Fakta Mutasi Virus Corona B.1.1.7 yang Masuk Indonesia, Apa Gejalanya?

Belum usai pandemi Covid-19 di Indonesia, mutasi virus Corona B.1.1.7 dari Inggris disebut telah masuk ke Indonesia. Bagaimana fakta mutasi virus Corona B.1.1.7 ini bisa sampai muncul di negeri kita? Yuk, simak informasinya di sini.

Menurut kabar yang beredar, mutasi virus Corona B.1.1.7 ini, telah menyebar setidaknya ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Dampak adanya mutasi virus ini, tentu menjadi kewaspadaan bagi masyarakat Indonesia, terutama soal bagaimana warga bisa menjaga kesehatan.

Pasalnya, disebut mutasi virus ini, lebih berbahaya dari Covid-19. Apa betul? Yuk, langsung saja simak fakta mutasi virus Corona B.1.1.7 yang masuk Indonesia berikut ini.

Fakta Mutasi Virus Corona B.1.1.7 yang Masuk Indonesia

1. Pertama Kali Mutasi Ditemukan di Inggris

Fakta mutasi virus corona B.1.1.7 yang masuk Indonesia yang pertama adalah bahwa virus ini, pertama kali ditemukan di negara Inggris.

(Baca Juga: 5 Fakta Mutasi Virus Corona Terbaru dari Inggris dan Afsel)

Pada saat itu juga, Inggris langsung melaporkan kepada Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, tepatnya pada Desember 2020 lalu.

Bahkan, adanya mutasi virus corona B.1.1.7 ini juga, telah diumumkan langsung, oleh Perdana Menteri Inggris.

Semenjak adanya virus mutasi ini, Inggris juga telah membentuk suatu badan bernama New and Emerging Respiratory Virus Threats Advisory Group. Adapun badan ini khusus dibentuk untuk mempelajari mutasi ini.

2. Virus Lebih Cepat Menyebar

Fakta mutasi virus corona B.1.1.7 yang masuk Indonesia yang kedua ini, pertama kali terdeteksi di Inggris, pada September 2020.

Bukan Covid-19, pada saat itu setidaknya sekitar seperempat kasus di London, adalah varian baru. Bahkan, kasus ini mencapai hampir dua pertiga kasus, pada pertengahan Desember 2020 lalu.

Selain itu, mutasi virus corona ini juga diduga dapat meningkatkan transmisi antar manusia, sampai dengan 70 persen, seperti yang dikatakan Perdana Menteri Boris Johnson.

Bahkan, jika dilihat hingga sejauh ini, virus ini telah berkembang sangat cepat, dan tumbuh lebih cepat daripada varian sebelumnya, atau Covid-19 yang pernah ada.

3. Masuk dari Arab Saudi

Selanjutnya fakta mutasi virus Corona B.1.1.7 yang masuk Indonesia ini, berhasil masuk dan terdeteksi dari Arab Saudi, meski awal mulanya berasal dari Inggris.

Seperti yang sudah dibahas pada fakta sebelumnya, bahwa virus ini lebih cepat menyebar dari Covid-19. Sehingga, di sini masyarakat harus tetap disiplin menjaga kesehatan, dan terus menerapkan protokol kesehatan.

Yakni selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Tidak lupa juga untuk jaga kesehatan dari dalam, dengan cara meningkatkan sistem imun.

Caranya, dengan mengonsumsi vitamin atau suplemen, jamu-jamuan, olahraga, dan jalani pola hidup sehat.

4. Mutasi Virus Corona B.1.1.7 Lebih Fatal dan Mematikan?

Meski belum ada bukti ilmiah, yang menyatakan, bahwa mutasi virus corona yang masuk Indonesia itu lebih fatal, namun menurut Menkes mutasi baru virus tersebut, bisa lebih menular.

Sehingga, para ahli di Inggris pun masih terus memantau dan meneliti varian terbaru virus corona B.1.1.7 tersebut.

Tidak hanya cepat, mutasi virus corona terbaru ini lebih menular, dari jenis sebelumnya.

Sehingga, di sini akan menyebabkan penumpukan rasio pasien di rumah sakit. Karena, akan lebih banyak orang, membutuhkan perawatan rumah sakit dan hal ini juga termasuk masalah bagi rumah sakit, untuk segera melakukan inovasi.

5. Vaksin COVID-19 Masih Efektif

Percuma dong, sudah vaksin Covid-19 tapi malah muncul mutasi virus baru. Tenang! Karena fakta mutasi virus Corona B.1.1.7 yang masuk Indonesia ini, masih efektif untuk melawan serangan mutasi virus corona asal Inggris.

Mengapa bisa dikatakan seperti ini? Hal tersebut dikarenakan, vaksin yang digunakan Indonesia dan di Inggris sama, dan vaksin tersebut cukup efektif untuk melindungi tubuh, dari mutasi virus corona terbaru.

Meski ada yang beranggapan vaksin tersebut tidak efektif, namun di sini vaksin bisa melatih sistem kekebalan tubuh, untuk menyerang beberapa bagian virus, yang berbeda.

Sehingga, meskipun saat ini terdapat beragam lonjakan mutasi virus baru, maka vaksin tetap berfungsi.

Bahkan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof dr Zubairi Djoerban, juga mengatakan, bahwa vaksin Covid-19, tetap efektif terhadap varian baru virus corona.

Mutasi virus Corona B.1.1.7 menurutnya juga bisa terdeteksi lewat uji PCR.

Gejala Terkait Mutasi Virus Corona B.1.1.7

Jika Covid-19 memiliki gejala batuk, demam, hingga hilang penciuman, bagaimana dengan fakta mutasi virus Corona B.1.1.7 yang masuk Indonesia, dari segi gejalanya?

Dilansir dari Suara.com, menurut sebuah studi dari Office for National Statistics (ONS) Inggris, setidaknya ada beberapa gejala yang umumnya dialami oleh pasien yang terinfeksi SARS-CoV-2 mutasi terbaru.

Adapun gejala yang dirasakan hampir sama dengan Covid-19, yakni seperti batuk, kelelahan, sakit tenggorokan, dan nyeri otot, di mana hasil ini didapatkan berdasarkan riset.

Bagaimana dengan hilangnya indera penciuman? Pada gejala di mutasi virus Corona baru, kasus tersebut sedikit lebih kecil kemungkinannya untuk dialami. Namun, gejala anosmia sampai saat ini, masih menjadi salah satu dari gejala utama Covid-19.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait fakta mutasi virus Corona B.1.1.7 yang masuk Indonesia, dan wajib diwaspadai.

Selain Vaksin, Lindungi Juga Diri Kamu Dengan Asuransi Kesehatan!

Seperti yang sudah sering dibahas, bahwa vaksin saja tidak cukup untuk membuat tubuhmu kebal, akan suatu virus dan penyakit.

(Baca Juga: Daftar Asuransi Kesehatan yang Mengcover Virus Corona)

Vaksin hanya membantu membuat tubuh, semakin kuat melawan hal asing dari luar, dan bukan berarti kebal. Yang paling terpenting juga terlebih di masa pandemi ini, kamu harus memiliki asuransi kesehatan.

Dengan adanya mutasi baru virus Corona, tentunya kamu harus semakin waspada, yakni dengan memiliki asuransi kesehatan.

Sehingga, kamu dan keluarga bisa terlindungi secara maksimal, dari risiko jatuh sakit dan risiko kerugian finansial akibat biaya pengobatan di rumah sakit yang mahal.

Selain itu, dapatkan asuransi kesehatan terbaik, dan sesuai dengan kebutuhanmu, hanya di CekAJa.com.

Di CekAja.com, menawarkan banyak produk asuransi kesehatan terbaik, dari berbagai perusahaan asuransi kesehatan ternama di Indonesia.

Jadi, untuk soal keamanan, kepercayaan, dan kualitas layanan kesehatan, pastikan cari produk asuransi kesehatan, hanya di CekAja.com!