Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Fitur Canggih yang Bikin Mobil Pemimpin Dunia Mahal

by Ariesta on 1 April, 2017

mobil mewah_asuransi kendaraan - CekAja.com

Baru-baru ini Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, menyarankan Presiden Joko Widodo untuk memakai mobil Esemka sebagai mobil kepresidenan.

Usulan ini untuk menanggapi kejadian mogoknya mobil presiden saat melakukan Kunjungan Kerja ke Kalimantan Barat. Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan bahwa hal tersebut belum bisa dilakukan.

Pasalnya setiap mobil kepresidenan memiliki standar tersendiri sesuai dengan aturan dari pasukan pengamanan presiden. Namun tentu saja tidak menutup kemungkinan mobil produksi dalam negeri menjadi mobil kepresidenan beberapa tahun mendatang asal sudah memenuhi syarat-syarat keamanan.

Mobil yang dinaiki orang nomor satu dari setiap negara memang sering menjadi pusat perhatian. Selain biasanya dipilih mobil baru berkualitas terbaik, berbagai fitur canggih pun ditambahkan demi keamanan sang pemimpin negara. Wajar jika harganya menjadi sangat mahal. Fitur canggih apa saja yang bikin mobil pemimpin dunia jadi mahal?

Pintu yang dapat terbuka 90 derajat (US$15.167.500)
foto: merlinautogroup.com
foto: merlinautogroup.com

Produsen mobil asal Inggris, Bentley, memproduksi mobil termahal di antara mobil para pemimpin dunia lainnya khusus untuk Ratu Elizabeth II. Mobil kerajaan ini didesain agar sang ratu bisa mengeluarkan sebagian tubuhnya lewat atap untuk menyapa rakyatnya.

Pintunya juga didesain bisa membuka 90 derajat, sehingga sang ratu bisa berjalan lurus ke dalam mobil tanpa melakukan banyak manuver. Semua didesain sepraktis dan senyaman mungkin untuk Ratu Elizabeth yang memang sudah berusia lanjut.

Pintu dengan tebal 8 inci (US$1.500.000)
foto: schola
foto: schola

Dengan panjang 18 kaki, berat 8 ton, dan armor yang terpasang dalam 8 inci ketebalan pintu, Cadillac One menjadi mobil resmi Presiden Amerika Serikat. Julukan mobil ini adalah ‘The Beast’ karena banyaknya pengamanan yang terinstalasi.

Selain pintu anti peluru, mobil dinas Obama ini juga dilengkapi dengan sistem penglihatan malam, kantung darah jika suatu saat presiden mengalami kecalakaan, dan tabung oksigen. Supirnya sendiri merupakan agen CIA yang sangat terlatih.

Penyimpanan wine (US$500,000)
foto: The Economic Times
foto: The Economic Times

Masing-masing anggota kerajaan Thailand punya kendaraan dinas mereka sendiri. Raja Thailand yang belum lama ini tiada, raja Bhumibol Adulyadej memilih Maybach 62 Limousine sebagai kendaraan pribadinya. Mobil ini dilengkapi dengan penyimpanan dan pendingin wine yang mampu menjaga rasa dan kualitas wine terbaiki.

Body titanium dan kursi pijat (US$455.025)

 

foto: economic times
foto: economic times

Perdana Menteri Inggris sehari-harinya bertugas dengan mobil Jaguar XJ Sentinel. Mobil ini terbuat dari titanium, kaca anti peluru, dan punya sistem penglihatan malam. Karena terbuat dari titanium, tentu saja mobil ini tidak terbilang ringan.

Keistimewaan lainnya terletak pada kursi belakang yang bisa berubah menjadi kursi pijat yang akan memanjakan sang perdana menteri saat stres atau lelah.

Super cepat (US$251,417)
foto: flickr
foto: flickr

Mercedes S-Class Limousine menjadi pilihan Rusia sebagai mobil resmi kepresidenan. Mobil Presiden Putin ini dilengkapi fitur anti peluru yang memang sudah menjadi standar mobil pemimpin dunia. Yang istimewa, Mercedes S-Class Limousine dibuat secara custom sehingga mampu menempu 30 kilometer dengan kecepatan 80 km/s. Wah, harga premi asuransi kendaraan mobil ini berapa, ya?

Kompartemen tambahan (US$524,990)
foto: caradvice
foto: caradvice

Mercedes-Benz M-Class dibuat secara khusus untuk Paus Vatikan. Mobil ini dilengkapi dengan kompartemen tambahan di bagian atas sehingga mobil seperti memiliki dua lantai. Dengan kaca antipeluru, kompartemen tambahan ini memudahkan Paus dalam menyapa umat.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami