Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Fakta-fakta tentang Squishy, Mainan yang Dipopulerkan Ria Ricis

by Teti Purwanti on 28 Juni, 2019

Sejak beberapa tahun terakhir, baik anak-anak maupun orang dewasa di Indonesia tengah gandrung dengan squishy yang menggemaskan dan konon memiliki beragam manfaat. Youtuber Ria Ricis turut memopulerkan squishy. 

squishy Ria Ricis

Meski sudah tidak viral seperti beberapa waktu lalu, mainan ini masih banyak digandrungi baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Akan tetapi, apakah kamu yang suka mainan ini, atau sekadar membelikan untuk anak dan keponakan sudah tau sejarah dan fakta-fakta mengenai mainan tersebut?

Berikut lima fakta tentang squishy yang perlu kamu ketahui sebelum membelikan squishy untuk dirimu atau anak serta keponakan.

Berasal dari Jepang

Squishy, mainan yang lembut dan kenyal itu konon pertama kali ditemukan di Jepang. Sebelum sampai ke Indonesia, squishy sudah banyak beredar di Cina, Singapura, Jepang, dan Amerika Serikat serta melahirkan kolektor-kolektor squishy yang punya squishy dengan harga yang tidak masuk akal karena menguras kantong.

Bahan dasar squishy berasal dari poliuretana, yang merupakan campuran plastik agar menjadi busa/ foam. Poliuretana sendiri ditemukan oleh seorang asal Jerman pada tahun 1937. Poliuretana pertama kali digunakan untuk lapisan pesawat perang pada Perang Dunia II dan saat ini digunakan untuk mobil.

Sedangkan dari segi nama, squishy berasal dari bahasa Inggris yang berarti licin. Squishy saat ini memiliki beragam bentuk, karena selain jadi mainan, squishy juga digunakan untuk gantungan ponsel, tempat pena, penjepit kertas, tempelan kulkas, dan masih banyak lagi. Meskipun fungsi utamanya masih dipercaya sebagai penghilang stres.

Konon banyak orang dewasa menyukai squishy untuk meredakan stres atau kemarahan, dengan meremasnya kala diperlukan.

(Baca juga: Manfaat Memberikan Mainan Bebas Gender untuk Si Kecil)
Tidak Menyebabkan Penyakit Tertentu

Di Amerika Serikat, squishy tidak dianjurkan bagi anak di bawah enam tahun dan diawasi secara ketat. Sebagian besar squishy dibuat dari poliuretan yang merupakan bahan sintetis. Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA: Environmental Protection Agency) telah menetapkan bahwa paparan jangka panjang terhadap busa poliuretan dapat menyebabkan berbagai penyakit dan kondisi mulai dari kanker hingga asma. Namun, jumlah bahan beracun yang dilepaskan dari bentuk busa padat yang ditemukan di squishy sangat kecil.

Meski begitu, tetap saja, benda ini tidak boleh dimasukkan ke dalam mulut atau tertelan. Sayangnya, kasus tertelan ini cukup banyak, apalagi kalau bentuk squishynya adalah makanan dengan bau khas makanan asli. Jangankan anak-anak, orang dewasa saja bisa gemas dibuatnya.

Memiliki Beragam Manfaat Bagi si Kecil

Bagi orang dewasa, squishy dipercaya bisa menjadi penghilang stres karena bisa diremas, dibanting, dan dipukul tanpa bisa dibalas. Sedangkan di beberapa negara, squishy juga bisa jadi mouse pad. Bagi anak-anak, squishy dipercaya bisa dijadikan alat terapi bagi anak-anak dalam perkembangan motoriknya.

Squishy tidak sekedar mainan dengan bentuk lucu menggemaskan ditambah wanginya, tetapi juga media agar terapi tumbuh kembang si kecil. Beberapa manfaat squishy bagi anak-anak antara lain melatih kreativitas, memperluas wawasan karena bentuknya yang beragam, dan juga bisa menyalurkan energi negatif serta menimbulkan rasa senang.

(Baca juga: Ini Dia 5 Youtuber Paling Inspiratif!)
Jadi Kontroversi di Indonesia

Meski menjadi negara yang justru telat tahu tentang squishy, ternyata squishy sempat jadi kontroversi. Youtuber Ria Ricis pun disebut sebagai Ratu Squishy, karena kecintaannya terhadap barang unik tersebut. Ria juga yang menjadikan squishy kontroversial karena membuang squishy ke toilet dan “perang” di media sosial akibat tingkahnya tersebut.

Karena video-video yang diunggah Ria, squishy beberapa kali menjadi perbincangan utama di media sosial. Konon, squishy termahal di dunia juga ada di Indonesia. Hal itu disebabkan warga Indonesia paling banyak membeli squishy. Ditambah lagi para artis yang memanjakan anak-anaknya bisa membeli squishy dengan harga Rp5 juta untuk satu squishy.

Kamu juga penggemar squishy? Kantongi kartu kredit terbaik untuk memudahkan transaksi belanjamu ya! Berburu squishy pun akan semakin menyenangkan!

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.