Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Fasilitas One Bill Kartu Kredit, Bagaimana Gunakannya?

by JTO on 21 Juli, 2014

Jika dahulu Anda merasa bingung untuk meluangkan waktu membayar sejumlah tagihan, seperti telepon, listrik air dan sebagainya, kini semua itu tak lagi menjadi kendala dengan adanya fasilitas one bill kartu kredit. Dengan fasilitas tagihan ‘one bill‘ kartu kredit, berbagai tagihan pribadi dan rumah tangga yang dijadikan satu dan dibayarkan melalui tagihan kartu kredit.

Selanjutnya, pihak bank penerbit kartu kredit ini nantinya akan membayarkan semua tagihan Anda. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot bolak balik hanya untuk membayar sejumlah tagihan. (Baca juga: Kartu Kredit Gunakan PIN, Kenali Dulu Faktanya)

Kartu kredit merupakan alat transaksi keuangan yang paling cepat, mudah, dan efisien. Karena itulah, fasilitas one bill ini sangat memudahkan Anda. Namun, sebelum melakukan dan menggunakan fasilitas one bill ini, ada sejumlah hal yang perlu Anda ingat dan cermati. Jangan sampai, fasilitas ini malah membuat Anda terjerat tagihan kartu kredit yang lebih besar. Apa saja yang perlu diperhatikan?

1. Limit Cukup

Fasilitas one bill akan langsung memotong sejumlah limit yang dimiliki kartu kredit Anda sesuai dengan jumlah tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Karena itu, pastikan bahwa limit Anda cukup untuk meng-cover tagihan yang masuk. Sebab, bila limit yang dimiliki kartu kredit Anda ternyata tidak mencukupi karena adanya sejumlah tagihan lain, maka bank akan mengembalikan tagihan itu untuk dibayarkan kepada Anda secara manual. (Baca juga: Mau liburan nyaman dan gratis? Mulai dari tiket pesawat sampai asuransi perjalanan ditanggung oleh tiga kartu kredit ini)

2. Bayar Lunas

Bila menggunakan one bill, Anda harus memastikan bahwa tagihan yang dibebankan dibayar seluruhnya. Entah pembayarannya melalui cara manual (ATM) atau memakai auto debit rekening tabungan. Bayar lunas semua tagihan, jangan sisakan karena tagihan bulan depan akan menjadi beban Anda.

3.Atur Tagihan

Semua tagihan pada kartu kredit Anda menjadi tanggung jawab. Pastikan dan segera menghapus tagihan tertentu dari one bill saat Anda tidak lagi memakai nomor telepon, ponsel, atau Anda sudah pindah rumah (telepon rumah, listrik, televisi kabel dan air). Jangan sampai, Anda sudah pindah rumah, atau tidak memakai nomor telelon yang dimasukkan kedalam one bill, namun tagihan tetap berjalan. (Baca juga: Jangan anggap sepele kebiasaan yang bisa menguras uang Anda)

4. Bayar Lunas Polis

Bagi mereka yang memiliki premi asuransi, sebaiknya langsung mengalokasikan dari pendapatan Anda setiap bulannya. Pastikan Anda membayar premi tiap bulan. Pembayaran penuh tiap bulan dengan one bill kartu kredit terkait premi asuransi memastikan polis pertanggungan Anda berjalan lancar.

Tapi, bila Anda kurang yakin dengan penggunaan kartu ini dan merasa berat jika melihat kemampuan Anda maka jangan masukkan tagihan ini pada one bill kartu kredit. Anda bisa membayar premi asuransi ini seperti biasa. Bayar terpisah dan tunai menyetorkan premi tersebut ke rekening perusahaan asuransi.

Bagaimana? Anda siap menggunakan one bill kartu kredit untuk membayar semua tagihan. Tapi jangan sampai memaksakan kehendak. Pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Mungkin fasilitas one bill memang bisa memudahkan Anda, namun dapat juga menyesatkan dan menyesakkan diri. Semua ini dikembalikan pada Anda. (*)

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami