Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Fakta Pentingnya Media Sosial Bagi Bisnis Internet

by lhmdi on 3 March, 2016

pakai gadget di kantor_kartu kredit - CekAja.com

Sebuah ide bisnis yang mengarah kepada bisnis internet merupakan salah satu ide terbaik dalam mengembangkan potensi sebuah usaha atau perusahaan.

Bisnis yang juga akrab dengan sebutan sebagai bisnis online ini memiliki risiko yang lebih kecil dibandingkan dengan mengeluarkan uang untuk investasi yang lebih besar. Misalnya saja membuat iklan di media cetak atau memasarkannya melaui pembuatan billboard di pinggir jalan yang harganya sangat mahal.

Selain itu teknologi internet diklaim juga mampu menjangkau semua lapisan masyarakat/ Khusus di Indonesia, pertumbuhan pengguna internet semakin bertambah setiap tahunnya. Selain itu, internet memudahkan seseorang terhubung dari segala tempat tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

Salah satu penghubungnya adalah media sosial. Beragam jenis media sosial seperti Facebook, Instagram, Pinterest dan Twitter digarap secara maksimal untuk memasarkan berbagai macam produk baik itu barang atau pun jasa.

Lalu, kenapa media sosial menjadi sangat penting bagi pengembangan bisnis internet yang sedang dijalankan? Berikut beberapa alasannya:

Besarnya pengaruh konten di media sosial

Berbagai macam penelitian mengungkapkan bahwa media sosial dapat meningkatkan konversi pelanggan melalui penilaian serta ulasan mereka terhadap sebuah brand atau produk.

Tentunya tidak jarang kita melihat berbagai macam menghadirkan beragam konten seperti tulisan, gambar bahkan hingga video untuk menarik penilaian serta pelanggan. Hal ini dapat memacu sebuah brand untuk menghadirkan berbagai macam jenis konten yang sekiranya dapat menarik minat konsumen untuk melihat hingga membeli produk yang ditawarkan.

Selain itu dukungan ahli atau seseorang yang berpengaruh di media sosial juga mampu meningkatkan kredibilitas sebuah brand. Hal ini biasanya disebut dengan influencer atau buzzer yang membuat sebuah catatan sendiri dalam memasarkan sebuah produk melalui akun media sosial pribadi mereka.

Keputusan beli dapat dipengaruhi oleh media sosial

Pada awal kemunculannya media sosial digunakan untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Namun, seiring perkembangannya, sebuah media sosial lebih difokuskan pada transaksi jual beli serta personalisasi sebuah brand atau produk.

Oleh karena itu setelah disajikan melalui sebuah konten yang menarik maka seseorang dapat membuat sebuah keputusan beli terhadap produk yang mereka beli. Tidak jarang tentunya kita melihat media sosial sekarang menawarkan atau menambahkan fitur beli langsung melalui layanan mereka. Facebook dan Twitter sudah memulai cara ini. Jadi seorang konsumen tidak perlu lagi membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan sebuah produk yang mereka inginkan.

Bagi sebuah brand ini tentunya  merupakan langkah mudah untuk memasarkan produk mereka pada konsumen yang tersebar luas di jejaring media sosial.

Pesan perbaikan untuk brand

Media sosial merupakan salah satu cara pelanggan atau calon pelanggan untuk berkomunikasi dengan pemilik brand yang menawarkan produknya. Tidak percaya? Coba kita lihat ada berapa banyak pertanyaan dari calon pelanggan atau pelanggan yang memberikan komentar positif atau negatif pada sebuah brand? Cara ini menjadi lebih fleksibel dan efektif bagi brand untuk mempelajari apa yang sebenarnya diinginkan oleh pelanggan terhadap produk mereka.

Dari sebuah umpan balik baik yang positif atau negatif ini pula brand dapat mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan mereka dalam mengembangkan sebuah produk. Oleh karena itu, bisnis internet menarik. Namun, bisnis internet gratis seperti bisnis online syariah adalah bisnis online terpercaya. Caranya cukup usaha online tanpa modal

Selain itu tanggapan dari pelanggan di media sosial biasanya akan memberikan efek yang cepat, sehingga brand dengan cepat pula bereaksi tentang kekurangan mereka dan memperbaikinya.

Melalui media sosial seperti kehadiran Fanpage Facebook, pelangan bisa langsung memberikan saran,kritik, pertanyaan pada kolom komentar atau mengirim pesan mengenai produk atau layanan Anda. Hasilnya dapat digunakan untuk melakukan improvisasi yang lebih positif terhadap kualitas brand serta sebuah bisnis.

Nah! Makanya tidak heran saat ini semakin banyak jenis usaha atau perusahaan yang mulai tergerak menjalankan bisnis internet menggunakan media sosial.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami