Fakta Uang Rupiah Bergambar Jokowi, yang Bikin Heboh

Fakta uang rupiah bergambar Jokowi, sudah terkuak dan dibantah langsung oleh Bank Indonesia. Media sosial sempat dihebohkan dengan beredarnya uang redenominasi Rp100 bergambar presiden Jokowi sampai menuai pro kontra.

Fakta Uang Rupiah Bergambar Jokowi, yang Bikin Heboh

Indonesia memang memiliki wacana redenominasi, yaitu penyederhanaan nilai mata uang rupiah tanpa mengubah nilai tukarnya.

Misalnya Rp1000 menjadi Rp.1, Rp50 ribu menjadi Rp.50, dan Rp100ribu menjadi Rp100. Namun, masih dipertimbangkan dan mungkin akan dilakukan saat situasi perekonomian stabil.

(Baca Juga: Mengenal Resesi Ekonomi dan Tips Keuangan)

Info viral ini dibagikan oleh akun instagram @jakarta.keras. Dalam postingan tersebut, beredar video yang merekam uang Rupiah bergambar presiden Jokowi nominal Rp100.

Uang kertas berwarna merah dengan tulisan besar Bank Indonesia beserta logonya, lengkap juga dengan nomor seri.

Di satu sisi uang tersebut terpampang foto presiden Jokowi, sementara sisi lainnya bergambar Istana Negara.

Fakta Menarik Uang Rupiah Bergambar Jokowi

Fakta Menarik Uang Rupiah Bergambar Jokowi

Berikut, CekAja.com merangkum fakta uang rupiah bergambar Jokowi dari viralnya video redenominasi uang rupiah yang beredar:

1. Bank Indonesia Pastikan Belum Melakukan Redenominasi Rupiah

Fakta uang rupiah bergambar Jokowi yang pertama, Direktur Eksekutif Komunikasi BI Erwin Haryono menjelaskan, saat ini rencana penyederhanaan nilai mata uang (redenominasi) oleh bank sentral dan pemerintah masih dalam proses persiapan.

Namun rencana ini sangat dipengaruhi dan ditentukan kondisi sosial, politik, dan ekonomi.

2. Bank Indonesia Segera Investigasi Uang Rupiah Bergambar Jokowi

Fakta uang rupiah bergambar Jokowi ketiga, Bank Indonesia tentu segera menginvestigasi mengenai viralnya penampakan rupiah yang sudah diredenominasi dan mencegah adanya peredaran uang tersebut oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Melansir dari Cek Fakta Liputan6.com, Humas Bank Indonesia juga menjelaskan jika salah satu syarat dalam Undang-Undang mata uang, wajah yang terpampang di uang RI harus merupakan pahlawan yang sudah meninggal dunia.

3. Ulah Netizen Iseng

Fakta uang rupiah bergambar Jokowi kedua, video viral tersebut awalnya diunggah oleh pengguna Tik Tok bernama @aku.ijot dan telah ditonton lebih dari 8,4 juta kali hingga tersebar sampai ke Instagram dan Facebook.

Direktur Eksekutif Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono, memastikan bahwa fakta uang rupiah bergambar Jokowi hanya ulah orang iseng yang ingin cari sensasi.

Menurutnya, plesetan redenominasi rupiah seperti yang terjadi pada video viral yang diunggah oleh sejumlah akun media sosial bisa terjadi dalam skala yang luas.

Kondisi-kondisi ini yang juga bisa mempengaruhi implementasi redenominasi.

Namun, diketahui pelaku iseng redenominasi sudah meminta maaf dan mengaku tujuan video tersebut hanya bentuk keisengan untuk mendapatkan traffic dan viewers.

Pelaku juga sudah menghapus konten uang rupiah bergambar Jokowi yang sempat viral tersebut.

4. Peringatan Tidak Mengusik Simbol Kedaulatan NKRI

Fakta uang rupiah bergambar Jokowi yang terakhir, Bank Indonesia sudah memperingatkan kepada semua pihak khususnya netizen yang aktif sosial media agar berhati-hati terkait dengan isu redenominasi nilai tukar rupiah.

Sebab, menurut Bank Indonesia, rupiah merupakan lambang kedaulatan NKRI dan bisa mengganggu kedaulatan rakyat.

Adapun, keberadaan nilai tukar rupiah diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Dalam aturan, akan ada sanksi jika mengubah desain nilai tukar rupiah.

Pentingnya Redenominasi Rupiah

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, setidaknya terdapat dua hal yang membuat redenominasi rupiah menjadi penting, yaitu dari sisi image dan dari sisi efisiensi transaksi.

Pentingnya redenominasi dari sisi image, contohnya, pencantuman nominal rupiah di hadapan dollar AS dianggap terlalu banyak dan dianggap tidak praktis.

Dari sisi nominal, nilai rupiah terlihat besar padahal valuenya lebih sedikit.

Yang kedua dari sisi efisiensi transaksi. Pencatatan dengan nominal rupiah yang lebih sedikit lebih memudahkan pencatatan transaksi.

Pengurangan nominal pada rupiah diharapkan menciptakan persepsi perekonomian Indonesia yang lebih baik, peningkatan efisiensi, dan penghematan biaya produksi pencetakan uang.

Realisasi redenominasi juga butuh waktu yang panjang, dari mulai sosialisasi hingga penarikan uang lama yang beredar dan menggantinya dengan uang baru.

Risiko Redenominasi Rupiah

Fakta Menarik Uang Rupiah Bergambar Jokowi yang bikin heboh - Risiko Redenominasi Rupiah

Dalam suatu kajian empiris sebelum redenominasi rupiah ada beberapa syarat yang mesti disiapkan.

Diantaranya nilai inflasi yang rendah, pertumbuhan ekonomi yang stabil, jaminan stabilitas harga, dan sosialisasi kepada masyarakat.

Nah, sebab faktor-faktor tersebut, redenominasi membutuhkan biaya dan risiko yang tinggi, pemerintah perlu memikirkan dengan matang.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Riza Punjarama mengimbau, pembahasan redenominasi ini lebih baik dilakukan saat pandemi berakhir.

Dikarenakan biaya dan risiko yang tinggi, maka akan lebih baik jika anggaran dialokasikan pada pemulihan ekonomi dahulu.

Jadi, kesimpulannya fakta uang rupiah bergambar Jokowi untuk redenominasi adalah hoaks. Pihak Bank Indonesia tidak pernah menerbitkan mata uang tersebut.

Informasi jenis hoaks ini (manipulated content) biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel.

Konten jenis ini dianggap mudah, sebab dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan mengecoh publik.

Dari kasus tersebut, terlihat pentingnya edukasi untuk generasi millenial agar tidak menggunakan cara instant melalui konten viral demi mendapatkan traffic semata, apalagi sampai menyebarkan berita hoaks.

Padahal, banyak cara baik yang bisa dilakukan untuk berkembang di masa muda, salah satunya menjadi pebisnis.

(Baca Juga: Trik Psikologi Marketing yang Sering Digunakan)

Tak perlu khawatir masalah modal usaha ekspansi, jika kamu memang serius ingin menggeluti dunia bisnis.

CekAja.com siap membantu kamu mengembangkan bisnis dengan tambahan modal dari produk pinjaman yang kami miliki.

Melalui CekAja.com, kamu bisa membandingkan berbagai produk pinjaman modal usaha sesuai kebutuhan dan kemampuan budget kamu dari mitra terbaik Indonesia dan mengajukannya secara online.

Yuk, manfaatkan masa muda kamu dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, dan segera kunjungi laman CekAja.com untuk cek produk kredit tanpa agunan yang bisa membantu mengembangkan bisnis kamu.