Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Ini Fakta-fakta Menarik Sejarah Piala Dunia

by Achmad Fauzi on 6 Juli, 2018

Tahukah Anda, ajang kompetisi sepak bola antar negara-negara di dunia yakni Piala Dunia telah di mulai sejak 1930. Piala Dunia di prakarsai oleh induk organisasi sepak bola dunia yaitu FIFA. Hingga saat ini, Piala Dunia telah digelar sebanyak 21 kali. Terakhir, Piala Dunia diselenggarakan di Rusia yang mana masih berlangsung hingga saat ini.

piala dunia 2018 Rusia

Banyak kejadian-kejadian menarik sepanjang kompetisi empat tahunan ini. Salah satunya,  ajang kompetisi sepak bola ini sempat terhenti pada tahun 1942 dan 1946 karena saat ada Perang Dunia II. Selain itu, masih banyak lagi fakta dari sejarah Piala Dunia. Nah berikut rangkuman fakta-fakta dari sejarah piala dunia.

Trofi

Ternyata sebelum trofi FIFA world cup, ajang sepak bola tersebut menggunakan trofi Jules Rimet. Piala ini diberi nama sesuai dengan Presiden FIFA Jules Rimet. Trofi ini hanya digunakan pada Piala Dunia 1930 hingga 1970.

Sama dengan trofi FIFA world cup saat ini, trofi Jules Rimet juga berbahan dasar emas. Namun begitu, trofi Jules Rimet pernah dicuri selama 2 kali, pertama dicuri sebelum Piala Dunia 1966 di Britania Raya dan kembali dicuri pada tahun 1983 di Rio de Janeiro.

[widg-clo]

Sejarah sekitar pemain

Banyak sejarah yang terlahir dari pemain-pemain yang bertanding dalam kompetisi Piala Dunia. Selain itu, banyak juga pemain-pemain yang menjadi terkenal dan diperbincangkan oleh semua orang sepanjang pergelaran Piala Dunia seperti, Diego Armandao Maradona, Hingga Pele. Nah berikut rangkuman sejarah sekitar pemain.

Pemain tertua dan termuda

Tak banyak pemain sepak bola yang sudah berumur, tapi masih mengikuti ajang kompetisi empat tahunan ini. Meski begitu, ternyata ada pemain yang masih bermain, padahal umurnya sudah dibilang tidak muda lagi. Pada Piala dunia 2018 di Rusia rekor pemain tertua dipegang oleh kiper Mesir Essam El Hadary. El Hadary mencatat sejarah di usia 45 tahun 161 hari.

Sementara, rekor pemain termuda di Piala Dunia dipegang oleh Norman Whiteside. Norman yang memperkuat skuad Irlandia Utara berusia 17 tahun dan 41 hari saat mengikuti Piala Dunia 1982.

(Baca juga: Cek 5 Fakta Menarik tentang Piala Dunia Rusia 2018)

Pencetak gol terbanyak

Nah dalam urusan mencetak gol terbanyak dalam Piala Dunia diemban oleh striker asal Jerman yakni, Miroslav Klose. Klose berhasil mencatat rekor cetak gol terbanyak pada Piala Dunia 2014 di Brasil dengan mencetak 16 gol. Selain itu, pada Piala Dunia tersebut, Klose juga berhasil membawa Jerman marih Piala Dunia keempat kalinya. ‎

Pemain tampil terbanyak

Jerman kembali mencatatkan pemainnya dalam rekor Piala Dunia. Kali ini. Mantan kapten timnas Jerman Lothar menjadi pemain yang tampil terbanyak dalam ajang Piala Dunia. Tercatat Matthaus tampil sebanyak 25 kali di Piala Dunia edisi tahun 1982, 1986, 1990, 1994 dan 1998. Dan pada tahun 1990, Matthaus berhasil membawa jerman meraih trofi FIFA World Cup. ‎(Baca juga: Yuk! Intip Harga Tiket Pertandingan Piala Dunia Rusia 2018)

Kontroversi-kontroversi di Piala Dunia

Tidak hanya rekor-rekor yang tercatat dalam Piala Dunia, kontroversi-kontroversi juga tercata dalam ajang kompetisi empat tahunan ini. Salah satunya, yakni kontroversi keputusan wasit saat Inggris melawan Jerman pada Piala Dunia 2006.

Dalam pertandingan itu, wasit tidak mengesahkan gol Frank Lampard, padahal dalam tayangan ulang tendangan yang memantul dari mistar telah melewati gawang.

Selain itu, ada lagi kontroversi gol tahan tuhan yang dicetak Maradona. Saat Argentina melawan Inggris pada Piala Dunia 1986 di Meksiko. Pada saat itu, mencetak gol dengan tangannya saat ingin menyambut umpan dari teman setimnya. ‎(Baca juga: Hati-hati! Jangan Gelar Nobar Piala Dunia Sembarangan Tanpa Izin)

Indonesia ikut serta Piala Dunia

Ternyata Indonesia pernah lho mengikuti kompetisi sepak bola Piala Dunia. Bahkan, Indonesia diyakini menjadi negara Asia pertama yang berhasil mengikuti Piala Dunia. Hal itu terjadi, pada Piala Dunia di Perancis tahun 1938. Kala itu, Indonesia masih dijajah oleh Belanda, sehingga pada kompetisi itu Indonesia masih bernama Hindia Belanda.

Selain itu, selama ini Indonesia juga selalu ikut andil dalam kompetisi empat tahunan ini. Karena perlu Anda ketahui, bahwa bola yang digunakan di ajang Piala Dunia tahun ini dibuat oleh pabrik asal Majalengka, Jawa Barat. Maka dari itu, Anda harus berbangga menjadi warga negara Indonesia.

Itulah beberapa fakta-fakta sejarah sepanjang digelarnya Piala Dunia. Piala Dunia Rusia 2018 telah memasuki perempat final. Tentunya, pertandingan antar negara tersebut semakin serut. Maka dari itu, Anda harus selalu menonton jalannya pertandingan. Jangan sampai Anda ketinggalan sejarah-sejarah baru yang lahir di Piala Dunia Rusia 2018. ‎

[widg-cc]

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.