Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini Feng Shui 4 Cara Menata Rumah di Tahun Tikus Logam Agar Beruntung

by Miftahul Khoer on 29 Januari, 2020

Tahun 2020 menjadi tahun Tikus Logam dalam kalender China. Untuk menyambut keberuntungan di tahun ini, mereka yang percaya pada feng shui pasti tidak akan melewatkan kesempatan menata kembali rumahnya.

feng shui dapur

Menurut feng shui, sebuah rumah ditempatkan berdasarkan energi periode 20 tahunan yang mempengaruhi peruntungan penghuninya dalam jangka panjang.

Pada saat yang bersamaan, rumah juga membutuhkan energi yang cepat dan singkat yang memberikan efek yang lebih dominan. Hal ini harus dilakukan demi keberuntungan, termasuk dari sisi keuangan, keharmonisan, vitalitas, dan kesehatan yang selalu prima setiap tahunnya.

Lantas, apa saja 4 tata rumah yang harus dibenahi di tahun Tikus Logam?

1. Kebersihan Rumah

Sebelum melangkah pada bagaimana mengatur tata letak barang-barang di dalam rumah, hal pertama yang harus diutamakan adalah kebersihan. Apalagi rumah yang bersih akan memberikan energi alam atau qi yang memberikan rasa harmonis kepada penghuninya.

Tak hanya dalam ruangan, bagian luar rumah juga kerap terabaikan. Padahal area luar rumah juga sama pentingnya karena menjadi sumber energi atau qi yang akan masuk ke dalam rumah. Area luar bersih maka kualitas Qi akan bagus, area luar rapi maka qi akan leluasa untuk masuk ke dalam rumah.

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menumpuk barang sembarangan, pastikan beberapa area di dalam rumah, terutama bagian depan lapang, bersih, dan rapi. Termasuk rak sepatu di depan tata dengan rapi.

Tahun baru ini, tidak ada salahnya juga membersihkan bercak tembok di rumah. Selain demi keindahan, tembok yang bersih dan terbebas dari jamur juga akan memberikan kesehatan bagi penghuni rumah.

(Baca juga: Tanda AC Rumah Harus Diservis, Jangan Tunggu Kompresornya Rusak)

Kalau kamu suka bercocok tanam, pastikan hanya tanamanan yang tumbuh subur yang disimpan di depan rumah. Adapun tanaman yang mati segera buang saja agar tidak merusak keindahan.

Selain itu, pastikan tidak ada sampah yang menumpuk di bagian depan rumah apalagi pintu utama, selain soal keindahan, faktor kesehatan adalah yang utama.

2. Memastikan Sirkulasi Udara dalam Keadaan Baik

Hal yang paling dasar dalam feng shui ialah rumah harus memiliki sirkulasi udara yang bagus dan memadai. Setiap hari buka jendela dan pintu agar udara masuk membawa oksigen yang menyehatkan penghuninya.

Kalau fisiknya sehat, otomatis pikiran juga bisa berfungsi dengan baik untuk memutuskan banyak hal termasuk soal bisnis atau investasi.

Ternyata menurut ahli Feng Shui, tidak ada masalah ke manapun arah hadap rumah karena yang terpenting ialah menjaga sirkulasi udara di rumah tetap berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, cobalah untuk lebih banyak membuka pintu dan jendela apalagi saat hari tengah cerah.

3. Meletakkan Benda dengan Benar

Feng shui juga mengatur soal tata letak benda. Untuk memastikan benda diletakkan dengan benar pun ada caranya. Berdirilah di tengah ruangan sesuai dengan arah mata angin merujuk pada petunjuk kompas dengan kisaran 315 derajat sampai 0 derajat. Disarankan bisa letakkan kipas angin di sebelah Utara yang mengarah ke dalam rumah.

Lalu nyalakan kipas angin tiap pagi yang bisa menggerakkan energi secara harmonis, kemudian lampu LED bisa dipilih dengan warna keberuntungan seperti merah, pink, atau ungu di bagian Utara.

Adapun warna rumah yang cocok pada tahun ini disarankan yang memiliki warna teduh dan halus di antara warna hijau, biru dan abu-abu. Ketiga warna tersebut sangat cocok untuk 2020 karena dapat meningkatkan keberuntungan dan meningkatkan energi.

Sebab Qi atau energi positif yang kuat memancar tahun ini datang dari bagian Barat Daya dan Barat rumah atau kantor, sehingga warna yang cocok dengan dua arah mata angin tersebut adalah tiga yang disebutkan di atas.

4. Posisi Tempat Tidur

Gangguan kesehatan bisa muncul karena letak tempat tidur yang tidak sesuai. Sebab, tempat tidur dipakai setidaknya tujuh hingga delapan jam sehari.

Adapun hal dasar dalam mengatur letak tempat tidur adalah pada saat kita tidur bisa melihat pintu masuk, jadi siapa pun yang datang bisa terlihat. Atau untuk rumah dengan lantai satu disarankan juga tidak membelakangi jendela. Jangan pula kita tidur langsung menghadap ke pintu masuk secara langsung.

(Baca juga: Tips Punya Rumah di Luar Negeri Seperti Nia Ramadhani)

Pastikan angin yang masuk mengalir harmonis seimbang tidak terlalu pengap tapi juga tidak terlalu kencang. Energi kurang harmonis dipicu oleh faktor sirkulasi udara yang kurang baik.

Sudah siap untuk merenovasi rumah sesuai feng shui di tahun Tikus Logam? Kalau butuh dana untuk merenovasi rumah, manfaatkan saja Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang bisa kamu pilih dan ajukan sesuai kebutuhan lewat CekAja.com. Prosesnya cepat, syaratnya mudah. Ajukan sekarang juga!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.