10 Film Bertema Kesehatan Mental yang Paling Direkomendasikan

8 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Menonton film bertema kesehatan mental, bisa menjadi salah satu media terbaik untuk sedikit mengenal dan belajar tentang kesehatan mental. Karena biasanya, film dengan tema tersebut menyajikan jalan cerita yang lengkap, mulai dari penyebab timbulnya masalah kesehatan mental, hingga cara penyelesaiannya.

Nah, untuk daftar film bertema kesehatan mental pun ada sangat banyak yang bisa ditonton, baik itu film dari Indonesia maupun film internasional.

Jika penasaran apa saja film bertema kesehatan mental tersebut, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa rekomendasi, dan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

10 Film Bertema Kesehatan Mental

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kalau kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa rekomendasi film bertema kesehatan mental.

Yang mana, film dengan tema tersebut pada dasarnya ada sangat banyak. Namun untuk memudahkanmu mengetahui apa saja daftar film bertema kesehatan mental, di bawah ini CekAja.com telah merangkum 10 di antaranya, yang terdiri dari:

1. Black Swan

Tahun rilis: 2010

Rating IMDb: 8,0/10

Film bertema kesehatan mental yang patut ditonton pertama, yaitu Black Swan. Film besutan sutradara Darren Aronofsky ini, bercerita tentang seorang balerina bernama Nina Sayers (Natalie Portman), yang mengalami halusinasi dan anoreksia akibat tekanan yang didapat dari kerasnya persaingan di dunia balerina.

Tekanan tersebut pun kian parah, yang disebabkan oleh ambisinya yang sampai merusak kuku kakinya, hanya untuk mendapatkan peran menjadi Black Swan.

Dari jalan cerita yang disajikan itu, dapat dilihat kalau secara tidak langsung film ini memberikan gambaran dari efek ambisi, yang tidak dibarengi dengan stabilnya kondisi mental, membuat kondisi fisik dan mental seseorang terpuruk.

Karena banyaknya konflik yang disajikan, maka menonton film yang satu ini cukup membuat kamu dan penonton lainnya menguras pikiran, serta emosi dalam waktu yang bersamaan.

(Baca Juga: Film Bertema Dunia Kedokteran)

2. Cyberbully

Tahun rilis: 2015

Rating IMDb: 6,8/10

Berikutnya ada film Cyberbully, yang juga menjadi film bertema kesehatan mental, yang tak boleh dilewatkan.

Bagaimana tidak, pasalnya film yang satu ini memiliki cerita yang bisa dijadikan salah satu gambaran, dari banyaknya kejadian serta kejahatan yang terjadi di media sosial.

Lebih tepatnya, film ini berkisah tentang seorang remaja bernama Casey, yang berusaha melindungi dan membela sahabatnya yang bernama Megan, karena mendapat serangan dan pencemaran nama baik dari mantan kekasihnya, Nathan yang tidak terima hubungannya bersama Megan harus kandas.

Nathan selaku mantan kekasih Megan, menunjukkan sikap tidak terimanya dengan melakukan berbagai kejahatan digital, melalui media sosial Twitter.

Akibat dari perlakukan jahat Nathan, kondisi jiwa Meghan pun pada saat itu sangat terguncang.

Casey yang jadi sahabatnya pun tidak terima, dan segera menghubungi kerabatnya Alex untuk meretas akun Nathan.

Nah dari jalan cerita tersebut dapat dilihat dan diambil kesimpulan, kalau setiap pengguna media sosial diharuskan untuk selalu menjaga ucapannya, karena hal itu sangat penting dan berdampak pada kesehatan mental seseorang.

3. Joker

Tahun rilis: 2019

Rating IMDb: 8,5/10

Bukan lagi rahasia umum, apabila Joker menjadi salah satu film bertema kesehatan mental terbaik yang wajib ditonton.

Rilis pada 2019, film ini memiliki jalan cerita yang mengangkat kisah kelam nan gelap, dari kehidupan seorang badut bernama Arthur Fleck.

Yang mana, Arthur Fleck ini adalah seseorang yang sulit berinteraksi dengan banyak orang, sering mendapatkan perilaku bully karena penampilannya yang buruk, sering tertawa sendiri, dihina, bahkan keberadaannya yang sering tak dianggap.

Karena mendapat banyak perlakuan tersebut, akhirnya Arthur Fleck terpicu untuk melakukan sesuatu yang jahat, yang selama ini dipendam dan akhirnya meledak di satu waktu secara bersamaan.

Melihat jalan cerita dan kisah hidup Arthur Fleck, atau yang dikenal dengan Joker ini, kalau setiap manusia diharuskan untuk menghargai semua profesi dan pribadi seseorang yang terlihat baik-baik saja.

Karena meski begitu, belum tentu kondisi asli orang tersebut baik-baik saja, seperti yang orang itu perlihatkan ke khalayak umum.

4. Gone Girl

Tahun rilis: 2014

Rating IMDb: 8,1/10

Selain tiga film di atas, Gone Girl juga menjadi bagian dari film bertema kesehatan mental rekomendasi CekAja.com, yang sayang untuk dilewatkan.

Hal itu karena, film yang diperankan oleh Ben Affleck dan Rosamund Pike ini, bercerita tentang pasutri yang sudah menikah selama lima tahun.

Di mana, pasutri ini memiliki hubungan pernikahan yang sangat harmonis, sampai akhirnya hal itu berubah ketika sang suami, yaitu Nick diketahui selingkuh.

Pada saat itu, Amy selaku istri tidak tinggal diam dan merencanakan aksi balas dendam yang cukup parah, karena membuat Nick seolah-olah terlihat menjadi seorang pembunuh.

Rencana yang dibuat Amy tersebut terbilang cukup parah dan licik, karena dibuat hanya menggunakan kecerdasan saja, tidak dibarengi dengan kondisi kesehatan mental yang stabil.

5. The Perks of Being a Wallflower

Tahun rilis: 2012

Rating IMDb: 8,0/10

Siapa di antara kamu yang sudah menonton film The Perks of Being a Wallflower? Jika belum, film bertema kesehatan mental yang satu ini, berkisah tentang luka dan trauma masa lalu Charlie (Logan Lerman), yang pernah mengalami pelecehan seksual oleh temannya sendiri.

Ya, film ini menceritakan kisah Charlie, ketika remaja yang tidak percaya diri dan pendiam. Adanya trauma masa lalu yang dimiliki Charlie, yaitu mendapat pelecehan seksual oleh perempuan, membuatnya mengalami depresi klinis.

Namun, trauma itu perlahan membaik, ketika Sam (Emma Watson) dan kakak tirinya Patrick (Ezra Miller) hadir ke dalam kehidupannya. Sejak saat itu, Charlie mulai membuka diri dan diam-diam menyukai Sam.

6. A Beautiful Mind

Tahun rilis: 2001

Rating IMDb: 8,2/10

Meski sudah lama dirilis, namun film bertema kesehatan mental yang satu ini wajib ditonton bersama keluarga.

A Beautiful Mind sendiri memiliki kisah yang diadaptasi dari kisah nyata. Yang mana, film ini berfokus pada kehidupan John Forbes Nash, Jr. (Russel Crowe), seorang ahli matematika yang hidup bersama dengan skizofrenia.

Buat kamu yang belum tahu, skizofrenia ini merupakan gangguan mental yang membuat para penderitanya mengalami halusinasi, delusi, pikiran yang kacau dan perubahan perilaku dalam jangka panjang.

Nah dalam film ini, semua hal yang dialami penderita skizofrenia sepanjang hidupnya tersebut, disajikan dengan sangat jelas dan lengkap, termasuk paranoia dan delusinya yang membuat karier menjanjikannya berubah, serta sangat berpengaruh terhadap hidupnya.

7. Silver Lining Playbook

Tahun rilis: 2012

Rating IMDb: 7,7/10

Silver Lining Playbook merupakan satu di antara sekian banyak film bertema kesehatan mental, yang bercerita tentang seseorang bernama Pat Saltino (Bradley Cooper) yang menderita bipolar.

Setelah keluar dari rumah sakit jiwa, akibat perlakuannya yang sadis memukuli selingkuhan istrinya hingga nyaris tewas, Pat Saltino bebas dan melanjutkan kehidupannya dengan tinggal bersama orang tuanya.

Selama melanjutkan hidupnya, ia sempat berpikir dan berniat untuk rujuk dengan mantan istrinya, untuk kembali menjalin kisah baru di rumah tangganya.

Dari cerita yang disajikan, film ini mengajak para penontonnya untuk ikut merasakan apa yang dirasakan oleh Pat Saltino.

Sehingga, nantinya para penonton dapat lebih sadar dengan lingkungan sekitar, dan orang-orang yang menderita bipolar untuk tidak bersikap seenaknya.

8. Still Alice

Tahun rilis: 2014

Rating IMDb: 7,5/10

Film bertema kesehatan mental yang selanjutnya, yaitu Still Alice. Mendapat rating IMDb 7,5/10, film ini cocok untuk ditonton bagi kamu yang ingin mengetahui lebih dalam, mengenai penyakit Alzheimer.

Pasalnya, film ini mengisahkan tentang perjalanan seorang profesor linguistik, yang diperankan oleh Julianne Moore, pada saat dihadapkan dengan diagnosa penyakit Alzheimer awal.

Selama didiagnosa penyakit tersebut, hingga ketika ingatannya perlahan memudar, Julianne Moore tetap berjuang untuk menjaga kehidupannya agar teratur seperti biasa.

Dan selama mengidap penyakit tersebut, ia memiliki anggota keluarga yang selalu ada disisinya dan berupaya menyemangati dan mendukung dirinya, hingga orang-orang yang tidak bisa lagi melihat keadaannya yang semakin memburuk.

9. Melancholia

Tahun rilis: 2011

Rating IMDb: 7,2/10

Di urutan kesembilan ada film Melancholia, yaitu film besutan sutradara sekaligus penulis naskah bernama Lars von Trier.

Diperankan oleh Kirsten Dunst, Charlotte Gainsbourg dan Kiefer Sutherland, film ini bercerita tentang kehidupan dua kakak beradik bernama Justine (Kirsten Dunst) dan Claire (Charlotte Gainsbourg), sebelum planet Melancholia menyerang bumi.

Sejatinya, film ini terbagi menjadi dua bagian. Yang mana, bagian pertama film ini lebih bercerita tentang kepribadiannya Justine, yang selama ini mengalami depresi melalui resepsi pernikahannya.

Sementara itu, bagian kedua film ini bercerita tentang Claire dengan gangguan kecemasannya, atau yang lebih dikenal dengan sebutan anxiety disorder.

Namun dari kedua bagian tersebut, fokus film ini tetap tertuju pada gangguan kesehatan mental yang dialami kedua karakter utamanya, serta respon dan cara mereka menghadapi kehancuran dunia yang sangat dekat, bahkan ada di depan mata.

10. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Tahun rilis: 2020

Rating IMDb: 7,4/10

Film bertema kesehatan mental yang terakhir, yaitu Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama itu, berkisah tentang sebuah keluarga, yang setiap anggota keluarganya memiliki karakteristik yang berbeda.

Ketika menonton film ini, sekilas kamu mungkin hanya berpikir kalau konflik yang terjadi dalam film ini adalah konflik keluarga pada umumnya.

Namun ternyata dibalik itu, terdapat trauma masa lalu yang dimiliki sang ayah. Trauma tersebut dipendam selama bertahun-tahun, sampai akhirnya memberikan pengaruh kepada ketiga anaknya, dan di kemudian trauma itu meledak serta diketahui seluruh anggota keluarga.

Film ini memiliki pesan moral tersirat yang sangat bagus untuk diketahui oleh setiap anggota keluarga, baik ayah, ibu dan anak-anak. Sehingga, film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI), cocok sekali ditonton bersama keluarga.

(Baca Juga: Film Terbaik Tentang Hari Ibu)

Itulah beberapa rekomendasi film bertema kesehatan mental, yang sudah kamu ketahui dan wajib ditonton.

Semua film tersebut, tentunya bisa ditonton di semua layanan streaming film, seperti Netflix, Iflix, Viu dan lain sebagainya.

Agar pengalaman menonton semakin seru, dan tidak terganggu oleh iklan, kamu bisa berlangganan layanan tersebut terlebih dahulu.

Tentunya untuk bisa berlangganan tidak gratis, kamu perlu membayar sejumlah biaya per bulannya.

Untuk memudahkan proses pembayaran, kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

Cukup memasukkan beberapa data yang dibutuhkan aplikasi layanan streaming tersebut, lalu menunggu konfirmasi kalau layanan mu sudah disetujui, kemudian kamu sudah bisa menggunakannya untuk menonton film dengan puas.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, yuk segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit yang bisa kamu pilih, sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani