Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Gak Cuma Murah, 5 Resep Olahan Daging Ayam Ini Juga Bikin Kamu Sehat

by Rafly Aditia on 2 April, 2016

Ayam menjadi salah satu makanan yang memiliki kadar protein tinggi namun rendah lemak. Untuk kamu yang ingin membentuk tubuh sempurna, daging ayam bisa menambah asupan protein yang dibutuhkan tubuh.

Harga ayam juga cenderung murah apabila dibandingkan dengan sumber protein lain seperti daging atau ikan salmon. Buat kamu yang doyan makan ayam, sebenarnya jauh lebih murah kalau memasak sendiri makanan kesukaanmu itu. Lalu, apa saja resep olahan daging ayam yang bisa bikin sehat tapi tetap murah? Berikut daftarnya;

Ayam panggang kecap

Ayam panggang kecap menjadi salah satu menu yang paling umum bagi masyarakat di Indonesia. Dibandingkan beli ayam panggag kecap di rumah makan, akan jauh lebih murah jika memasaknya sendiri.

Harga ayam satu ekor yang hanya berkisar Rp 30 ribu bisa langsung kamu olah dengan tambahan garam, daun jeruk, kecap manis, merica, gula pasir, asam jawa, bawang merah, bawang putih.

Ayam pop

Sebagai salah satu menu yang kerap kali disajikan di rumah makan padang, tentu ayam pop bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin mengolah daging ayam. Cukup dengan air kelapa muda, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, serei, laos, jahe, kemiri, bawang merah dan bawang putih beserta ayam utum kamu sudah bisa bikin ayam pop ala rumah makan padang pada umumnya.

 

Ayam bakar madu

Kalau kamu doyan makan ayam tapi ingin menghindari minyak, sebaiknya olah ayam dengan cara dibakar. Sebab lemak-lemak yang ada akan terbakar. Buat kamu yang hobi ayam panggang, coba aplikasikan resep ayam bakar madu spesial dengan bumbu seperti lengkuas, jahe, madu, garam, air, kunyit, ketumbar, lada bawang merah dan bawang putih saja.

(Baca juga: 5 Tanda Kalau Kamu Sudah Siap Punya Rumah)

Ayam saus nanas

Menyatukan buah-buahan dengan ayam layak untuk kamu coba, karena akan membuat makanan menjadi lebih bergizi. Untuk itu, kamu bisa mencoba resep ayam saus nanas yang bisa membuat lidah menjadi bergoyang karena campuran bumbu-bumbu serta rasa nanas yang menyatu dengan ayam.

Ayam rebus kunyit-lengkuas

Tidak sedikit orang yang menyukai bumbu kuning. Kuning yang dihasilkan oleh kunyit, lengkuas, ketumbar, jahe, asam, bawang merah, dan bawang putih dapat menyelimuti setiap bagian ayam. Untuk membuatnya lebih sehat, jangan masak dengan cara digoreng melainkan direbus. Rasanya, pasti menggugah selera.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.