Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Gaji 3 Juta Pengen Liburan ke Luar Negeri, Wujudkan Dengan 4 Tips Ini

by Rafly Aditia on 15 Januari, 2016

tips traveling hemat _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Menikmati keindahan alam dan budaya di berbagai belahan dunia merupakan keinginan hampir setiap orang. Dan, pergi ke luar negeri adalah salah satu cara untuk Untuk merealisasikannya.

Tetapi, tidak jarang keinginan tersebut harus terbentur dengan masalah biaya. Ya, bagi kamu yang memiliki gaji sekitar 3 juta rupiah per bulan keinginan tersebut sepertinya berat untuk dicapai. Tapi, tenang saja, kali ini tim CekAja.com akan berbagi tips untuk pergi ke luar negeri bagi kamu yang memiliki gaji 3 juta. Simak tips di bawah ini:

Atur gaji bulanan kamu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur pendapatan atau gaji bulanan. Dengan asumsi gaji Rp 3 juta maka kamu harus melakukan perencanaan keuangan yang memungkinkan untuk pergi berlibur ke luar negeri.

Gunakan Rp 1,5 juta untuk konsumsi harian selama sebulan. Sisanya Rp 100 ribu untuk bersedekah. Soalnya, kita harus tetap amal agar rencana perjalanan kita direstui. Lantas, dengan sisa Rp 1,4 juta , sisihkan Rp 500 ribu untuk tabungan, Rp 300 ribu untuk biaya darurat simpanan berlibur sebesar Rp 800 ribu rupiah per bulan. Lakukan hal ini selama setidaknya 5 bulan ke depan sampai kamu memiliki simpanan sebesar Rp 4 juta.

(Baca juga: Gaji 3 Juta Bisa Beli Mobil Dalam Setahun Jika Ikuti Tips Ini)

Tetapkan tujuan & waktu berlibur

Sambil terus melakukan hal di atas yaitu mengatur gaji bulanan, kamu sudah harus menetapkan destinasi. Ingat ya, sesuaikan tempat tujuan dengan nujet yang tersedia. Beberapa negara di kawasan Asia seperti Thailand, Vietnam dan Kambodja menjadi pilihan terbaik bagi yang ingin berlibur ke luar negeri dengan bujet minim.

Dengan asumsi simpanan sebesar Rp 4 juta, kamu sudah bisa senang dan tenang di ketiga negara di atas. Dan pastinya, bujet tersebut merupakan all in budget yang berarti termasuk tiket pesawat pulang pergi, biaya harian disana dan penginapan.

Widget TRV Insurance

Beli tiket pesawat beberapa bulan sebelumnya

Kamu bisa membeli tiket pesawat beberapa bulan sebelumnya. Idealnya 2-3 bulan sebelum keberangkatan demi mendapatkan harga terbaik. Memang ada peluang untuk mendapatkan tiket yang sangat murah beberapa saat jelang keberangkatan, namun, kemungkinannya juga sangat kecil.

Jadi, sebaiknya kamu membeli tiket pesawat sektiar 3 bulan sebelumnya. Misalnya ke Thailand, tiket ke Krabi standarnya sekitar Rp 800 ribu. Tapi bila kamu memesan tiket dari 3 bulan sebelumnya, harganya bisa diperoleh hanya Rp 500 ribu.

Baca juga: Gaji 3 Juta, Pilih Investasi Deposito atau Reksadana)

Reservasi penginapan jauh-jauh hari

Sama seperti tiket pesawat, sebaiknya lakukan reservasipenginapan jauh hari sebelumnya. Saat ini sudah banyak web yang berperan sebagai agen hotel yang bisa memberikan kamu harga lebih murah, bahkan hingga 50 % dari harga standar. Harga istimewa ini bisa diperoleh kalau kamu melakukan pemesanan jauh-jauh hari.

Perlu diketahui, untuk urusan penginapan di negara seperti Thailand, standart harganya sangat terjangkau. Untuk menginap di hotel bintang tiga saja kamu bisa mendapatkannya dengan biaya Rp 200-Rp 300 ribu

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.