Fakta Menarik Subway Indonesia beserta Menu, Harga dan Jam Operasionalnya

Kembalinya Subway ke Indonesia pada 15 Oktober 2021, sepertinya tak hanya patut diberikan ucapan selamat datang, namun juga perlu diketahui sejumlah fakta menarik Subway Indonesia. Loh, memangnya kenapa? Yuk, langsung saja simak ulasan berikut ini!

Fakta Menarik Subway Indonesia beserta Menu, Harga dan Jam Operasionalnya

Fakta Menarik Subway Indonesia

Jadi, kalau membahas soal fakta menarik Subway Indonesia, sebenarnya ada banyak sekali informasi yang wajib kamu ketahui.

Salah satunya mungkin sudah sempat disinggung di awal pembahasan, yaitu Subway secara resmi kembali berjualan di Indonesia pada 15 Oktober 2021, yang sebelumnya pertama kali hadir pada tahun 1990 – 2000.

Nah di pertengahan Oktober kemarin, tepatnya hari Kamis, Subway kembali berjualan dan membuka cabang pertamanya di Indonesia, yang berlokasi di Cilandak Town Square Jakarta atau Citos.

Di hari pertama pembukaannya, Subway sudah diserbu oleh warga Jakarta, yang berbondong-bondong ingin mencicipi sandwich Subway Indonesia.

Tingginya antusias mereka pun, salah satunya dilatarbelakangi oleh impian untuk mencicip sandwich yang sering muncul di drama Korea.

Apalagi untuk bisa mencicipi sandwich ini, mereka biasanya harus menggunakan jasa titip (jastip) Singapura, karena negara yang paling dekat dengan Indonesia.

Tetapi kini, masyarakat sudah bisa mendapatkan dan menikmati langsung Subway Indonesia, meskipun harus antre berjam-jam.

(Baca Juga: 10 Daftar Sandwich Maker Terbaik)

Yang menarik dari Subway Indonesia, yaitu mereka juga menghadirkan 10 menu sandwich andalannya, yang menjadi menu autentik Subway.

Adapun yang dimaksud dengan ‘autentik’ di sini, yaitu secara tampilan visual dan rasa sandwich-nya sama seperti Subway di negara-negara lain dan negara asalnya.

Terlebih, proses pembuatan sandwich Subway juga dilakukan langsung di hadapan pembeli. Bahkan, pembuatannya diracik sendiri oleh ‘sandwich artist’ yang sudah mendapatkan pelatihan khusus, untuk membuat sandwich dengan benar.

Selain menjual sandwich, Subway juga menawarkan menu lainnya seperti wrap dan salad dengan isian yang sama dengan isian sandwich, serta toasties, sup jamur, hingga cookies.

Perlu diketahui, strategi marketing Subway Indonesia saat ini dikelola oleh PT Sari Sandwich Indonesia, yang merupakan anak perusahaan PT Map Boga Adiperkasa Tbk.

Alasan mengapa PT Map Boga Adiperkasa Tbk berani dan percaya diri membuka Subway Indonesia di tengah pandemi Covid-19, yaitu keyakinannya akan sebuah peluang yang pasti ada di balik krisis yang terjadi.

Tetapi di luar itu, ada hal lain yang juga menjadi pertimbangan PT Map Boga Adiperkasa Tbk untuk membuka cabang Subway di Indonesia, yaitu:

  • Populasi penduduk Indonesia yang sangat besar
  • Banyak kota-kota yang sudah berkembang
  • Gaya hidup orang-orang mulai berubah, karena sudah lebih menyukai segala sesuatu yang praktis namun sehat
  • Dalam 20 tahun terakhir, orang-orang mulai suka berbagai jenis roti.

Dengan pertimbangan beberapa hal tersebut, maka PT Map Boga Adiperkasa Tbk pun siap menunjukkan keberaniannya membuka Subway Indonesia.

Menariknya, mereka tak hanya membuka satu cabang saja, namun juga berencana untuk membuka 10 gerai yang tersebar di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Belum selesai sampai di situ, Subway Indonesia pun berencana untuk melebarkan sayapnya di Nusantara, dengan ekspansi ke banyak kota di Indonesia.

Deretan Informasi Seputar Subway

Jika sederet fakta menarik Subway Indonesia sudah kamu ketahui ulasannya secara lengkap di pembahasan sebelumnya, maka kini saatnya kamu mengetahui informasi lengkap tentang Subway itu sendiri.

Pasalnya, Subway merupakan jaringan restoran sandwich asal Amerika Serikat, yang sudah berdiri dan eksis sejak 1964.

Tersebar di 100 negara di dunia, restoran ini kini sudah memiliki cabang dengan jumlah hampir 40 ribu.

Dari banyaknya gerai yang dimiliki, kamu penasaran nggak sih apa saja fakta menarik tentang restoran ini?

Nah kalau penasaran, di bawah ini CekAja akan mengulas lengkap informasi mengenai Subway Indonesia sebagai berikut.

1. Bisnis kolaborasi anak usia 17 tahun

Hal pertama yang perlu kamu ketahui tentang Subway, yaitu ini adalah bisnis kolaborasi anak usia 17 tahun yang berprofesi sebagai seorang mahasiswa, yaitu Fred DeLuca dengan fisikawan nuklir bernama Dr Peter Buck, yang merupakan ayah dari teman Fred.

Awalnya, ide untuk membangun bisnis kuliner ini terjadi ketika Fred di tahun 1965 menghadiri sebuah pesta dan berbincang dengan Dr Peter Buck.

Di sana, Fred bercerita tentang masalah yang dialaminya kepada Dr Peter Buck, yaitu ingin menghasilkan uang agar bisa membayar kuliah.

Mendengar cerita Fred, Dr Peter pun kemudian menyarankan Fred untuk membuka toko sandwich dan memberikannya dana investasi untuk modal bisnis sebesar 1.000 dolar AS.

Dengan modal tersebut, Fred akhirnya memberanikan diri untuk membuka toko sandwich pertamanya pada 28 Agustus 1965 di Bridgeport, Connecticut.

2. Laris terjual di hari pertama buka

Meski Subway adalah bisnis kolaborasi antara mahasiswa umur 17 tahun dengan fisikawan nuklir, namun di hari pertama pembukaan toko, Subway berhasil menjual habis sandwich-nya yang hanya diproduksi sebanyak 312 buah, dengan harga antara 49 dan 69 sen dolar AS.

3. Awalnya bernama Pete’s Super Submarines

Sekarang memang dikenal dengan nama Subway, namun di awal kehadirannya bisnis sandwich ini memperkenalkan dirinya dengan nama Pete’s Super Submarines.

Adapun nama Subway mulai diperkenalkan ke publik, setelah toko sandwich ini berhasil bertahan di tahun ketiganya.

4. Cabang internasional pertamanya di Bahrain

Meskipun saat ini Subway sudah memiliki puluhan ribu cabang yang tersebar di ratusan negara, namun apakah kamu tahu kalau ternyata Bahrain adalah cabang internasional pertamanya yang didirikan pada tahun 1984.

5. Menjadi restoran waralaba terbesar

Kamu tahu nggak sih, kalau Subway saat ini menjadi restoran waralaba (franchise) terbesar di dunia, dengan pertumbuhan yang sangat cepat, seperti yang dilansir dalam World Atlas.

Hal itu bisa dilihat dari jumlah cabang restoran yang dimilikinya, yaitu lebih dari 40 ribu yang tersebar di 112 negara, dan lebih dari 25 ribu restoran di Amerika Serikat.

6. Sering muncul di drama Korea

Hal yang satu ini sepertinya tidak membuat kamu terkejut, karena Subway seringkali muncul di drama-drama Korea populer, salah satunya yaitu Descendants of The Sun.

Munculnya Subway di banyak drama Korea populer, menurut Country Director ternyata memiliki dampak positif pada penjualan global, khususnya di pasar China, Taiwan dan Singapura.

7. Sebagian besar kemasan dibuat dari bahan daur ulang

Menjadi hal yang menarik, karena Subway dikemas menggunakan bahan yang terbuat dari daur ulang.

Adapun bahan-bahan daur ulang tersebut digunakan untuk beberapa alat, seperti serbet, kantong dan tas sandwich, bungkus sandwich, mangkuk, tutup salad, dan juga nampan.

8. Pembuatan sandwich tepat di depan konsumen

Berbicara soal konsep pembuatan sandwich, awalnya Subway memiliki ketentuan berupa staf yang melayani pelanggan pertama-tama harus menerima pesanan, lalu membalikkan badan untuk membuat sandwich pesanan pelanggan.

Akan tetapi, cara tersebut akhirnya diubah ketika Fred mendengar kalau pelanggan bisa saja mengambil soda pada saat staf memunggungi pelanggan.

Maka dari itu, Fred mengubah cara melayani pelanggan dan membuat sandwich jadi menghadap ke depan pelanggan.

9. Jenis roti gandum hadir di tahun 1985

Selama beroperasi, Subway ternyata baru menyediakan roti gandum untuk pertama kalinya pada 1985. Yang mana, roti gandum sendiri merupakan pilihan roti, yang disediakan Subway khusus untuk konsumennya yang sedang menjalankan program diet.

10. Salah satu menu andalannya diberi nama jalur kereta bawah tanah New York

Tak hanya lezat, ternyata Subway juga memiliki salah satu menu andalan dengan nama yang unik, yaitu Sandwich B.M.T.

Buat kamu yang belum tahu, nama sandwich tersebut berasal dari nama jalur kereta bawah tanah New York, yang sekarang lebih dikenal sebagai kereta B, D, F, J, Z, L, M, N, R dan Q.

Untuk jenis sandwich B.M.T sendiri sudah ada sejak 1975, dengan isian salami genoa, pepperoni dan ham. Adapun B.M.T di sini merupakan singkatan dari Biggest, Meatiest, Tastiest, atau yang artinya terbesar, penuh daging dan terlezat.

11. Setiap tahun menghabiskan lebih dari 15 akre selada

Sebuah fakta menarik, karena Subway ternyata setiap tahunnya menghabiskan sekitar 16 akre selada. Kalau dijabarkan, porsi tersebut mungkin akan lebih besar dari 35 lapangan sepak bola.

Menu, Harga dan Jam Operasional Subway Indonesia

Kalau fakta menarik Subway Indonesia dan informasi lengkap soal Subway sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya, lalu bagaimana dengan menu, harga dan jam operasional dari Subway Indonesia itu sendiri?

Nah daripada penasaran, langsung saja di bawah ini CekAja kasih tahu kamu daftar menu yang dihadirkan Subway Indonesia, beserta harga dan jam operasionalnya.

Menu Subway Indonesia

  • Veggie Delight
  • Chicken Slice
  • Egg Mayo
  • Roasted Chicken
  • BBQ Chicken
  • Chicken Teriyaki
  • Spicy Italian
  • Sandwich B.M.T
  • Tuna Mayo
  • Steak & Cheese.

Semua menu sandwich yang dihadirkan, tersedia dalam ukuran 16 inch atau 15 cm, dan 1 footlong atau 30 cm. Sementara untuk pilihan rotinya ada Wheat, Italian White, dan juga Honey Oat.

Lalu untuk pilihan sausnya ada Mayonnaise, Chipotle Southwest, Honey Mustard, Thousand Island, BBQ, Chilli, Tomato, dan Sweet Onion.

Soal harga bisa dibilang cukup bervariasi, tergantung dari menu yang dipilih, ukuran sandwich, hingga saus yang digunakan, yaitu mulai dari Rp25 ribu – Rp95 ribu.

Selain menjual sandwich sebagai menu utamanya, Subway juga menawarkan wrap, salad, sup dan juga cookies.

Jika kamu tertarik dan penasaran ingin mencobanya, kamu bisa membeli dengan berkunjung di jam operasionalnya, yaitu mulai dari pukul 07.00 – 23.00 WIB.

(Baca Juga: Resep Sandwich Tempe dan Kurma yang Menyehatkan)

Itulah beberapa informasi tentang Subway, beserta fakta menarik Subway Indonesia yang sudah kamu ketahui lengkap di pembahasan sebelumnya.

Bagaimana, dari semua informasi tersebut, apakah kamu tertarik untuk ikut mencoba jenis makanan yang satu ini?

Jika iya, pastikan kamu mencoba beberapa varian menu dan rasa, lalu jangan lupa untuk membayarnya menggunakan kartu kredit.

Sebab, kartu kredit sering memberikan promo belanja menarik yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback, maupun rewards point.

Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit namun ingin mendapatkan promo-promo tersebut, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit dari perbankan ternama dan terpercaya, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!