10 Film Terbaik Tentang Hari Ibu yang Wajib Ditonton Bareng Keluarga

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Salah satu cara paling tepat, yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Ibu adalah menonton film terbaik tentang Hari Ibu. Bagaimana tidak, pasalnya hal itu dapat meningkatkan kedekatan dan kasih sayang antara ibu dan anak.

Mungkin sebagian dari kamu berpikir, kalau hal terbaik yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Ibu adalah membantu menyelesaikan pekerjaan rumah.

Mengingat, itu merupakan aktivitas rutin ibu, yang mungkin membuatnya jenuh dan terbebani.

Maka untuk meringankan beban tersebut, membantu menyelesaikan pekerjaan rumah dan membiarkan ibu santai sejenak adalah pilihan yang tepat.

Tetapi selain itu, ternyata ada banyak lagi hal lainnya yang bisa dilakukan untuk membuat ibu merasa spesial di tanggal 22 Desember 2020.

Seperti misalnya, kamu memberikan hal-hal sederhana yang tidak pernah terduga, yaitu dengan memberikan cokelat dan bouquet bunga, ataupun hanya sekedar quality time menonton film terbaik tentang Hari Ibu.

Nah jika kamu memutuskan untuk mengisi Hari Ibu dengan menonton film, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa rekomendasi film terbaik tentang Hari Ibu khusus untuk kamu. Yuk, simak bersama-sama!

10 Film Terbaik Tentang Hari Ibu

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kali ini CekAja.com akan memberikan sejumlah daftar film terbaik tentang Hari Ibu.

Dan di bawah ini, ada 10 film terbaik tentang Hari Ibu, yang berhasil CekAja.com rangkum dari berbagai sumber, yang di antaranya yaitu:

1. Room – 2015

Rating IMDb: 8,1

Film terbaik tentang Hari Ibu yang pertama, yaitu Room. Film yang rilis pada 2015 ini, bercerita tentang seorang wanita yang terperangkap di sebuah ruangan selama tujuh tahun, dengan seorang putranya bernama Jacob Tremblay atau Jack yang berusia 5 tahun.

Selama terperangkap di ruangan tersebut, Jack percaya kalau semua hal yang ia lihat dan temui dalam ruangan itu adalah dunia yang ada.

Namun bagaimana jadinya, ketika ia sudah keluar dari ruangan tersebut dan diberitahu kalau ada hal-hal lain yang ada di luar?

Jalan cerita yang diberikan, tentu akan sangat memainkan dan menguras emosi para penontonnya.

Film yang diangkat dari novel 2010 dengan nama yang sama ini, disutradarai oleh Lenny Abrahamson, ditulis oleh Emma Donoghue, dan dimainkan oleh Brie Larson yang berperan sebagai seorang wanita sekaligus ibu dari Jacob Tremblay.

2. Mothers and Daughters – 2016

Rating IMDb: 5,0

Berikutnya ada film Mothers and Daughters, yang menjadi film terbaik tentang Hari Ibu yang patut ditonton.

Pasalnya, film ini mengangkat kisah yang berasal dari permasalahan hidup di hampir semua masyarakat perkotaan saat ini.

Ya, film ini bercerita tentang hubungan renggang antara ibu dan anak, yang terjadi akibat kesibukan masing-masing.

Konflik dalam keluarga tersebut terus terjadi, meskipun sang ibu tak jarang menanyakan kabar sang anak, mengajaknya bertemu dan lain sebagainya.

Jika penasaran dengan film yang diperankan oleh Courteney Cox dan Selma Blair satu ini, kamu bisa langsung menontonnya bersama ibu, dan bersiap untuk berderai air mata sepanjang film ini berjalan.

(Baca Juga: Film Terbaik Tentang Perjuangan Wanita)

3. Me vs Mami – 2016

Rating IMDb: 7,5

Di urutan ketiga ada film Me vs Mami, yang juga menjadi film terbaik tentang Hari Ibu yang patut ditonton.

Hal tersebut dikarenakan, film yang memiliki rating IMDb 7,5 ini berkisah tentang seorang yang sangat membenci mamanya, terlebih pada saat kedua orangtuanya resmi bercerai.

Sejak saat itu, hubungan yang terjalin antar keduanya pun semakin buruk, dan tidak seperti hubungan orangtua dan anak pada umumnya.

Konflik antara ibu dan anak tersebut dimulai ketika Mira yang diperankan oleh Irish Bella, diminta untuk menjenguk sang nenek yang tinggal di Pandang.

Dan selama perjalanannya, Mira dan Maminya (Cut Mini) melalui banyak sekali kejadian, hingga akhirnya mereka berada di satu titik yang membuatnya tersadar kalau ternyata mereka saling mencintai.

Dari jalan cerita yang diberikan tersebut, dapat dilihat kalau film ini sangat cocok untuk ditonton bersama ibu dan keluarga lainnya, sebagai pengingat untuk selalu mencintai antar anggota keluarga.

4. Aku Ingin Ibu Pulang – 2016

Rating IMDb: 8,0

Selain tiga film di atas, kamu juga bisa menonton film Aku Ingin Ibu Pulang yang dirilis pada tahun 2016.

Buat kamu yang belum tahu, salah satu film terbaik tentang Hari Ibu rekomendasi CekAja.com ini, bercerita tentang kehidupan sebuah keluarga sederhana yang bahagia.

Namun suatu ketika, kebahagiaan keluarga tersebut terusik, tepatnya pada saat sang ayah mengalami kecelakaan di tempat kerja.

Sejak saat itu, posisi kepala keluarga digantikan oleh sang ibu. Yang mana, ibu tidak hanya mengurus anak-anak saja, tetapi juga harus memberi nafkah dengan melakukan segala cara untuk membiayai sang ayah, termasuk mencuri demi bisa mendapatkan sepeser uang.

5. A Mother’s Love – 2018

Rating IMDb: –

Siapa di antara kamu yang tahu film A Mother’s Love? Dirilis pada tahun 2018, film besutan sutradara ternama Joko Anwar ini, berkisah tentang sosok ibu dan anak yang hidup dalam himpitan ekonomi memprihatinkan.

Suatu ketika, di rumah kosong tempat ibunya bekerja, sang ibu dan anak ini mengalami beberapa kejadian aneh yang mengganggunya.

Penasaran, kejadian aneh apa yang menimpa sang ibu dan anak tersebut? Langsung saja tonton dan nikmati film A Mother’s Love yang ditayangkan di HBO, dan beberapa aplikasi streaming film lainnya.

6. Dumplin – 2018

Rating IMDb: 6,6

Selanjutnya ada film Dumplin, yang menjadi rekomendasi film terbaik tentang Hari Ibu versi CekAja.com.

Film yang bergenre drama ini, menyajikan sebuah cerita masa depan yang indah, mengenai pelajaran dari manusia yang satu dengan yang lainnya, melalui sebuah kontes kecantikan.

Film ini juga menyelipkan sebuah pesan, kalau hubungan antara ibu dan anak adalah sebuah kehormatan.

Tentunya sebagai ibu yang menjalankan kontes, juga tetap memberikan anaknya kesempatan untuk ikut serta dan menjadi dirinya sendiri.

Jika ingin tahu kisah lengkap dari film yang disutradarai oleh Anne Fletcher satu ini, kamu bisa langsung menontonnya di beberapa aplikasi streaming film gratis atau berbayar lainnya.

7. Mamma Mia! – 2008

Rating IMDb: 6,4

Mamma Mia! merupakan film terbaik tentang Hari Ibu ketujuh, yang juga tidak boleh ketinggalan untuk ditonton.

Hal tersebut karena, film ini menyajikan cerita yang membuat kamu bisa menonton, sambil bernyanyi cerita bersama ibu.

Apalagi, film ini menggunakan banyak lagu populer ABBA, yang mungkin adalah grup musik favorit ibumu pada tahun 1970an.

Jadi, sudah pasti lagu-lagu yang digunakan tersebut sangat familiar untuk ibumu, dan sangat menyenangkan untuk didengarkan bersama-sama.

8. OtherHood – 2019

Rating IMDb: 6,1

Film terbaik tentang Hari Ibu yang kedelapan, yaitu OtherHood. Film yang rilis tahun 2019 ini, berkisah tentang tiga orang ibu yang saling bersahabat, dan tinggal jauh dari anak-anaknya.

Selama berpisah dari sang anak, ketiga orang ibu tersebut merasa aneh pada saat anak-anaknya tidak mengingat tentang Hari Ibu, berada dalam perantauan dan tidak memberikan kabar.

Akibat hal tersebut, ketiga ibu itu memutuskan untuk mengunjungi anak-anaknya yang merantau di Manhattan.

Di sana, mereka bertemu dengan para pemudanya dan melihat kenyataan hidup. Mereka pun terbawa suasana masa muda, hingga akhirnya ikut berpesta bersama.

Buat kamu yang penasaran siapa saja aktris yang membintangi film ini, sejatinya Angela Bassett, Patricia Arquette dan Felicity Huffman menjadi pemeran utama dari film besutan Cindy Chupack ini.

9. Dua Garis Biru – 2019

Rating IMDb: 8,0

Tidak hanya menjadi film Indonesia terbaik, Dua Garis Biru juga menjadi film terbaik tentang Hari Ibu yang wajib ditonton.

Film yang disutradarai oleh Ginatri S. Noer ini, memiliki cerita yang sangat bagus karena mengandung pesan yang sangat kuat, tentang pentingnya menjalin komunikasi antara orangtua dan anaknya, khususnya para ibu dengan anak-anaknya yang memasuki usia remaja.

Di film ini, pengetahuan tentang seks disampaikan secara halus namun lugas, melalui beberapa adegan dan konflik yang ditampilkan.

Film yang diperankan oleh Angga Yunanda, Zara Adhisty, Cut Mini, Lulu Tobing, Dwi Sasono dan aktris lainnya ini memiliki pesan moral, berupa pentingnya keterbukaan tentang seks yang seharusnya mulai dibicarakan saat anak memasuki usia akil baligh.

Film yang satu ini bisa disebut sebagai salah satu film Indonesia terbaik dan berkualitas. Sehingga tidak heran apabila film ini mendapat rating IMDb cukup tinggi, yaitu 8,0/10.

10. Fun Mom Dinner – 2017

Rating IMDb: 5,3

Film terbaik tentang Hari Ibu yang terakhir, yaitu Fun Mom Dinner. Meski sudah dirilis tahun 2017, namun film ini masih sangat seru untuk ditonton, karena bercerita tentang empat orang ibu yang memiliki anak bersekolah di sekolah yang sama.

Karena sering bertemu, akhirnya mereka berempat pun berencana untuk menghabiskan waktu makan malam bersama-sama.

Meski rating IMDb yang didapat tidak terlalu tinggi, namun film ini cocok ditonton bersama ibu dan keluarga, sebagai bentuk perayaan Hari Ibu.

(Baca Juga: 10 Film yang Berlatar di Rumah Aja)

Itulah beberapa film terbaik tentang Hari Ibu, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua film tersebut, tentunya bisa kamu tonton secara puas di beberapa aplikasi streaming film seperti Netflix, Iflix dan Viu.

Agar kegiatan menonton film tidak terganggu oleh iklan, kamu bisa berlangganan terlebih dahulu dengan cara membayar sejumlah biaya yang ditagihkan.

Untuk mempermudah proses pembayaran tagihan tersebut, kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan segudang keuntungannya!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani