10 Rekomendasi Film Anak Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton!

Banyak film anak terbaik sepanjang masa yang bisa kamu tonton bersama anak dan keluarga. Mengisi waktu bersama anak dan keluarga dengan menonton film, tentu menjadi hal yang menyenangkan.

10 Rekomendasi Film Anak Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton!

Selain membuat hati menjadi senang, dengan menonton film juga bisa berpengaruh terhadap karakter anak loh.

Oleh sebab itu, kamu perlu memilah sebuah film sebelum ditonton bersama anak. Banyak film anak yang cocok dan memiliki pesan baik untuk anak.

Berikut ini, CekAja telah membuat rekomendasi film anak terbaik sepanjang masa, yang bisa kamu tonton dan nikmati. Yuk, Simak!

Daftar Rekomendasi Film Anak Terbaik Sepanjang Masa

1. Coco

Rekomendasi film anak terbaik sepanjang masa pertama adalah Coco. Film karya Studio Pixar dan Walt Disney Pictures ini tayang tahun 2017, dan memiliki rating 8.4/10 di IMDb.

Film Coco bercerita tentang seorang anak bernama Miguel Rivera, yang tinggal bersama keluarga berserta neneknya di Meksiko.

Miguel sangat suka bermain musik, bahkan ia bermimpi menjadi musisi seperti Ernesto de la Cruz, seorang bintang film dan penyanyi yang populer.

Tetapi, mimpi tersebut ditentang oleh keluarganya yang membenci musik, akibat pengalaman pahit dari leluhur mereka di masa lalu.

Tidak menyerah dengan mimpinya, Miguel tetap menyukai musik. Bahkan, saat ingin mengikuti pertunjukan bakat pada malam perayaan, sang nenek menghancurkan gitar miliknya.

Melihat hal tersebut tidak memuat Miguel menyerah. Ia mengunjungi makam Ernesto dan berniat meminjam gitar tersebut.

Tapi siapa sangka, tindakannya ini ternyata membuatnya terjebak di Land of the Dead atau dunia orang mati.

Dari sini, Miguel kemudian mencari tahu sejarah keluarganya, dan mulai mengetahui alasan mengapa keluarganya membenci musik.

2. Frozen

Saat ini siapa yang tidak tahu Frozen? Frozen juga masuk kedalam rekomendasi film anak terbaik sepanjang masa yang wajib kamu tonton.

Film animasi karya Disney ini tidak perlu diragukan soal kualitasnya. Film ini lebih banyak bercerita tentang hubungan saudara di suatu kerajaan.

Kakak beradik yang tinggal di kerajaan tersebut bernama Elsa dan Anna. Awalnya, hubungan keduanya baik-baik saja, layaknya kakak dan adik.

Elsa memiliki kekuatan ajaib yang tidak dimiliki oleh Anna, yaitu mampu mengeluarkan salju. Suatu hari, keduanya sedang bermain salju buatan Elsa, dan kecelakaanpun terjadi.

Dari hari itu, Elsa menjadi takut bermain bersama sang adik, Ia takut jika suatu saat melukainya kembali.

Suatu ketika kedua orang tua Elsa dan Anna pergi berlayar, dan kecelakaan yang menyebabkan keduanya meninggal.

Sebagai sang kakak, Elsapun akhirnya ditunjuk sebagai penerus ratu. Dari sinilah petualangan Anna dan Elsa bermulai.

Memberikan kisah yang seru dan penuh tawa, Frozen mampu ditonton oleh banyak anak-anak. Ratingnya-pun mencapai 7.5/10 di IMDb.

3. Nussa

Selanjutnya, ada film kartun buatan Indonesia yang masuk dalam rekomendasi film anak terbaik sepanjang masa dan wajib kamu tonton, film tersebut adalah Nussa.

Film ini diadaptasi dari web series Nussa, yang sudah tayang di YouTube sejak tahun 2018. Film Nussa ini juga baru tayang akhir tahun 2021.

Film ini bercerita tentang anak laki-laki bernama Nussa, yang akan bersaing dengan Jonni di kompetisi sains di sekolah.

Nussa merupakan anak yang pantang menyerah dalam meraih mimpinya. Meskipun Jonni anak yang pintar dan memiliki alat-alat yang lebih canggih, hal itu tidak menurunkan semangat Nussa.

Selain melihat sosok Nussa, kamu juga akan bertemu dengan Rara, yang merupakan adik Nussa, berserta teman-teman lainnya.

(Baca Juga: 8 Film Superhero yang Rilis 2022)

4. Zootopia

Zootopia merupakan film yang rilis pada tahun 2016 dan disukai banyak orang. Di film ini, kita akan melihat perjuangan seekor kelinci bernama Judy Hopps yang memiliki mimpi menjadi seorang polisi di kota Zootopia.

Zootopia sendiri merupakan kota modern yang ditinggali oleh berbagai jenis hewan. Untuk mencapai mimpinya ini, Judy harus melewati berbagai rintangan.

Tidak jarang dirinya diremehkan oleh setiap hewan. Bahkan, di tugas awalnya sebagai polisi, ia ditugaskan sebagai petugas parkir.

Suatu hari, kota Zootopia mendapatkan kasus cukup besar dengan menghilangnya banyak hewan. Dari sini, Judy menunjukkan bahwa dirinya mampu menangani kasus tersebut.

Memberikan keyakinan diri Judy, sang atasan pun memberikan waktu 48 jam untuk memecahkan kasus hilangnya seekor berang-berang. Jika Ia tidak mampu, maka Ia harus mundur dari kepolisian.

Judy akhirnya bekerja sama dengan seekor rubah bernama Nick Wilde untuk memecahkan kasus. Di film ini, anak-anak akan mengerti hasil dari kerja keras dan pantang menyerah.

5. Luca

Film anak terbaik sepanjang masa selanjutnya adalah Luca. Film yang baru tayang di tahun 2021 ini, menceritakan tentang persahabatan anak laki-laki bernama Luca dan sahabatnya monster laut bernama Alberto.

Setelah bersenang-senang dengan sahabat barunya, sebuah rahasia besar terungkap. Ternyata, Luca juga bukan seorang manusia. Ia merupakan monster laut yang ditakuti oleh penduduk desa.

Menghindari dirinya di buru penduduk desa, akhirnya Luca dan Alberto harus keluar rumah dan menyembunyikan jati diri mereka.

Di film Luca ini, kamu akan menyaksikan berbagai petualangan menarik yang cocok untuk ditonton oleh keluarga. Film ini juga mendapatkan rating 7.5/10 di IMDb.

6. Raya and The Last Dragon

Mengandung nuansa Asia, film Raya and The Last Dragon menjadi film cukup menarik perhatian anak-anak Indonesia.

Film ini berlatar belakang di Kumandra. Dimana naga dan manusia hidup berdampingan dan cukup harmonis.

Namun, kehidupan ini diganggu oleh kekuatan jahat yang dikenal sebagai Druun. Perbuatan jahat Druun yaitu mengubah manusia dan naga menjadi batu.

Naga pun mengorbankan diri untuk menyelamatkan umat manusia. Sejak kejadian itu, keadaan menjadi damai.

Namun, setelah 500 tahun kemudian, bola naga tempat menyimpannya perlindungan para naga jauh dan pecah. Hal ini membuat sihir jahat kembali muncul.

Raya, sebagai anak yang tinggal di Kumandra, akhirnya turut membantu menyelamatkan rakyat dari Druun. Tidak sendirian, Ia dibantu juga dengan seekor naga.

7. Inside Out

Inside Out bercerita tentang beberapa karakter emosi seorang gadis remaja bernama Riley. Emosi ini ada emosi bahagia, sedih, malu, marah, dan juga takut.

Suatu hari, Riley harus berpindah kota mengikuti kepindahan ayahnya. Kepindahan inilah yang membuat Riley harus menyesuaikan diri. Emosi gelisah, takut, dan juga bahagia bercampur aduk.

8. Moana

Moana merupakan film petualangan musikal yang rilis tahun 2016. Bercerita tentang seorang putri cantik bernama Moana yang nantinya menjadi pemimpin pulau Motunui di Polinesia.

Masyarakat di pulau Motunui memiliki batasan di laut, mereka tidak boleh melewati batas yang telah ditentukan. Sebab, konon katanya akan terjadi sesuatu hal yang buruk.

Tetapi, Moana selalu penasaran dengan apa yang terdapat di lautan lepas. Suatu hari, pulau Montunui memiliki masalah yang membuat Moana meminta bantuan kepada Demi Te Fiti, yang merupakan dewi.

Untuk bertemu Demi Te Fiti, mengharuskan Moana untuk berlayar ke laut lepas. Dari sinilah petualangan Moana dimulai.

9. Sing

Rekomendasi film anak terbaik sepanjang masa selanjutnya adalah Sing. Bahkan, Sing 2 baru saja muncul di awal tahun 2022 ini.

Film ini cocok untuk meningkatkan semangat dan kepercayaan diri. Pasalnya, selama berjalannya film, kamu akan melihat perjuangan para hewan untuk menjalankan kontes menyanyi.

Mulai dari yang awalnya malu untuk tampil, hingga akhirnya percaya diri dan mampu bernyanyi dengan baik di depan ribuan penonton.

10. Finding Nemo

Tayang tahun 2003, film Finding Nemo hingga kini tetap menjadi film anak terbaik yang sudah banyak ditonton. Tidak hanya anak-anak, orang dewasapun suka dengan film satu ini.

Film ini mengisahkan perjuangan seorang ayah ikan badut, yang mencari anaknya bernama Nemo yang hilang di laut lepas.

Sang ayah bernama Marlin, ditemani temannya bernama Dory, berjuang mencari Nemo. Perjalanan berlangsung dengan lama dan panjang, bahkan mereka harus berjuang melewati lautan yang gelap.

(Baca Juga: 8 Film tentang Difabel yang Memotivasi)

Nonton Seru Film Anak Secara Legal!

Nah, itu dia beberapa rekomendasi film anak terbaik sepanjang masa yang bisa kamu tonton bersama anak dan keluarga.

Untuk lebih seru dan nyaman, kamu bisa menonton berbagai film ini secara legal di berbagai tempat. Mulai dari Disney+, Netflix, dan sebagainya.

Menikmati film di berbagai tempat tersebut, umumnya, kamu harus berlangganan terlebih dahulu. Cara berlangganan ini cukup mudah, bahkan tersedia berbagai cara.

Salah satunya adalah berlangganan dengan membayar melalui kartu kredit. Nah, apakah kamu sudah punya kartu kredit untuk berlangganan nonton film?

Jika belum, kamu bisa dapatakn kartu kredit ini dengan mudah melalui CekAja.com. Di sana, produk kartu kredit ada banyak jenis yang bisa kamu pilih.

Agar tidak bingung dalam memilih, kamu bisa melakukan perbandingan antar kartu kredit yang telah disediakan oleh CekAja.com.

Tunggu apalagi? Yuk segera miliki kartu kredit, dan mulai nonton film!