7 Film tentang Kemerdekaan Indonesia Terbaik

Ada beberapa film tentang kemerdekaan yang bisa membuat jiwa nasionalisme kita ikut tergugah. Apa saja filmnya?

7 Film tentang Kemerdekaan Indonesia Terbaik

Kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap 17 Agustus membawa euforia tersendiri bagi masyarakat. Beragam cara dilakukan untuk memperingati hari bersejarah ini.

Mulai dari mengadakan upacara bendera, mengikuti lomba, sampai menonton film tentang kemerdekaan Indonesia. Banyak sekali film yang diangkat dari kisah para pejuang di era penjajahan.

Beberapa film bahkan berhasil menjadi box office. Apa saja film perjuangan kemerdekaan Indonesia terbaik yang pernah ada? Ini daftarnya!

Film Tentang Kemerdekaan Indonesia

1. Kadet 1947 (2021)

Film tentang kemerdekaan Indonesia yang pertama adalah Kadet 1947. Film ini diangkat dari kisah nyata. 

Pada 29 Juli 1947, terjadi peristiwa pengeboman markas Belanda di Semarang dan Ambarawa oleh para Kadet (Calon Penerbang Angkatan Udara Republik Indonesia) untuk mempertahankan kemerdekaan.

Film ini mengisahkan peristiwa Agresi Militer Belanda I pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 

Sekelompok kadet dari sekolah penerbang Angkatan Udara di Maguwo, yaitu Sigit (Bisma Karisma), Mul (Kevin Julio), Har (Omara Esteghlal), dan Adji (Marthino Lio), berambisi untuk ikut serta menjaga Indonesia dari Belanda.

Namun, ambisi mereka terhalang berbagai rintangan dikarenakan mereka masih berstatus pelajar Angkatan Udara, sehingga mereka tidak mendapat izin untuk membawa pesawat dan senjata. 

Mereka pun menjalankan aksi nekat dengan meminta bantuan sersan udara Tardjo (Wafda Saifan), serta penembak udara Dul (Chicco Kurniawan) dan Kapoet (Fajar Nugra).

2. Perburuan (2019)

Perburuan adalah film perjuangan kemerdekaan Indonesia yang dirilis tahun 2019. Disutradarai Richard Oh, film ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer. Film perburuan dibintangi Adipati Dolken, Ayushita, Ernest Samudra, Khiva Ishak, dan Michael Kho. 

Perburuan menceritakan tentang pasukan Tentara Pembela Tanah Air (PETA) yang melawan penjajahan Jepang di Indonesia.

Shodancho PETA bernama Hardo (Adipati Dolken) diceritakan harus bersembunyi di hutan karena diburu oleh tentara Jepang. 

Di sisi lain, menjelang kemerdekaan Indonesia ia menemukan fakta pengkhianatan ayah tunangannya serta sahabatnya.

(Baca Juga: Tradisi Perayaan Kemerdekaan di Berbagai Negara, Semuanya Menjunjung Tinggi Kebersamaan)

3. Kartini (2017)

Kartini menjadi salah satu film perjuangan kemerdekaan Indonesia yang dapat ditonton jelang peringatan HUT RI. Film ini adalah kisah nyata perjuangan Kartini, pahlawan wanita yang paling populer di Indonesia.

Film ini mengisahkan perjalanan penuh emosional dari sosok Kartini yang harus melawan tradisi yang dianggap sakral, bahkan menentang keluarganya sendiri untuk memperjuangkan kesetaraan hak untuk semua orang di Indonesia. 

Bersama kedua saudarinya, Roekmini dan Kardinah, Kartini bahkan berjuang untuk membuat sekolah untuk kaum miskin.

Ia juga berupaya menciptakan lapangan kerja untuk rakyat di Jepara dan sekitarnya. Film ini dibintangi oleh sederet aktor papan atas, seperti Dian Sastrowardoyo, Reza Rahardian, Ayushita, Christine Hakim, dan Adinia Wirasti.

4. Guru Bangsa Tjokroaminoto (2015)

Film tentang Kemerdekaan Indonesia selanjutnya adalah Guru Bangsa Tjokroaminoto yang dirilis pada 2015. 

Film ini menceritakan Oemar Said Tjokroaminoto (Reza Rahadian) tidak tinggal diam melihat kondisi kemiskinan rakyat dan kesenjangan sosial selepas Tanam Paksa dan awal Politik Etis sekitar tahun 1900.

Ia berani meninggalkan status kebangsawanan nya dan bekerja sebagai kuli pelabuhan. Tjokro berjuang dengan membangun organisasi Sarekat Islam, organisasi resmi bumiputera pertama terbesar, yang mempunyai sampai dua juta anggota.

Tjokroaminoto kemudian berjuang untuk menyamakan hak dan martabat masyarakat bumiputera yang terjajah. Perjuangan ini menjadi awal lahirnya tokoh dan gerakan kebangsaan.

5. Jenderal Soedirman (2015)

Film ini bercerita tentang tokoh bangsa yang sangat berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, yaitu Jenderal Soedirman. 

Dibintangi oleh aktor Adipati Dolken, film ini berfokus pada peristiwa Agresi Militer Belanda II dan bagaimana Jenderal Soedirman memimpin perang gerilya di pulau Jawa.

Kisah Jenderal Soedirman dikisahkan berperang walaupun menderita penyakit paru-paru. Ia membuat Jawa menjadi medan perang gerilya yang luas.

Perjuangan Jendral Soedirman membuat Belanda kehabisan logistik dan waktu. Kemanunggalan TNI dan rakyat-lah akhirnya memenangkan perang tersebut.

6. Battle of Surabaya (2015)

Film tentang kemerdekaan Indonesia yang satu ini merupakan animasi 2D buatan anak bangsa dan telah meraih berbagai penghargaan internasional. 

Film ini mengisahkan petualangan tukang semir sepatu bernama Musa, yang menjadi kurir bagi pejuang arek-arek Suroboyo dalam peristiwa 10 November 1945 di Surabaya.

Meski merupakan film fiksi, di dalamnya telah menyinggung tokoh Musa dengan situasi perang sejarah yang diceritakan tentu bisa menjadi edukasi untuk anak-anak ketika menonton.

7. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Film tentang kemerdekaan yang terakhir berjudul Soekarno: Indonesia Merdeka yang dirilis pada 2013 silam. 

Film ini menampilkan Ario Bayu yang berperan sebagai Soekarno, serta Lukman Sardi sebagai Moh Hatta.

Soekarno: Indonesia Merdeka menjadi film yang paling cocok untuk ditonton jelang HUT RI, karena mengisahkan tentang presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno sejak kecil. 

Film ini menceritakan pria bernama Kusno yang sejak kecil sering sakit-sakitan, hingga kedua orang tuanya mengganti nama anak tersebut dengan Soekarno.

Selain itu, dalam film ini penonton akan disuguhkan Soekarno tampil dengan pidato-pidatonya yang penuh semangat. 

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini begitu detail mulai dari peristiwa pengasingan Soekarno hingga detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia.

(Baca Juga: 6 Kegiatan Perayaan Kemerdekaan Unik Layak Tonton di Berbagai Daerah Indonesia)

Nah itu dia beberapa film tentang kemerdekaan Indonesia yang cocok ditonton saat HUT RI. Beberapa film di atas memang sudah tidak tayang di bioskop, namun masih bisa diakses di layanan streaming film.

Nah untuk kamu yang ingin menonton langsung di bioskop, pasti akan ada film-film lain yang menarik untuk ditonton. Kamu juga bisa memanfaatkan kartu kredit untuk pembelian tiketnya.

Apalagi jika di hari-hari besar seperti peringatan HUT RI, banyak promo yang ditawarkan. Kalau belum punya kartu kredit, ajukan sekarang juga melalui CekAja.com.

Ada banyak pilihan kartu kredit dengan berbagai keuntungan yang beragam. Kamu bisa pilih jenis kartu kredit sesui dengan kebutuhanmu! Berikut ini beberapa rekomendasinya:

Pengajuan melalui CekAja.com prosesnya dijamin cepat dan mudah. Tak hanya itu, telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, tentu pelayanannya aman!

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!