10 Fakta Formula E Jakarta, Ajang Balapan yang Diselenggarakan Pertengahan 2022

Ajang Formula E Jakarta yang digadang-gadang sedari dua tahun lalu akhirnya mencapai titik realisasi. Apa itu sebenarnya Formula E dan apa saja fakta Formula E yang perlu kamu tahu?

10 Fakta Formula E Jakarta, Ajang Balapan yang Diselenggarakan Pertengahan 2022

Seperti yang kamu ketahui, Jakarta menjadi satu dari banyak kota yang tercatat dalam jadwal penyelenggaraan balapan FIA Formula E Championship.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang balapan Formula E yang sebentar lagi diselenggarakan di Jakarta, simak beberapa fakta Formula E mulai dari harga tiket, format balapan, hingga perbedaannya dengan Formula 1.

10 Fakta Formula E yang Perlu Kamu Ketahui

Berbeda dengan Formula 2 yang merupakan kelas balapan di bawah Formula 1, Formula E merupakan seri balapan tersendiri yang berbeda dari Formula 1. Apa saja fakta lainnya terkait Formula E? Simak daftar fakta Formula E berikut ini!

1. Usia yang Lebih Mudah Dibanding Formula 1

Berbeda dengan Formula 1 yang sudah memasuki usia yang ke-71, Formula E merupakan ajang balapan yang jauh lebih muda.

Ajang Formula E sendiri pertama kali diselenggarakan tahun 2014 dengan inagurasi balapan dilaksanakan di Beijing pada September 2014.

Meski begitu, ajang balapan ini sudah direncanakan sejak tahun 2011 di Paris oleh presiden FIA Jean Todt dan Alejandro Agag yang saat ini menduduki kursi kepemimpinan Formula E Holdings.

2. Sumber Tenaga yang Berbeda dengan Formula 1

Fakta Formula E lainnya adalah sumber tenaga yang digunakan. Jika Formula 1 menggunakan tenaga bensin, Formula E memiliki sumber tenaga elektronik atau listrik.

Jet darat Formula 1 disematkan dengan mesin V6 DOHC berkapasitas 1.600 CC yang dilengkapi dengan sistem turbocharge. Sedangkan sumber tenaga Formula E berasal dari baterai Lithium-Ion berdaya 28 kWh.

3. Ukuran Body dan Ban yang Lebih Besar

Body jet darat Formula E memiliki bobot yang lebih besar dibanding Formula 1. Bobot body mobil Formula E bisa mencapai 900 kg. Sedangkan Formula 1 biasanya hanya mencapai 746 kg.

Selain body, velg ban pada jet darat Formula E memiliki ukuran 18 inci yang diselimuti dengan ban yang dapat beradaptasi dengan berbagai cuaca. Sedangkan Formula 1 memiliki ukuran ban yang lebih kecil yaitu 13 inch.

4. Pembalap Gunakan Mobil yang Sama

Berbeda dengan F1, Formula E menggunakan jet darat yang sama bagi setiap pembalap atau tim balap. Mulai dari mesin, ban, hingga chassis.

Meski seragam, setiap tim berhak memodifikasi mobil mereka mulai dari motor listrik, gearbox, hingga sistem pendingin. 

Dengan ketentuan tersebut, balapan Formula E bisa berlangsung dengan sangat kompetitif.

(Baca Juga: 5 Keunikan Race MotoGP Mandalika 2022, Dari Pawang Hujan Hingga Cuaca Panas)

5. Format Balapan

Formula E memiliki seri balap yang lebih sedikit dibanding F1 tiap musimnya. Formula E setidaknya memiliki 10 seri per musim. Berbeda dengan F1 yang memiliki hingga 19 seri per musimnya.

Dari sesi balapan, F1 memiliki format yang sama seperti MotoGP dimana kualifikasi dan balapan utama diselenggarakan di hari yang berbeda. Sedangkan Formula E biasanya diselenggarakan dalam satu hari penuh baik.

6. Fakta Formula E di Pit Stop

Pada F1, apabila pembalap masuk pit stop, mereka tidak perlu turun dari mobil dan hanya mengganti ban dan komponen replaceable lainnya. Namun Formula E memiliki pemandangan yang berbeda.

Ketika pembalap Formula E memasuki pit stop, mereka akan bergegas keluar mobil dan berganti mobil yang baru.

Namun pemandangan tersebut tidak bertahan lama. Sejak musim ke lima, pembalap tidak perlu lagi keluar dari mobil. Mereka cukup mengisi daya baterai dengan teknologi pengisian daya tercepat.

Apakah pembalap Formula E diperbolehkan mengganti ban? jawabannya tidak. Pihak penyelenggara melarang pembalap untuk mengganti ban mobilnya dan hanya bisa dilakukan apabila ban benar-benar rusak.

7. Jumlah Lap

Jarak rata-rata Formula E jauh lebih pendek dibanding Formula 1. Apabila F1 memiliki jarak rata-rata kurang lebih 300 Km, jarak lintasan Formula E hanya sekitar 90 hingga 150 Km.

8. Sistem Poin dan Keikutsertaan Penonton Tentukan Jalannya Balapan

Kejuaraan Formula E terdiri dari kejuaraan pembalap dan tim. Total akhir musim seorang pembalap terdiri dari hasil terbaik pembalap yang bersangkutan.

Sedangkan total tim terdiri dari akumulasi skor akhir musim dan skor yang didapat dari sistem poin.

Apabila pembalap meraih pole position, maka pembalap tersebut mendapatkan 3 poin. Sedangkan apabila pembalap meraih lap tercepat mendapatkan 1 poin.

Selain poin, balapan Formula E menghadirkan sistem fanboosting. Dimana penonton dilibatkan dalam menentukan jalannya pertandingan dengan memvoting pembalap mana yang berhak mendapatkan booster.

9. Fakta Formula E Lainnya: Ada Attack Mode!

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, balapan Formula E memiliki sistem booster berupa tambahan tenaga agar mobil melaju lebih cepat yang dikenal sebagai attack mode.

Attack mode ini tidak bisa digunakan secara terus menerus selama balapan. Sebelum balapan, penyelenggara akan mengumumkan jumlah, durasi, dan jumlah minimal penggunaan attack mode. Wah sudah seperti di game, ya!

10 Fakta Formula E Lainnya: Harga Tiket Hingga Tempat Pelaksanaan

Fakta Formula E lainnya yang tidak kalah penting adalah harga tiket. Hingga artikel ini ditulis, harga tiket Formula E dimulai dari harga Rp350.000 hingga jutaan rupiah.

Penyelenggaraannya pun akan berlangsung pada tanggal 4 Juni 2022 berada di Jakarta International e-Prix Circuit yang berada di kawasan wisata Ancol.

(Baca Juga: 7 Promo Kartu Kredit Citibank Spesial Ramadhan, Bulan Puasa Tetap Hemat!)

Nah itu dia beberapa fakta Formula E yang perlu kamu ketahui. Pastikan ketika hendak ingin membeli tiketnya, Kamu memiliki beberapa opsi pembayaran salah satunya kartu kredit.

Saat ini banyak produk kartu kredit yang menawarkan berbagai promo mulai dari cashback hingga diskon pembelian item tertentu yang tentu memberikan pengalaman pembelian tiket yang lebih baik.

Kamu bisa melihat berbagai produk kartu kredit melalui CekAja.com yang merupakan marketplace terdepan dalam membandingkan produk-produk keuangan.

Kamu juga bisa mengajukan kartu kredit terbaik dengan cepat, mudah, dan aman di CekAja.com.

Cari tahu dan ajukan kartu kredit yang sesuai denganmu di CekAja.com sekarang juga!