Film Pendidikan Buat Memotivasi Kamu yang Malas Belajar!

3 min. membaca Oleh CekAja on

Semangat dan motivasi untuk melakukan hal baik, termasuk untuk belajar bisa datang dari mana saja, termasuk dengan menonton film-film menarik.

Film Pendidikan Buat Memotivasi Kamu yang Malas Belajar!

Tidak kalah dengan film-film luar negeri, Indonesia juga memiliki deretan film lokal yang mengangkat tema pendidikan. Film-film tersebut banyak mengajarkan tentang perjuangan seseorang dalam mengenyam pendidikan yang kemudian dapat mengubah kehidupan dan masa depannya.

Berikut ini beberapa deretan film tema pendidikan yang layak untuk ditonton:

  • Sokola Rimba

Sokola Rimba - Film Pendidikan Buat Memotivasi Kamu yang Malas Belajar!

Sokola Rimba adalah film keluaran tahun 2013 yang menceritakan tentang seorang guru bernama Butet Manurung yang diperankan oleh Prisia Nasution. 

Butet awalnya bekerja di sebuah lembaga konservasi di Provinsi Jambi dan pada suatu ketika Butet terkena penyakit Malaria. Kemudian, dia diselamatkan oleh seorang anak Suku Anak Dalam bernama Nyungsang Bungo.

Perjumpaan Butet dengan Nyungsang membuat dia akhirnya memperluas wilayah kerjanya dan membantu mengajar pendidikan anak-anak dari Suku Anak Dalam. Film ini menceritakan sulitnya perjuangan Butet dalam mendidik suku dari pedalaman Jambi tersebut.

Tantangan dalam perjuangan tersebut antara lain anggapan orang tua yang menilai bahwa lebih baik anak-anaknya bekerja daripada belajar di sekolah, terbatasnya fasilitas yang ada d sekolah, hingga jarak tempuh sekolah yang jauh dari pemukiman penduduk.

Dalam film tersebut Butet digambarkan memiliki pengabdian yang besar demi pendidikan anak-anak rimba tersebut demi mencerdaskan anak-anak harapan bangsa.

  • Denias, Senandung di Atas Awan

Denias, Senandung di Atas Awan - Film Pendidikan Buat Memotivasi Kamu yang Malas Belajar

Film ini merupakan produksi tahun 2006 yang menceritakan tentang Denias yang diperankan oleh Albert Fakdawer, seorang anak dari suku pedalaman di Papua yang berusaha mengenyam pendidikan yang layak.

Denias dalam upayanya mendapatkan pendidikan, justru menghadapi banyak kendala dan halangan hingga akhirnya dia bertemu dengan orang-orang yang bisa membantunya mendapatkan pendidikan.

Film ini merupakan kisah yang terinspirasi dari kisah nyata yang dialami Janias yang disesuaikan dengan adanya sedikit perubahan dari kisah aslinya.

Aktor-aktor tenar yang terlibat dalam film ini antara lain Ari Sihasale, Marcella Zalianty, dan Mathias Muchus.

  • Guru Bangsa Tjokroaminoto

Guru Bangsa Tjokroaminoto - Film Pendidikan Buat Memotivasi Kamu yang Malas Belajar!

Haji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto adalah seorang tokoh bangsa Indonesia dan pahlawan nasional sekaligus tokoh pendiri Sarekat Islam. Dia juga merupakan guru dari Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno.

Film keluaran tahun 2015 ini menceritakan tentang perjalanan hidup dan perjuangan tokoh nasional tersebut yang diperankan oleh aktor kondang Reza Rahardian.

(Baca juga: Pendidikan Anak Usia Dini: Ini Beda PAUD, Playgroup, dan TK)

Tjokroaminoto lahir dari kalangan kaum bangsawan dan memiliki latar belakang keislaman yang kuat hingga kemudian mendirikan Sarekat Islam yang membantu perjuangan melawan kolonialisasi Belanda.

Dia juga berusaha meninggalkan kehidupan bangsawannya demi bisa merasakan penderitaan yang dialami rakyat. Dia juga berusaha menyamakan hak dan martabat masyarakat Bumiputera yang kaya dan miskin dengan orang-orang Belanda.

Tjokro dan istrinya yang bernama Suharsikin yang diperankan oleh Putri Ayudya tinggal di Gang Penaleh, Surabaya yang di rumahnya terjadi pertemuan banyak tokoh-tokoh perjuangan. Murid-murid Tjokro juga kelak menjadi pejuang kemerdekaan.

  • Di Timur Matahari

Di Timur Matahari - Film Pendidikan Buat Memotivasi Kamu yang Malas Belajar!

Film Di Timur Matahari keluaran 2012 ini merupakan salah satu film lainnya di Indonesia yang berlatarkan kehidupan di Papua. Film ini dibintangi oleh artis-artis ternama tanah air seperti Laura Basuki, Lukman Sardi, Ririn Ekawati, dan Ringgo Agus Rahman serta dibintangi pula oleh putra-putri asli Papua seperti Simson Sikoway, Michael Jakarimilena, Putri Nere, dan Abetnego Yogibalom.

Sejenis dengan Denias, film ini juga bercerita tentang sulitnya mendapatkan pendidikan layak di Papua. Anak-anak di sana sudah sejak lama menantikan kehadiran guru-guru yang bisa menjadi harapan baru bagi mereka.

Anak-anak Papua selalu menanti datangnya guru di sebuah lapangan terbang tua yang menjadi penghubung desanya dengan daerah lain yang sulit dijangkau. Guru yang tak kunjung hadir membuat mereka banyak belajar dari lingkungan sekitar.

Drama dalam film ini muncuk ketika Joseph, ayah seorang anak bernama Mazmur dibunuh oleh ayah Agnes, yang merupakan teman dari Mazmur sehingga muncul pertikaian dan perang. Namun, anak-anak tersebut tetap berteman dan berupaya mendamaikan peperangan kedua kampung yang bertikai.

(Baca juga: Cara Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak yang Makin Mahal)

Selain film-film tersebut, masih banyak film lainnya bertema pendidikan yang layak ditonton seperti sekuel film Laskar Pelangi, Kartini, Alangkah Lucunya Negeri Ini, Negeri Lima Menara, Serdadu Kumbang, Jembatan Pensil, dan lainnya yang bisa ditonton untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar.

Dapatkan artikel mengenai bidang pendidikan lainnya dari CekAja.com, termasuk tips mempersiapkan dana pendidikan untuk anak yang setiap tahun semakin tinggi.

Tentang kami

CekAja

CekAja