7 Fakta Motor Listrik Gesits Karya Anak Bangsa, Kuy Kepoin!

4 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Setelah resmi diluncurkan per April 2019 lalu, banyak media besar Tanah Air yang akhirnya mengulas informasi mengenai fakta motor listrik Gesits karya anak bangsa ini. Yang jadi pertanyaan, memang seberapa hebatnya sih sepeda motor tersebut?

Belakangan fakta motor listrik Gesits karya anak bangsa jadi perbincangan ‘hangat’ di laman pencarian Google.

Hal ini tentu mengundang rasa penasaran netizen Indonesia mengenai keunggulan ataupun spesifikasi dari sepeda motor listrik tersebut.

Pasalnya, usai peluncuran pertama yang digelar pada April 2019 lalu, motor yang diproduksi PT GESITS Technologies Indo ini telah laku dalam acara pelelangan pada pertengahan Mei 2020, seperti yang dikutip dari laman Harapan Rakyat.

Total pelelangan ini bahkan mencapai miliaran rupiah, dan disiarkan secara langsung lewat stasiun tv nasional yakni TVRI.

Nah, untuk memudahkan kamu memahami akan keunggulan dari motor listrik karya anak bangsa ini, berikut CekAja rangkum fakta-fakta mengenai motor listrik Gesits. Pantengin terus ya!

Rangkuman Mengenai Fakta Motor Listrik Gesits

1. Bali menjadi tempat akhir uji coba Gesits

Fakta motor listrik Gesits karya anak bangsa yang pertama adalah tempat akhir pengujiannya.

Di mana pihak pengembang kendaraan roda dua ini, yaitu PT Garansindo dan ITS justru memilih Bali, sebagai hasil akhir uji coba Gesits.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Menurut pihak pengembang, alasan Pulau Dewata menjadi tempat akhir pengujian motor listrik Gesits adalah sebagai bagian dari marketing.

Mereka ingin nantinya motor listrik tersebut dipandang oleh dunia internasional. Di mana rata-rata per tahunnya Bali lah yang selalu dijadikan destinasi wisata turis asing.

2. Presiden Joko Widodo turut meresmikan Gesits

Proyek motor listrik Gesits sebetulnya sudah dimulai sejak 2015 silam, sebelum resmi dipasarkan pada April 2019 lalu.

Di tahun yang sama tepatnya di bulan Januari, secara eksklusif Presiden Joko Widodo diketahui turut meramaikan peluncuran, maupun produksi massal dari motor listrik buatan anak bangsa itu.

Bahkan menurut informasi yang beredar, presiden ke-7 Indonesia ini siap memesan 100 unit motor listrik Gesits seusai diproduksi massal.

(Baca Juga: 10 Gembok Motor Paling Bagus anti Maling)

3. Biaya produksi tahap pertamanya mencapai miliaran

Fakta motor listrik Gesits karya anak bangsa yang berikutnya adalah mengenai biaya produksinya sendiri.

Berdasarkan informasi yang didapat oleh tim CekAja, untuk biaya produksi tahap pertama, PT Garansindo dan ITS menggandeng PT Wijaya Karya sebagai pemodal dari produksi massal motor listrik tersebut.

Dana yang digelontorkan untuk produksi tahap pertama dari motor Gesits ini diketahui mencapai Rp180 miliar. Jumlah yang tentu saja enggak sedikit, bukan?

4. Jarak tempuhnya hingga 100 kilometer

PT GESITS Technologies Indo nampaknya tak main-main dalam menggarap proyek motor Gesits.

Hal ini dibuktikan pula dari rangkuman fakta mengenai spesifikasi motor tersebut, di mana Gesits diketahui mampu menempuh jarak hingga 100 kilometer, bila dipasangkan dua baterai sekaligus.

Meski begitu, namun kamu tetap harus memperhatikan laju motor maupun kondisi jalanan saat menggunakan motor listrik ini, ya.

5. Suara mesin yang super halus dan spesifikasi mumpuni

Motor dengan suara mesin yang halus tentu menjadi dambaan tiap pemilik kendaraan roda dua.

Dengan ditenagai mesin berkekuatan 6,7 hp @3600 rpm dan perputaran torsi maksimal 30 Nm, Gesits dijamin tidak bising saat digunakan.

Bukan hanya itu saja, fakta motor listrik Gesits karya anak bangsa yang lainnya juga telah terungkap, terutama dari sisi spesifikasinya.

Motor tersebut diketahui memiliki fitur unik yaitu Reverse. Fitur ini memungkinkan kendaraan untuk berjalan mundur secara otomatis, karena adanya tombol R yang terletak pada stang kemudi.

Tombol R sendiri bisa digunakan saat kondisi-kondisi tertentu, seperti ketika ingin memarkirkan kendaraan. Fitur ini dapat diaktifkan saat motor dalam kondisi berhenti.

Kemudian, menyoal baterainya, motor listrik Gesits dilengkapi dengan baterai Lithium Ion NMC yang dapat di charge dalam waktu kurang lebih dua jam saja.

Dalam kondisi baterai penuh, motor listrik ini dapat berjalan hingga 100 kilometer, dengan dua baterai yang terpasang.

Sementara untuk satu pemakaian baterai, Gesits dapat menempuh jarak sekitar 50 km.

6. Irit bahan bakar

Fakta motor listrik Gesits karya anak bangsa yang berikutnya adalah penggunaan bahan bakarnya yang terbilang irit.

Bayangkan saja, untuk satu kali pengisian baterai kira-kira sekitar 3 kWH, jarak tempuhnya bisa mencapai hingga 70 kilometer.

Jika dihargai, pengisian baterai 3 kWH ini hanya Rp5 ribu saja. Dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar minyak biasa.

Untuk jarak tempuh 70 kilometer mungkin pemilik motor harus mengisi bbm sekitar Rp20 ribu. Gimana, lebih hemat hingga Rp15 ribu bukan?

Tak perlu khawatir akan tempat pengisian daya baterainya. Sebab kini, pemerintah tengah membangun lebih banyak lagi infrastruktur penunjang untuk pemilik kendaraan listrik.

7. Belum memiliki diler resmi

Fakta motor listrik Gesits karya anak bangsa yang terakhir adalah motor ini belum memiliki diler maupun bengkel resmi.

Sebagai gantinya, PT GESITS Technologies Indo memasarkan produknya ini secara online, yaitu melalui laman resmi mereka https://www.gesits.co.id/.

Pemesanan di situs tersebut akan dikonfirmasi oleh pihak Gesits maksimum tiga hari setelah proses order selesai dilakukan.

Untuk ongkos pengiriman motor, pihak marketing Gesits biasanya mematok harga sesuai dengan lokasi pengiriman kendaraan roda dua tersebut.

Sementara menyoal pengurusan suratnya, baru mencakup wilayah Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali.

Nah itu dia informasi mengenai fakta-fakta motor listrik Gesits karya anak bangsa. Untuk harganya sendiri, pihak pengembang memasarkan motor ini dengan harga mulai dari Rp24,95 juta.

(Baca Juga: 9 Cara Membersihkan Mobil yang Terendam Banjir)

Biar Aman, Lengkapi Perlindungan pada Kendaraan dengan Asuransi

Mengingat harganya yang enggak murah, tentu kamu harus melengkapi proteksi terhadap motor listrikmu ini ataupun kendaraan lainnya dengan asuransi.

Adanya asuransi akan menjamin seluruh perlindungan baik berupa jaminan Total Loss Only maupun All Risk.

Sehingga, keamanannya tentu akan lebih dibandingkan hanya merawatnya secara manual.

Nah, menyoal pembelian polis asuransinya, kamu bisa mengajukan di CekAja.com.

CekAja menyediakan beberapa produk asuransi kendaraan dari mitra asuransi terbaik.

Pengajuan yang praktis ditambah lagi dengan adanya diskon hingga 20 persen, bakal membuat kamu tentram dan tak terbebani masalah finansial.

Yuk, bandingkan dan ajukan asuransi kendaraan sekarang juga hanya di CekAja.com!

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri