Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Gaji Kecil dan Bingung Cari Uang Tambahan? Simak Bocorannya di Sini!

by Satrya Agung on 15 September, 2016

Kamu sudah kerja tiap hari dari Senin sampai Jumat, dari pagi sampai sore, tapi gaji yang didapat masih segitu-segitu aja. Jangankan buat nabung, untuk bayar tagihan perbulan saja masih susah. Bikin napas “Senin Kamis” akibat gaji yang di atas 10 “Di atas tanggal 10 sudah habis”. Lalu apa yang bisa kamu lakukan untuk cari uang tambahan di luar gaji?

Problematika ini tidak cuma kamu yang alami, kok. Di luaran sana banyak yang bernasib sama. Walau sebenarnya gaji yang mereka peroleh terbilang mencukupi, tapi dengan gaya hidup yang boros berakibat dompet kosong melompong tiap bulan. Biar kamu tidak stress lagi, simak saja beberapa tips di bawah ini yang berpotensi memberikan tambahan uang.

Berdayakan kendaraanmu

Kendaraan yang selama ini kamu gunakan berpotensi memberi tambahan uang lho. Baik mobil atau pun motor. Cara yang pertama adalah dengan menyewakannya. Cara pertama ini hanya berlaku bagi mobil saja.

Kamu bisa memasang iklan penyewaan mobil atau menitipkannya di tempat rental mobil yang sudah kamu kenal. Cara yang lain adalah dengan mendaftar di taksi online.

Dan yang jadi supir tidak harus kamu, tapi bisa mengajak orang yang mau jadi supir taksi online dengan sistem bagi hasil. Dan umumnya mereka (para supir taksi online) akan memberikan uang setoran yang disepakati besarnya.

Bisa dengan cara harian, mingguan, atau bulanan. Motor juga bisa dijadikan ojek online tapi baiknya yang bawa harus kamu sendiri. Karena kamu bisa memanfaatkan waktu berangkat kerja dan pulang kerja.

Jasa penjaga anak

Sebelumnya mungkin kamu hanya tahu bahwa jasa ini hanya ditemukan di luar negeri. Padalah di kota-kota besar sudah mulai membutuhkan jasa ini. Dimana mereka hanya perlu ada orang yang menjaga anak mereka untuk waktu beberapa jam saja.

Kamu bisa menerapkan tarif perjamnya dan minimal berapa jam. Tapi keahlian khusus kamu bisa memilih profesi ini sebagai pilihan untuk cari uang tambahan.

Reseller

Bisa dibilang profesi ini tidak membutuhkan modal. Karena yang dilakukan hanyalah menjual barang orang lain. Saat ada yang berminat dan membeli tinggal hubungi si penjual asli dan sampaikan order yang masuk tersebut.

Pengiriman juga bisa menggunakan nama dan alamat si reseller. Jadi pembeli hanya tahu bahwa si reseller tadi adalah penjualnya.

Cara ini diperbolehkan, dan didasari kesepakatan antara penjual asli dan reseller. Untuk harga menggunakan harga dari penjual dan reseller mendapat komisi. Semua pihak pun akan senang, penjual senang barangnya banyak laku, reseller senang dapat komisi, dan pembeli juga senang karena barang yang dibeli adalah asli dan hargnya tidak di-mark up.

Jadilah freelancer

Ada banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga para pekerja paruh waktu ini. Mulai dari Crew EO, pekerja lepasan di restoran, bar, café dan lainnya, serta toko-toko konvensional lainnya.

Gaji yang akan didapatkan tergantung dari pekerjaan yang kamu pilih. Kalau kamu memilih sebagai crew event, gaji kamu akan dibayarkan setelah acara selesai. Atau paling tidak 2 sampai tiga hari kemudian.

Sedangkan untuk bekerja paruh waktu di restoran dan sejenisnya, kamu akan dibayarkan paling cepat setelah 2 minggu bekerja. Sedangkan untuk bekerja di toko konvensional, kamu akan dibayar setiap hari.

Sebenarnya masih banyak cara cari uang tambahan yang bisa kamu lakukan. Yang dibutuhkan adalah tekad yang kuat dan semangat. Apa pun pekerjaan itu selama masih halal ya jalani saja. Jangan malu dengan pekerjaanmu.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.