Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Gaji Pas-pasan, Begini Cara Persiapkan Cicilan Honda Brio

by lhmdi on 2 April, 2016

beda pria wanita saat membeli mobil_kredit kendaraan - CekAja.com

Salah satu mobil yang dibuat pabrikan Honda, Brio Satya, dalam beberapa tahun terakhir menuai kepopuleran di Indonesia.

Namun, harganya yang cukup mahal, membuat banyak masyarakat yang membelinya dengan cara kredit. Cicilan Honda Brio pun tidak mudah begitu saja dilakukan. Sebagai contoh, beberapa harga jenis mobil ini di antaranya adalah Brio Satya A Manual Rp 114.900.000.

Maka, untuk menyiapkan angsuran kredit mobil pertamanya kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp 25.000.000. Sementara itu, utntuk uang mukanya pun bisa mencapai sekitar Rp 29.000.000.  Brio Satya S Manual Rp 131.500.000, Brio Satya E Manual Rp 136.500.000, Brio Satya E CVT Rp 151.500.000 dan Brio RS Manual Rp. 163.000.000. Harga ini pun masih bisa akan berganti, bergantung pada kondisi pasar.

Untuk menarik minat banyak konsumen, tidak jarang pula para pemasar atau tim marketing mobil ini membuat promo menarik, diantaranya cicilan Honda Brio yang murah, uang muka yang menarik, tenor menarik, bahkan hingga Cashback!

Bahkan tidak jarang ditemukan, masyarakat dengan gaji yang pas-pasan, tetap membeli mobil sebagai salah satu kebutuhan utamanya. Apalagi jika mengingat berada di kota-kota besar yang padat dengan berbagai macam aktifitas.

Jika kamu memang berniat ingin membeli mobil khususnya Honda Brio, namun penghasilan masih terasa pas-pasan, ada beberapa hal yang sebaiknya perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. Berikut diantaranya:

  1. Penawaran tenor

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beberapa produsen atau bahkan pihak leasing memberikan DP atau uang muka yang murah untuk mendapatkan mobil. Konsekuensinya tentu saja, adalah tenor atau waktu pinjaman yang terbilang lama.

Nah! Dsini kamu harus betul-betul mempertimbangkan apakah dalam waktu kredit yang panjang itu kamu juga harus memenuhi kebutuhan lain atau tidak. Jika masih harus memenuhi kebutuhan lainnya, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu dengan matang sebelum mengajukan kredit mobil dengan tepat.

Sederhananya umur sebuah mesin mobil secara maksimal adalah lima tahun. Melewati waktu itu, bukan tidak mungkin mobil yang dibeli bertingkah. Jika sedang berada dalam situasi, akan diperlukan biaya yang lebih besar lagi untuk perawatan mobil yang jumlahnya juga cukup besar.

Jadi, jangan lupa untuk mempertimbangkannya secara matang terlebih dahulu ya!

  1. Seimbangkan pendapatan

Jika kamu mendapatkan penawaran cicilan Honda Brio yang menarik jangan lupa untuk mempertimbangkannya dengan jumlah gaji atau pendapatan yang kamu terima dalam beberapa tahun yang akan datang.

Apalagi secara umum, gaji atau pendapatan biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan primer. Setelah terpenuhi, barulah sisanya ditabung atau digunakan untuk kebutuhan lain. Agar kondisi gaji tidak tersedot habis, sangat disarankan untuk menyiapkan sekitar 20% dari gaji untuk dijadikan sebagai dana darurat.

Apalagi, jika kamu memutuskan membeli mobil murah dengan cara mencicil. Tentunya kita tidak ingin sebagian gaji terserap hanya untuk membayar cicilan mobil saja.

  1. Persiapkan biaya administrasi

Jika kamu masih tetap ingin membeli mobil Honda Brio, jangan lupa untuk mempersiapkan biaya-biaya lainnya. Sebagai contoh sederhana, jika kamu membeli mobil Honda Brio Satya A Mnual yang harga Off The Road Rp 114.900.000, maka siapkan proses biaya seperti biaya asuransi, biaya proses pembiayaan kredit yang harganya bisa mencapai jutaan.

Sebagai bentuk perhitungannya, jangan lupakan juga uang muka atau DP yang harganya bisa puluhan juta.

Jangan lupakan pula pajak, angsuran pertama biaya provisi hingga asuransi yang merupakan bagian dari persiapan cicilan untuk mobil Honda Brio yang akan kamu beli.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.