepergian Hillenburg disampaikan dalam akun twitter Nickeledeon pada Rabu, 28 November 2018. Simak fakta-fakta menarik dari Hillenburg.

Awal berkarir di dunia animasi

Steve, panggilan akrab Stephen Hillenburg adalah pria kelahiran Fort Still, Oklahoma, Amerika Serikat pada Agustus 1961. Kali pertama Steve berkarir di dunia animasi ialah ketika ia belajar di California Institute of Arts, Valencia.

Pada 1987, ia menyabet gelar Experimental Animation di kampus tersebut. Sementara pada 1992 ia menyandang gelar Master of Fine Arts.

Selepas memboyong dua gelar tersebut, Steve bekerja sebagai sutradara sekaligus penulis di Nickeledeon pada 1993. Karirnya semakin bersinar ketika ia mengerjakan Spongebob Squarepants.

Edisi perdana Spongebob Squarepants sendiri baru dirilis pada 1999 yang hingga saat ini telah menayangkan sekitar 250 episode.

Sebelumnya, Steve pernah kuliah di Homboldt State University angkatan 1984 dan memperoleh gelar interpretasi dan perencanaan sumber daya laut. Ia juga pernah menjadi guru biologi di Ocean Institute, namun tidak dilanjutkan karena merasa bukan bidangnya.

Banner KTA CekAja

Garap proyek Spongebob Squarepants Movie

Sukses menggarap serial Spongebob Squarepants, Steve juga kepincut membuat animasi tersebut versi layar lebar. Pada 2004, ia bersama timnya berhasil merilis Spongebob Squarepants Movie dan sekuelnya pada 2015 yang berjudul The Spongebob Movie: Sponge Out of Water.

Film Spongebob Squarepants Movie berhasil meraup 9,5 juta dollar AS pada hari pertama pembukaan di Amerika Serikat dan berhasil menjadi film di urutan kedua setelah Disney National Treasure yang meraup 11 juta dollar AS.

Film perdananya juga memperoleh pujian dari kalangan kritikus yang memberikannya penilaian 3 bintang dari 4 bintang. Dan secara keseluruhan film perdananya tersebut berhasil meraup 140 juta dolar AS di seluruh dunia. Sementara film keduanya tembus hingga 325 juta dolar AS di seluruh dunia.

Dalam film Spongebob Squarepants Movie, Steve juga terlibat sebagai pengisi suara Potty, seekor burung sahabat Patchy si bajak laut. Ia juga mengisi suara Potty pada film keduanya yang tayang pada 2015.

(Baca juga: 5 Film Animasi Termahal di Dunia)
Awal nama Spongebob

Kali pertama Spongebob diluncurkan awalnya bernama Spongeboy Ahoy! Namun, ternyata nama tersebut sudah digunakan oleh salah satu perusahaan sapu pel.

Dengan begitu, Steve mengubah namanya menjadi Spongebob Squarepants. Karakter Spongebob juga dikenal sebagai juru masak atau koki ternama di Krusty Krabs.

Ternyata, karakter itu diciptakan Steve dari pengalaman pribadinya yang pernah menjadi juru masak di sebuah restoran cepat saji.

(Baca juga: Jurusan Meme Hingga Fakultas Kopi, Ini Berbagai Kampus Usulan Jokowi)
Memboyong banyak penghargaan

Menjadi animator handal yang hasil karyanya ditonton puluhan juta orang setiap bulannya menjadikan Steve meraih banyak penghargaan di mana-mana. Serial dan film karya Steve banyak digemari dari berbagai kalangan mulai anak-anak hingga dewasa.

Penghargaan yang diraihnya antara lain dua Emmy Awards dan beberapa Annie Awards untuk Spongebob Squarepants. Ada juga penghargaan lain seperti Walk the Talk dari Heal the Bay dan Statue Award.

Penghargaan-penghargaan itu diberikan karena tontonan serial dan film kartun Spongebob memberikan banyak nilai-nilai kesadaran masyarakat terhadap dunia laut.

(Baca juga: Daftar Lagu Natal Terbaru Ini Bisa Hangatkan Suasana)
Kekayaan Stephen Hillenburg

Total kekayaan Steve diperkirakan mencapai 120 juta dolar AS atau sekitar Rp1,7 triliun. Kekayaan tersebut diperolehnya dari berbagai profesi yang dia jalani mulai dari animator, penulis, produser, pengisi suara, dan ahli biologi kelautan.

Kini, dunia berduka, para penggemar Spongebob pun bersedih atas meninggalnya Steve. Tak terkecuali pihak Nickeledeon. “Kami sedih membagikan berita meninggalnya Stephen Hillenburg, pencipta SpongeBob SquarePants. Hari ini kami mengheningkan cipta untuk menghormati hidup dan karyanya,” begitu cuit Nickeledeon. Selamat jalan Steve.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami