Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Gak Cuma Makanan dan Obat, 13 Benda Ini juga Bisa Kedaluwarsa

by Anes Saputra on 19 Februari, 2020

Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, selain harga serta komposisi suatu produk, kita pasti juga memperhatikan expired date alias tanggal kedaluwarsa yang menjadi batas waktu maksimal sebuah produk aman untuk dikonsumsi.

Contohnya jika pada suatu produk makanan tertera tanggal kedaluwarsa pada tanggal 1 Januari 2020, maka setelah tanggal itu produk tersebut tidak boleh dikonsumsi lagi. Produk makanan yang telah melewati expired date biasanya akan mengalami perubahan pada rasa, warna, aroma, dan tekstur.

Untuk menemukan informasi masa kedaluwarsa produk makanan bukanlah hal yang sulit. Pasalnya, tanggal kedaluwarsa ini dituliskan dengan jelas dan mudah sekali ditemukan oleh konsumen.

Namun untuk produk selain makanan, seringkali kita tidak menemukan tanggal kedaluwarsa. Hal ini menyebabkan kita sering abai. Alih-alih berupaya menyimpan untuk kebutuhan jangka panjang, hal ini dapat berdampak negatif ke diri kita sebagai pengguna.

Selain obat-obatan dan makanan, ternyata ada 13 benda yang kita gunakan sehari-hari yang memiliki masa kedaluwarsa. Apa aja tuh? Cek yuk:

1. Sepatu olahraga

Buat kamu yang suka berolahraga pasti punya beberapa jenis sepatu. Namun yang perlu kamu perhatikan, sepatu olahraga memiliki masa kedaluwarsa loh. Masa kedaluwarsanya yakni 250 mil atau sekitar 6 bulan untuk pemakaian rutin. Setelah melebihi masa tersebut, daya tahan sepatu akan menurun seperti mudah rusak dan mulai tidak nyaman digunakan. Nah pada saat itu, kamu perlu mempertimbangkan untuk mengganti sepatu olahragamu.

2. Kacamata hitam

Biasanya kita menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet. Ampuh! Tapi ternyata sinar ultraviolet tersebut memiliki efek negatif terhadap lensa kacamata.

Ketika sering mengenakannya, maka semakin sering kacamata tersebut terkena sinar ultraviolet. Untuk menghindari efek negatif tersebut, disarankan untuk mengganti kacamata hitam setiap 2 tahun sekali.

3. Handuk

Handuk pun memiliki masa kedaluwarsanya. Hal ini disebabkan meski sering dicuci dengan baik, bukan berarti handuk akan bebas dari bakteri.

(Baca juga: Antisipasi Banjir, Siapin Hal-hal Penting Ini Termasuk Tas Siaga Bencana)

Semakin lama, handuk menjadi sarang bakteri juga. Untuk menghindari hal tersebut, kita disarankan untk mengganti handuk setiap 3 tahun sekali.

4. Sisir

Begitu juga sisir. Meskipun kamu rajin membersihkan dan mencucinya, sisir yang terlalu lama disimpan pun berbahaya. Masa kedaluwarsa sisir yakni sekitar 1 tahun. Lewat dari masa 1 tahun tersebut, sisir bisa memicu ketombe dan masalah rambut lainnya.

5. Bantal

Kebanyakan dari kita pasti memiliki bantal kesukaan. Rasanya nggak bisa tidur kalau tidak ada bantal tersebut. Eh, tapi bantal pun memiliki masa kedaluwarsa loh. Masa kedaluwarsa bantal yakni sekitar dua hingga 3 tahun.

Lewat dari masa tersebut, bantal bisa jadi sarang debu dan tungau yang bisa membuat penggunanya sakit. Selain itu, tingkat kenyamanannya pun berkurang karena bentuknya yang sudah tidak seperti semula.

6. Selimut

Sama seperti bantal, senyaman apapun selimut yang biasa digunakan, ia juga memiliki masa kedaluwarsa. Masa kedaluwarsa selimut yakni hanya 7 tahun. Dengan penanganan dan pencucian yang baik, selimut kesayangan bisa awet hingga 10 tahun.

7. Lipstik

Lipstik juga memiliki masa kedaluwarsa. Hanya saja tertulis sangat kecil dan tersembunyi, sehingga konsumen sulit untuk mengetahuinya. Namun ada baiknya, ganti lipstik setiap 2 tahun sekali. Pasanya dalam waktu 2 tahun, lipstik yang terpapar udara akan kehilangan kelembabannya sehingga konsistensi warna pun berubah.

8. Maskara

Makeup item lainnya yang perlu kamu perhatikan adalah maskara. Maskara bisa jadi sarang bakteri penyebab infeksi di mata setelah digunakan lebih dari tiga bulan. Oleh karena itu, ganti maskara secara rutin beberapa bulan sekali ya.

9. Smartphone

Buat kamu pecinta gadget, perlu banget memperhatikan masa berlaku gadget yang kamu miliki. Misalnya saja smartphone. Biasanya smartphone hanya bisa gunakan secara maksimal selama 2 hingga 3 tahun. Lewat dari itu akan muncul banyak glitch, baterai nggak tahan lama dan sebagainya.

10. Bangku mobil

Bangku mobil biasanya punya umur kedaluwarsa setiap 6 sampai 10 tahun. Kalo digunakan melebihi waktu kedaluwarsanya, bangku mobil nggak akan senyaman dan seaman yang seharusnya. Waktu kedaluwarsa itu biasa tertulis di bagian bawah bangku mobil. Karena itu, pastiin tanggal kedaluwarsa jok ketika kamu beli mobil.

11. Celana dalam

Pakaian dalam, khususnya celana dalam, juga memiliki masa kedaluwarsanya. Meski tidak dicantumkan pada produk, namun sangat diajurkan untuk mengganti celana dalam setiap 1 tahun sekali.

(Baca juga: Tren Fashion Pria 2020: Simpel Namun Tetap Memikat)

Meski kita sering mencucinya, namun tetap ada bakteri yang tertinggal. Maka penggunaan berkali-kali dapat membuat celana dalam mengandung banyak bakteri. Jika penggunaan celana dalam lebih dari satu tahu, maka pengguna akan mudah terinfeksi jamur dan infeksi saluran kemih.

12. Silet cukur

Untuk mencegah pertumbuhan bakteri, sebaiknya silet cukur diganti secara rutin. Ganti silet cukur sekitar seminggu sekali. Selain itu, pastikan juga bahwa silet cukur kering setelah digunakan.

13. Talenan plastik

Buat kamu yang suka dan hobi masak, pasti udah nggak asing dengan talenan plastik. Alas buat memotong ini ternyata juga memiliki masa kedaluwarsa loh. Masa kedaluwarsanya hanya sampai 3 tahun. Namun kamu juga perlu memperhatikan kondisinya.

Jika sebelum 3 tahun talenan tersebut memiliki goresan yang cukup dalam, segeralah ganti. Karena biasanya goresan tersebut tidak tersentuh saat pencucian sehingga menyiksakan kotoran dan bakteri.  

Nah itu dia beberapa produk dan tanggal kedaluwarsanya yang perlu kamu perhatikan. Coba deh kamu cek benda-benda di atas yang kamu punya. Kalo sudah lewat dari masa kedaluwarsanya, saatnya mengucapkan selama tinggal! 

Ganti produk yang lama dengan yang baru. Dapatkan promo dan diskon menarik untuk berbelanja produk tersebut dengan memanfaatkan Citi Cash Back Card.

Kartu kredit dari Citibank ini memberikan 1 persen Cash Back untuk semua transaksi seumur hidup. Tanpa limit Cash Back, tanpa batas waktu penukaran, dan tanpa belanja minimum. Dengan Citi Cash Back Card, kamu juga bisa menikmati beragam promo spesial di merchant pilihan.

Pilih dan ajukan Citi Cash Back Card dengan syarat dan proses yang mudah, lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke