Faktor yang Mengharuskan Kita Memiliki Asuransi Kesehatan

7 min. membaca Oleh Gesti Weningtyas on

Memiliki asuransi kesehatan adalah sebuah pilihan. Kamu bisa saja memilih untuk tidak memiliki asuransi yang cukup banyak diminati oleh masyarakat ini. Namun, perlindungan dari risiko, bisa membuat kamu untuk mempertimbangkannya terlebih dahulu. Sebab, tak ada yang tahu musibah berupa penyakit datang sewaktu-waktu. Selain itu, biaya pelayanan kesehatan yang cukup mahal di Indonesia juga menjadi salah satu pertimbangan yang utama.

Faktor yang Mengharuskan Kita Memiliki Asuransi Kesehatan

Ada beberapa faktor yang mengharuskan kita, untuk memiliki asuransi kesehatan. Saat tubuh dalam kondisi sehat, tak ada seorangpun yang menginginkan jatuh sakit. Sehingga, kesehatan adalah salah satu investasi yang paling berharga dalam kehidupan kita. Penyakit kritis dan penyakit turunan terkadang juga tidak bisa kita hindari kapan datangnya. Belum lagi hal-hal buruk lainnya yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Manfaat dari asuransi kesehatan pun harus kita perhatikan, sebab banyak sekali manfaat yang memberikan perlindungan serta rasa yang lebih tenang dalam memiliki asuransi kesehatan. Dengan memiliki polis asuransi, risiko finansial yang dapat terjadi bisa terlindungi. Kita pun akan jadi lebih tenang saat berkegiatan maupun bekerja. Selain itu, kita juga tidak perlu khawatir lagi jika tiba-tiba jatuh sakit dan harus dirawat.

Buat kamu yang masih berpikir untuk memiliki asuransi kesehatan, berikut adalah beberapa faktor yang mengharuskan kita memiliki asuransi kesehatan:

1. Layanan Kesehatan yang Layak

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu pun bisa mendapatkan layanan kesehatan yang layak dan memadai, sesuai dengan kebutuhan kamu dan keluarga. Namun perlu diingat, hal ini sesuai dengan premi yang kamu beyarkan pada perusahaan asuransi. Jadi, memilih produk asuransi yang tepat adalah hal yang harus kamu lakukan jika ingin mendapatkan layanan kesehatan yang layak. Sehingga, saat kamu mengalami sakit atau harus mendapatkan perawatan, kamu akan mendapatkan fasilitas yang maksimal dan memadai.

Perusahaan asuransi kesehatan biasanya juga telah bekerjasama dengan beberapa rumah sakit di Indonesia. Hal tersebut akan memudahkan kamu dalam melakukan pembayaran juga. Jika kamu memilih cashless kamu pun tak khawatir jika saat sakit tidak ada uang atau dana untuk membayar biaya rumah sakit, sebab biaya sudah dicover oleh asuransi kesehatan.

(Baca Juga: Jangan Bingung, Ini Perbedaan Bancassurance Dan Asuransi Biasa)

Beberapa biaya pelayanan kesehatan yang dijamin oleh asuransi kesehatan misalnya seperti rawat inap di rumah sakit mitra perusahaan asuransi, rawat jalan, konsultasi dokter umum, konsultasi dokter spesialis, pemeriksaan laboratorium, dan berbagai jenis terapi spesifik. Selain itu, produk asuransi juga bisa kamu manfaatkan untuk tindak perawatan pencegahan seperti imunisasi dan skrining kanker. Ada juga manfaat untuk mengcover biaya persalinan baik secara normal maupun caesar.

Kamu juga bisa mendapatkan cover untuk biaya perawatan gigi seperti membersihkan karang gigi, tambal gigi, cabut gigi. Biaya tersebut akan ditanggung pihak perusahaan asuransi termasuk juga biaya pembelian obat-obatan yang diperlukan akan tercover. Namun khusus untuk perawatan ortodontis atau pemerataan gigi tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Salah satu faktor ini mungkin bisa membuat kamu untuk mempertimbangkan membeli produk asuransi kesehatan. Sebab, memiliki asuransi kesehatan bakal memudahkan kamu dalam mengakses layanan kesehatan. Sehingga, kesehatanmu dan keluarga pun mendapatkan layanan yang layak tanpa pusing memikirkan masalah biaya saat kamu jatuh sakit. Sehingga, kamu jadi bisa lebih fokus pada pengobatan dan perawatan dalam proses penyembuhan.

2. Keuangan Lebih Aman

Asuransi kesehatan bisa membuat keuangan kamu lebih aman. Sebab, kamu cukup membayar premi dengan rutin setiap bulan, menyisihkan sedikit dari pendapatan untuk membayar premi. Dengan begitu, kamu bisa mengatur keuangan setiap bulannya dengan baik. Kamu tidak perlu takut membayar biaya rumah sakit yang besar dengan tiba-tiba saat kamu sakit, sebab kamu sudah menyiapkan perlindungan dari risiko tersebut dengan membayar premi secara teratur.

Mau tidak mau kamu pun juga harus mengatur sedemikian rupa agar anggaran asuransi kesehatan terbayar tanpa mengurangi pengeluaran tetap lain. Sehingga, dengan begitu finansial kamu terjaga dan kebutuhan bulanan kamu tetap tercukupi.

3. Efisien dan Tidak Merepotkan

Saat jatuh sakit, kita mungkin akan merepotkan dan memberi beban pada keuangan keluarga. Sebab, seperti yang kita tahu, sakit membuat kita mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Kalau kamu punya asuransi kesehatan, keuangan keluarga pun tetap aman dan tagihan rumah sakit tidak menjadi beban. Karena, biaya pengobatan sudah ditanggung asuransi. Kita pun jadi lebih tenang dan tidak perlu khawatir karena sudah memiliki perlindungan jaminan kesehatan yang dapat memanfaatkannya kapan saja. Alhasil kita pun juga tidak takut akan merepotkan keluarga maupun orang lain apabila terjadi sesuatu secara tiba-tiba.

Pembayaran tagihan atau biaya rumah sakit juga lebih efisien karena kita tidak perlu repot menjadi pinjaman uang saat mendesak membutuhkan dana untuk pengobatan. Kamu bisa mendapatkan penanganan yang terbaik dan cepat sehingga terhindar dari risiko atau kemungkinan yang lebih buruk.

4. Meminimalisir Risiko

Premi asuransi kesehatan mungkin terlihat mahal, tapi melihat manfaatnya yang bergitu besar, mau tak mau kita pun berpikir untuk memiliki salah satu produk keuangan satu ini. Sebab seperti yang kita tahu, banyak orang yang kemudian terpuruk dalam keuangan dan bangkrut karen harta dan tabungannya habis untuk biaya pengobatan. Tak sedikit yang mengalami hal ini.

Memiliki asuransi kesehatan adalah salah satu perlindungan yang bisa kamu dapatkan untuk meminimalisir risiko tersebut. Biaya pengobatan yang tinggi menjadi salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan. Tak ada yang bisa memprediksi beberapa tahun ke depan, meski saat ini kita masih sehat. Apalagi dengan banyaknya penyakit yang beragam dan dengan mudah menyerang siapa saja. Minimal dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu dan keluarga akan terlindungi dari kerugian finansial karena harus menjalani pengobatan saat sedang sakit.

Polis asuransi ini mungkin tidak bisa mencegah penyakit yang akan menimpamu, tapi memiliki asuransi kesehatan bisa mengurangi risiko kerugian secara fisik maupun finansial. Apalagi, biaya pengobatan dari tahun ke tahun terus meningkat. Tentu kita tak mau bukan, jika tabungan yang selama ini dikumpulkan habis untuk biaya kesehatan di masa yang akan datang?

5. Menjadi Investasi dan Tabungan

Salah satu manfaat lainnya adalah asuransi kesehatan bisa menjadi investasi dan tabungan buat kamu yang telah membayarkan premi dengan rutin. Pada beberapa perusahaan asuransi, ada produk asuransi kesehatan yang memiliki kebijakan pengembalian dana jika masa perlindungan telah berakhir. Namun kamu juga harus mengetahui apa saja syarat dan ketentuan yang telah disepakati bersama. Jika kamu bisa mengambil dana yang telah kamu bayarkan ini, tentu saja membeli produk asuransi kesehatan sama seperti berinvestasi dan menabung bukan?

Kamu mendapat tabungan dengan jaminan pelayanan kesehatan yang bakal meringankan biaya pengobatan yang naik dari tahun ke tahun. Jika kontrak atau masa perlindungan sudah habis, dana yang ada bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya, atau bahkan modal usaha. Faktor inilah yang membuat kamu harus memiliki asuransi kesehatan.

Memilih Asuransi Kesehatan

Dalam memilih asuransi kesehatan, ada beberapa faktor juga yang perlu kamu pertimbangkan. Salah satunya adalah riwayat kesehatan. Kamu perlu mempertimbangkan seperti apa kondisi riwayat kesehatan kamu dan keluarga tercinta.

Beberapa pertimbangan ini misalnya seperti penyakit bawaan, penyakit turunan dan lain sebagainya. Kalau riwayat keluargamu punya penyakit kritis, maka lebih baik pilih asuransi kesehatan yang memiliki perlindungan dengan penyakit kritis. Saat ini banyak perusahaan asuransi yang memiliki perlindungan penyakit kritis seperti memberikan manfaat harian untuk perawatan rumah sakit dan manfaat pembedahan. Kamu juga bisa memilih manfaat lain atau asuransi tambahan untuk mengantisipasi risiko lainya. Pelajari tiap produk sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat Lainnya

Hal lainnya adalah pekerjaan kamu saat ini. Jika kamu memiliki risiko dalam pekerjaan seperti sering melakukan perjalanan, kamu juga bisa memilih jenis asuransi kesehatan yang sesuai manfaat perlindungannya. Jika kamu sudah memiliki asuransi kesehatan kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli asuransi perjalanan atau asuransi kecelakaan yang akan memberikan kamu perlindungan maksimal.

Jika kamu sudah berkeluarga, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli paket asuransi kesehatan untuk keluarga, selain pencari nafkah utama. Sebaiknya pilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kondisi atau riwayat kesehatan keluarga kamu. Sebab setiap keluarga pastinya akan memiliki kebutuhan layanan kesehatan yang berbeda.

Hal yang Harus Diperhatikan

Jangan lupa untuk memastikan bahwa kamu memang membutuhkan asuransi untuk memberikan proteksi dan perlindungan untuk diri sendiri maupun keluarga. Pastikan juga rekam jejak dari perusahaan asuransi yang akan kamu pilih. Sebaiknya pilih perusahaan asuransi yang terpercaya agar kamu tidak rugi di kemudian hari.

Jika kamu sudah menemukan perusahaan asuransi yang terpercaya, maka hal selanjutnya adalah memahami polis asuransi kesehatan dengan baik. Baca dengan detail polis asuransi yang telah kamu beli dari klaim yang harus dilakukan, manfaat yang akan didapatkan, hingga risiko dari produk asuransi. Dengan mengetahui produk asuransi yang akan kita beli, kita jadi lebih mudah dalam melakukan klaim jika ada hal yang tak diinginkan terjadi.

Saat ini, asuransi kesehatan terbagi menjadi dua, yaitu asuransi kesehatan dari pemerintah yang kita tahu BPJS Kesehatan. Meski kamu telah memiliki BPJS Kesehatan, kamu bisa menambahkan perlindungan maksimal dengan membeli produk asuransi dari perusahaan swasta. Sebab, saat ini ada beberapa penyakit dan layanan yang tidak dijamin oleh BPJS Kesehatan.

Asuransi kesehatan dari perusahaan swasta memungkinkan kamu berobat di luar negeri. Tentunya sesuai dengan pilihan produk asuransi kesehatan dan premi yang telah kamu bayarkan. Sehingga, dengan demikian, kamu bisa mendapatkan manfaat layanan yang lebih luas dan pelayanan kesehatan yang lebih layak dan sesuai dengan kebutuhan.

(Baca Juga: Calon Ibu, Seperti Ini 5 Tips Aman Berpuasa Saat Hamil)

Beberapa perusahaan asuransi swasta juga memberikan asuransi kesehatan dengan pilihan manfaat rawat inap. Sehingga, kamu yang menjalani rawat inap akan mendapatkan perlindungan dan santunan harian yang telah disepakati sebelumnya. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat double claim pada beberapa produk asuransi tertentu.

Karena itu, dengan sederet manfaat asuransi kesehatan yang begitu banyak, sudah saatnya kamu memiliki asuransi kesehatan sekarang juga. Pilih asuransi kesehatan terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan kamu dengan mudah melalui online. Kamu bisa memilih dan membeli produk asuransi sesuai dengan kebutuhan kamu di Cekaja.com.

Tentang kami

Gesti Weningtyas

Gesti Weningtyas