Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Gaji Selalu Habis Sebelum Akhir Bulan, Pakai Trik Menabung Ini

by Ariesta on 13 Mei, 2016

menabung gaji - CekAja.com

Apakah kata akhir bulan selalu identik dengan menipisnya saldo gaji di rekening? Inilah trik menabung yang bisa dipakai untuk mengatasinya.

Hemat pangkal kaya. Peribahasa ini sudah kita kenal sejak bangku sekolah dasar. Intinya jika kita berhemat, semakin banyak uang yang dikumpulkan, semakin kaya pula kita. Tapi kenapa hingga sekarang gaji atau pendapatan bulanan masih selalu habis sebelum akhir bulan tiba?

Memang, pada kenyataannya menabung tidak semudah membalikkan telapak  tangan. Pasti banyak di antara kita yang merasa sangat sulit menyisihkan penghasilan per bulan. Ada yang memang kebutuhan sehari-harinya banyak, ada yang memang gaya hidupnya boros. Nah untuk kamu yang memang memiliki kebiasaan boros, trik berikut dijamin bikin kamu disiplin menabung.

Trik menabung dengan autodebet tabungan rencana

Nama tabungan ini berbeda tergantung bank penyelenggara. BNI menamai jenis tabungan ini BNI Tapenas (Tabungan Perencanaan Masa Depan), BCA menamainya Tahapan Berjangka, sedangkan Bank Mandiri menamainya Mandiri Tabungan Rencana.

Dengan membuka tabungan rencana, uang di rekening otomatis ditarik dan hanya bisa diambil setelah kontrak tabungan selesai. Jadi, tidak ada alasan untuk lupa menyetor. Sebenarnya kamu bisa mengambilnya sebelum kontrak selesai, tapi kamu akan dikenai denda.

Tabungan rencana juga lebih menguntungkan karena bunga lebih tinggi dibandingkan tabungan reguler dan kamu hanya dikenakan biaya administratif tahunan bukan bulanan seperti tabungan reguler. Tak hanya itu, kamu juga mendapat perlingungan asuransi jiwa secara cuma-cuma. (Baca juga: Susah Sisihkan Uang Gaji untuk Ditabung? Bikin Saja Tabungan Rencana)

Menabung dengan cara beli celengan unik

jual-Celengan-unik-dan-lucu

Sekarang ini sudah banyak celengan unik yang dijual di pasaran. Ada yang bentuknya kandang anjing (taruh uang di depan celengan dan si anjing penjaga akan melahapnya), ada yang bentuknya kotak pos, ada yang terbuat dari kaca, actioin figur (yang ini pasti mahal), mesin ATM, dan masih banyak lagi. Semakin mahal dan semakin lucu celengan, kamu akan semakin merasa sayang membukanya.

Membagi anggaran menggunakan amplop

Saat menerima gaji setiap bulan, langsung pisahkan ke amplop-amplop kemudian diberi nama. Misalnya amplop belanja, amplop hiburan, amplop cicilan, dan amplop tabungan. Uang yang sudah masuk ke dalam amplop tidak bisa diganggu gugat.

Kita hanya boleh bersenang-senang dengan Rp300 ribu per bulan dalam amplop hiburan, begitu juga dengan belanja. Karena cara ini konvensional, kamu dilarang membawa kartu debit atau kartu kredit demi menghindari mengambil uang tabungan dan berutang.

Dititip di teman yang bisa dipercaya sekaligus galak

Saat sekolah dulu, kamu pasti punya teman merangkap bendahara kelas yang getol menagih uang kas. Biasanya para bendahara ini cukup tegas karena jika tidak, sangat sulit menagih uang kas dari anak sekolah yang uang jajannya pas-pasan.

Nah, kalau kamu punya teman yang pandai mengelola uang dan segalak bendahara kelas, kamu bisa memercayai uangmu dalam pengelolaannya. Itu kalau kamu jomblo. Buat kamu yang sudah punya pasangan, minta saja pasangan untuk mengatur jatah pengeluaran setiap bulannya. Dengan catatan teman atau pasanganmu lebih disiplin dalam mengatur uang lho ya. Kalau kalian berdua sama-sama boros sih sama saja bohong.

Menabung di celengan transparan

celengan-unik-6

Isi celengan memang suka menipu. Jika ditimang-timang terasa berat, saat diintip lewat lubang sebesar koin seperti sudah penuh, tapi ketika dibuka isinya tidak seberapa. Nah, supaya kamu tidak diberi harapan palsu oleh celengan, menabung saja di celengan transparan.

Dijamin kamu  makin semangat menabung apalagi kalau yang ditabung lembaran Rp20.000-Rp100.000. Tapi yang harus diingat, simpan celenganmu di tempat aman dan tertutup ya. Karena jika melihat penampakan uang di dalamnya, bukan hanya kamu, orang lain pun bisa tergoda dan jadi mata duitan!

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami