Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Fintech Indonesia Ajak Perusahaan Teknologi Keuangan Bergabung Menjadi Anggota Asosiasi

by Surtan Siahaan on 26 Mei, 2016

Asosiasi Fintech Indonesia baru saja menggelar member gathering Rabu (25/5) kemarin. Puluhan perusahaan finansial technology, perusahaan keuangan hingga bank hadir pada kegiatan yang diselenggarakan di D Lab, Menteng, Jakarta Pusat.

Sejumlah instansi dan regulator yang selama ini menjadi rekan Fintech Indonesia seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) serta Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) pun turut hadir.

Pada kegiatan yang juga diselingi sesi perkenalan mengenai seluk beluk asosiasi, Ketua Fintech Indonesia yang juga CEO Kartuku, Niki Santo Luhur, mengajak pelaku fintech, organisasi keuangan dan instansi apapun yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi keuangan untuk bergabung dengan asosiasi. Menurut Niki, asosiasi yang sudah terdaftar secara sah sebagai badan hukum di Kementerian Hukum dan HAM ini akan memberikan banyak keuntungan bagi anggotanya. (Baca juga: Mengenal Industri Jasa FinTech di Indonesia, Kenapa Lebih Untung Menggunakannya?)

Ada sejumlah keuntungan yakni akses untuk menyampaikan aspirasi pada regulator. Maklum, masalah regulasi dan pengawasan fintech lebih rumit dibandingkan bisnis lain karena sifatnya yang lintas regulator. Pada acara kemarin saja, para pelaku industri berkesempatan untuk menanyakan sejumlah hal yang terkait dengan perkembangan bisnis mereka pada regulator seperti update aturan main digital signature yang tengah dibahas di Kemenkominfo dan perkembangan penggodokan aturan mengenai fintech. “Saya ajak pada semua teman-teman pelaku, baik itu perusahaan fintech maupun bank untuk bergabung,” tutur Niki Luhur.

Selain itu terdapat keuntungan lain yang akan diperoleh anggota asosiasi yakni akses terhadap data, dokumen kajian serta gagasan lain yang mendukung sektor fintech, akses terhadap seminat gathering dan kegiatan asosiasi lainnya, update berkala tentang aktivitas industri, regulasi dan informasi mengenai fintech serta dapat secara langsung berpartisipasi dalam kelompok kerja yang membahas topik-topik kebijakan dan regulasi. (Baca juga: Fintech Dorong Masyarakat Indonesia Melek Keuangan)

Sekadar informasi, saat ini asosiasi Fintech Indonesia telah memiliki 9 anggota yang merupakan fintech yakni CekAja.com, Bareksa.com, Veritrans, Doku, Kartuku, Jas Kapital, Modalku, Investree, Dimo Pay Indonesia, Mandiri e-cash dan anggota sponsor seperti Makarim & Taira s, McKinsey&Company, Kennedy Voice&Berliner. Bila berminat menjadi anggota Fintech Indonesia, bisa mengajukan melalui link ini

Tentang Penulis