10 Film Indonesia yang Pernah Tayang di Luar Negeri, Film Joko Anwar Mendominasi!

Dari sekian banyak film Indonesia terbaik, ada beberapa film Indonesia yang pernah tayang di luar negeri, bahkan mendapat sejumlah penghargaan. Ini tentu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Indonesia.

Pasalnya, masuknya film-film Indonesia ke kancah internasional, merupakan suatu apresiasi terindah bagi karya anak bangsa.

Apalagi, bisa masuk dalam nominasi internasional dan menerima sejumlah penghargaan, tentu ini sebuah harga yang tidak bisa diganti dengan apapun.

Semua kerja keras, usaha, tenaga, dan lain sebagainya yang diberikan untuk sebuah film, terbayarkan dengan apresiasi dari para penikmat film di seluruh dunia.

Maka dari itu, tak jarang film Indonesia yang pernah tayang di luar negeri, sangat dinantikan kehadirannya di bioskop Indonesia.

Jika kamu ingin tahu apa saja film Indonesia yang pernah tayang di luar negeri, pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan memberikan sejumlah daftarnya yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Daftar Film Indonesia yang Pernah Tayang di Luar Negeri

Untuk membayar rasa penasaranmu, kali ini CekAja.com akan memberikan sejumlah daftar film Indonesia yang pernah tayang di luar negeri.

Dari sekian banyak film Indonesia yang ada dan pernah tayang di luar negeri, di bawah ini CekAja.com telah merangkum 10 di antaranya yang terdiri dari:

1. Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak

Tahun rilis: 2017

Film Indonesia yang pernah tayang di luar negeri pertama, yaitu Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak.

Disutradarai oleh Mouly Surya, film ini sukses diputar dan disebut namanya berulang kali, di sejumlah festival internasional.

Sebelum tayang di Indonesia, film yang diperankan oleh Marsha Timothy ini, perdana diputar di Directors Fortnight Festival Film Cannes 2017.

Kemudian, film ini baru ditayangkan secara perdana di Indonesia pada 16 November 2017.

Namun, ini bukanlah akhir perjalanan keliling dunia film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak.

Sebab, satu tahun berikutnya film ini diputar di 18 negara, dan sukses memborong piala di Festival Film Indonesia.

Bahkan menariknya, film ini hampir masuk seleksi untuk nominasi Oscar. Sangat membanggakan, bukan?

(Baca Juga: Film Kontroversial Indonesia yang Dilarang Tampil)

2. Pengabdi Setan

Tahun rilis: 2017

Berikutnya ada Pengabdi Setan, yang juga masuk ke dalam daftar film Indonesia yang pernah tayang di luar negeri.

Meski film bergenre horror ini adalah film yang digarap ulang oleh Joko Anwar, namun Pengabdi Setan sukses masuk ke kancah internasional.

Bahkan, film yang diperankan oleh Tara Basro ini, menuai banyak pencapaian luar biasa, salah satunya yaitu mendapat penghargaan Film Terbaik di ajang Overlook Film Festival 2018.

3. Siti

Tahun rilis: 2014

Selain dua film di atas, ada juga film Siti yang masuk ke daftar film Indonesia yang pernah tayang di luar negeri, versi CekAja.com.

Film yang rilis pada 2014 ini bisa dibilang sangat menarik, karena berhasil menggebrak dunia perfilman Indonesia.

Hal tersebut bisa dilihat dari pencapaiannya, yang berhasil memenangkan piala Citra 2015. Di mana, film ini tidak pernah sekalipun tayang di Indonesia.

Belum selesai sampai disitu, film ini pun telah melanglang buana ke tujuh festival internasional, dan meraih segudang penghargaan.

Untuk penayangannya sendiri, Siti pertama kali tayang di Singapore International Film Festival pada 2014.

Kemudian dilanjut di beberapa negara lainnya, seperti China, Taiwan, Amerika Serikat, Kanada, Jerman dan Polandia pada 2015.

Setelah puas melanglang buana ke banyak negara, akhirnya film Siti berhasil ditayangkan di bioskop Indonesia pada 28 Januari 2016, setelah terlilit masalah sensor.

4. Laskar Pelangi

Tahun rilis: 2009

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu film Laskar Pelangi? Sepertinya tidak ada. Film yang meledak di tahun rilisnya tersebut, berhasil masuk ke kancah internasional.

Hal itu dibuktikan dari pencapaiannya, karena berhasil meraih penghargaan dari International Festival of Film for Children and Young Adults di Hamedan, Iran sebagai The Golden International Film.

Pencapaian tersebut, tentunya sangat sesuai dengan jalan cerita yang disajikan, akting para pemainnya, pemandangan khas kota Bangka, serta kota Belitung yang juga menarik perhatian dunia.

Buat kamu yang belum tahu, film besutan Riri Riza yang diadaptasi dari novel dengan judul serupa karya Andrea Hirata ini, bercerita tentang kehidupan 10 anak di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitung, yang penuh keterbatasan.

5. Kucumbu Tubuh Indahku

Tahun rilis: 2018

Di urutan kelima ada film Kucumbu Tubuh Indahku. Menjadi salah satu film Indonesia yang pernah tayang di luar negeri, film ini bercerita tentang penari lengger.

Namun sayang, film besutan Garin Nugroho ini tidak bertahan lama di bioskop Indonesia, karena dinilai mengundang kontroversi.

Padahal, film Kucumbu Tubuh Indahku lah yang membuat Garin Nugroho dan tim mendapat banyak ucapan selamat dan prestasi membanggakan.

Satu hal yang menarik, yaitu film ini ternyata pertama kali diputar di Festival Film Internasional Venesia ke-75. Kemudian, dilanjut diputar di Festival Tiga Benua Nantes.

Sementara untuk Indonesia, film Kucumbu Tubuh Indahku pertama kali ditayangkan pada 13 Desember 2018, di Jogja-NETPAC Asian Film Festival.

Film ini berhasil memenangkan Piala Citra dengan kategori “Film Terbaik” di FFI 2019, serta mewakili Indonesia dalam seleksi nominasi Oscar.

6. A Copy of My Mind

Tahun rilis: 2015

Meski asing terdengar di telinga masyarakat Indonesia, namun film A Copy of My Mind merupakan film Indonesia yang pernah tayang di luar negeri.

Ya, film yang diperankan oleh Tara Basro dan Chicco Jerikho ini, banyak diputar di festival internasional, di antaranya yaitu Busan Film Festival, Venice Film Festival dan Toronto Film Festival pada 2015.

Belum selesai sampai disitu, pencapaian film Garapan Joko Anwar pun berlanjut di Indonesia. Sebab di tahun yang sama, film ini berhasil menyabet tiga Piala Citra, yaitu untuk kategori “Sutradara Terbaik”, “Penata Suara Terbaik”, dan “Pemeran Utama Wanita Terbaik” di Festival Film Indonesia.

7. Gundala

Tahun rilis: 2019

Lagi-lagi Joko Anwar menunjukkan kemampuan dan keunggulannya sebagai sutradara, melalui film Gundala.

Film superhero asal Indonesia yang diadaptasi dari komik buatan Harya Suraminata ini, berhasil masuk ke kancah perfilman internasional.

Hal tersebut karena, film ini ditayangkan langsung di Toronto International Film Festival 2019.

Berkat penayangannya tersebut, film yang diperankan oleh Abimana Aryasatya ini bisa bersaing dengan beberapa film Hollywood, seperti Radioactive, Knives Out, dan Joker dalam People’s Choice Award.

8. Rumah Dara

Tahun rilis: 2009

Selanjutnya ada Rumah Dara, yang juga masuk ke dalam daftar film Indonesia yang pernah tayang di luar negeri.

Dimainkan oleh aktris Shareefa Daanish, film bergenre thriller ini patut diacungi jempol.

Pasalnya, film ini berhasil membuat para penonton di seluruh dunia merasa deg-degan, dengan alur cerita dan akting para pemainnya.

Melalui film ini, Mo Brothers selaku sutradara menuai banyak pujian dan penghargaan, yaitu penghargaan di Puchon International Fantastic Film Festival 2009 di Korea Selatan.

9. Turah

Tahun rilis: 2016

Siapa di antara kamu yang pernah mendengar film Turah? Jika belum, yuk berkenalan terlebih dahulu!

Turah merupakan film Indonesia yang bercerita tentang kerasnya persaingan hidup masyarakat di Kampung Tirang, Kota Tegal.

Film ini termasuk film yang sangat menarik, karena disajikan menggunakan bahasa Tegal, yang mana itu adalah bahasa daerah di Indonesia.

Maka dari itu, tidak heran apabila film ini berhasil meraih banyak prestasi internasional, di antaranya yaitu Geber Award dan Netpac Award dalam Jogja-NETPAC Asian Film Festival, serta Singapore International Film Festival 2016.

Namun sayangnya, di Indonesia sendiri film ini baru bisa ditayangkan pada 16 Agustus 2017.

Dan mirisnya, film yang mendapat banyak penghargaan di luar negeri ini, malah sepi penonton.

10. 27 Steps of May

Tahun rilis: 2019

Film Indonesia yang pernah tayang di luar negeri terakhir, yaitu 27 Steps of May.

Dimainkan oleh Raihaanun, Lukman Sardi, dan Ario Bayu, film ini berhasil membuat nama Indonesia harum di kancah perfilman dunia.

Bagaimana tidak, pasalnya film ini berhasil diputar di Busan Film Festival pada 2018, sebelum ditayangkan di Indonesia.

Walaupun sebenarnya, film ini pertama kali dirilis di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2018 pada 28 November 2018.

Namun setelah pemutaran perdananya, film ini tidak langsung masuk dan ditayangkan ke bioskop, melainkan keliling dunia terlebih dahulu, sampai akhirnya berhasil diputar di Busan Film Festival.

Perjalanan keliling dunia film ini pun, sempat membawanya tayang di Swedia pada Januari 2019, Cambodia pada Maret 2019, dan Malaysia pada 26 April 2019.

Sejak saat itu, antusias film ini pun semakin tinggi, sampai pada 27 April 2019, film 27 Steps of May berhasil rilis di bioskop Indonesia, dan menarik perhatian di ajang Festival Film Indonesia.

(Baca Juga: Film tentang Pahlawan Indonesia)

Nah, itulah 10 film Indonesia yang pernah tayang di luar negeri, yang sudah kamu ketahui secara lengkap informasinya di pembahasan sebelumnya.

Jika kamu tertarik dengan beberapa film tersebut dan ingin menontonnya, maka kamu bisa langsung berkunjung ke beberapa aplikasi atau situs resmi menonton film.

Hanya saja untuk bisa menonton film dengan puas, beberapa aplikasi menonton film mengharuskan penggunanya berlangganan, dengan membayar sejumlah biaya.

Tetapi, itu bukan masalah besar apabila kamu sudah memiliki kartu kredit. Sebab, kamu bisa membayar biaya langganan menggunakan kartu kredit, agar lebih praktis dan hemat.

Pasalnya, kartu kredit seringkali memberikan promo menarik yang dapat dinikmati para penggunanya.

Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga!