Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Gagal Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Pakai 5 Pertimbangan Ini Ketika Memilih Universitas Swasta

by Rafly Aditia on 10 Mei, 2016

jurusan kuliah_kredit tanpa agunan- CekAja.com

Memilih universitas atau kampus bisa dibilang susah-susah gampang. Jangan sampai hanya karena buaian teman dekat atau sekedar ikut-ikutan saja, kamu jadi terjerumus di tempat yang tidak sesuai dengan keinginan dan karaktermu.

Tidak sedikit kasus mahasiswa yang merasa bahwa dirinya salah jurusan dan salah kampus, sehingga baru beberapa semester mereka memutuskan untuk dropout. Padahal, tidak sedikit orangtua yang sampai harus mencari pinjaman dana untuk biaya kuliah anak mereka.

Oleh karena itu, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu dalam menentukan universitas yang kamu pilih nanti. Berikut ini 5 hal yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih universitas:

Biaya tiap semester

Hal pertama yang perlu diperhitungkan pada saat memilih universitas adalah mencari tahu tentang range biaya yang harus dikeluarkan setiap semesternya. Setiap kampus memiliki range biaya yang berbeda, bahkan satu kampus pun kalau berbeda jurusan biaya per semesternya juga berbeda. Untuk itu, kamu harus mengetahuinya dan mengukur apakah sesuai kemampuan atau tidak.

Kalau tidak sesuai dengan kemampuan, usahakan untuk mencari beasiswa penuh. Mulai dari pihak pemerintah, kampus hingga pihak luar banyak yang menyediakan program beasiswa kok.

(Baca juga: Inilah yang Jadi Penyebab Biaya Kuliah Kamu Makin Boros)

Jarak dari tempat tinggal

Bagi kamu yang tinggal sekota dengan kampus pilihan, pertimbangkan jarak dari tempat tinggal. Apalagi kalau memilih untuk kuliah di Jakarta dan sekitarnya. Kamu tahu kan betapa macetnya wilayah Jakarta dian sekitarnya? Jadi, sebaiknya kamu memperhitungkan dulu jarak kampus pilihan dengan tempat tinggal. Hal ini berguna agar kamu bisa memperkirakan berapa ongkos yang harus kamu keluarkan setiap harinya.

Mau sewa kos? Hitung segala biayanya

Kampus pilihan berbeda kota atau bahkan beda pulau? Ngekos pun jadi pilihan. Tetapi, sudah menjadi kewajiban kamu saat ingin ngekos untuk memperhitungkan segala tetek bengeknya. Mulai dari biaya makan, transportasi, dan biaya kos bulanan harus dihitung terlebih dahulu. Kalau bisa, cari tempat kos yang dekat dengan kampus sehingga hanya perlu jalan kaki tidak perlu naik transportasi umum.

(Baca juga: Perbandingan Biaya Kuliah di Negara Berkembang Termasuk Indonesia)

Reputasi jurusan dan kampus pilihan

Setiap kampus memiliki reputasi berbeda, bahkan tiap fakultas dan jurusan di sebuah kampus punya akreditasi dan reputasi berbeda pula. Maka, jadi tugas kamu untuk mengetahui bagaimana reputasi jurusan dan kampus pilihan kamu. Sebisa mungkin, pilih jurusan yang memang sudah terakreditasi baik misalnya A atau B. Kenapa demikian? Sedikit banyak hal ini akan mempengaruhi kehidupan dan karir kamu setelah keluar dari kampus nantinya.

Pilih yang sesuai minat

Jangan memilih jurusan dan universitas hanya ikut teman saja. Apalagi memilih universitas dan jurusan tersebut hanya karena iseng. Kamu harus mengetahui apa yang kamu inginkan terlebih dahulu. Dimanakah sebenarnya potensi dan minat kamu? Karena di kampuslah minat dan potensi tersebut dapat digali dengan dalam.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami