Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Gak Lebaran Rasanya Kalo Tidak Ada Makanan Ini!

by Teti Purwanti on 16 Mei, 2019

Momen Lebaran juga sering kali disebut dengan momen makan besar. Pasalnya, saat Lebaran banyak makanan enak yang jarang sekali disajikan di hari biasa. Bahkan bisa dibilang penyajiannya paling tidak hanya 2 kali  dalam satu tahun.

Hal itu membuat banyak orang kalap dan tidak berhenti makan saat Lebaran. Selain karena jarang tampil di meja makan, cita rasa makanan yang disajikan saat Lebaran entah kenapa selalu terasa lebih lezat dari hari biasa, mungkin karena sudah 1 bulan penuh melakukan puasa ya.

Mau tahu apa saja makanan khas yang disediakan setahun sekali ini? Berikut daftarnya.

1. Ketupat

Ketupat menjadi makanan khas lebaran, karena itu pula hiasan lebaran biasanya berbentuk ketupat di Indonesia. Sebetulnya, tidak ada yang spesial dari rasa ketupat, apalagi mengingat cara pembuatannya yang membutuhkan waktu yang lama.

Ketupat dibuat dari anyaman daun kelapa atau daun pandan. Ketupat yang terbuat dari anyaman kulit yang rumit ini sering diibaratkan sebagai perjalanan hidup yang sering diselingi dengan kesulitan.

Sedangkan tali yang tidak putus digambarkan sebagai silahturahmi yang tidak pernah terputus. Tanpa ketupat, lebaran nampaknya kurang afdol.

(Baca juga: Unik! Ini Makanan Khas Lebaran di Berbagai Daerah!)
2. Opor Ayam

Opor ayam adalah belahan jiwa dari ketupat, ketupat tidak akan berasa nikmat tanpa ada opor ayam. Karena itu, bareng dengan ketupat, opor ayam adalah yang paling ditunggu saat lebaran.

Meski konon kurang sehat karena banyak mengandung santan, nyatanya opor ayam yang berasa gurih dan manis selalu menjadi favorit kala lebaran.

3. Sambal Goreng Ati

Ketupat dicampur opor akan membuat cita rasa manis dan gurih, karena itu tambahkan sambal goreng ati sehingga ada rasa pedas pada ketupat yang sudah tenggelam di dalam opor ayam.

Sambal goreng ati biasanya terdiri dari kentang yang dipotong dadu dan ati ayam. Karena orang Indonesia konon tidak bisa makan tanpa ada rasa pedas, sambal goreng ati adalah sambal terbaik untuk disuguhkan kala lebaran.

(Baca juga: Waspada! Inilah Daftar Penyakit yang Bisa Kambuh Pasca Lebaran)

4. Rendang

Makanan terenak di dunia versi CNN Internasional pada 2011 ini memang berasal dari Sumatera Barat, namun di setiap rumah kala lebaran pasti ada hidangan ini.

Rendang dibuat dari daging sapi, cabe, dan santan yang sangat banyak dan dimasak dalam waktu yang sangat lama. Rendang dengan cita rasa terbaik biasanya dimasak di atas tungku api dengan kayu bakar.

Tidak heran kalau rendang bahkan bisa bertahan tiga bulan tanpa dipanaskan. Rendang juga sama seperti sambal goreng ati yang jadi pelengkap rasa ketupat dan opor.

Karena Sumatera Barat terkenal dengan rasa pedas pada makanannya, rendang yang sedikit pedas juga menjadi teman baik bagi opor dan ketupat.

5. Semur

Masih berbahan dasar daging, semur menjadi pilihan untuk olahan daging kalau kamu tidak suka rendang yang kaya rasa dan cenderung pedas. Masakan yang menjadi khas daerah Betawi ini memiliki dominasi rasa manis karena dimasak dengan gula jawa dan kecap sehingga memiliki warna hitam yang pekat.

Selain beda rasa, cara memotong daging untuk semur dan rending juga sangat berbeda. Meski sama-sama hitam pekat, rending terasa lebih kering sedangkan semu lebih berkuah dengan daging yang lebih lembut.

6. Beragam Jenis Kue Kering

Selain beragam menu makan besar, makanan khas lebaran adalah kue-kue kering yang sangat enak dan beragam rasa. Selain rasa-rasa otentik, banyak kue-kue kering juga sudah mengikuti zaman, misalnya ada putri salju green tea dan lidah kucing pelangi.

Meski begitu, Nastar dan Kastengel masih belum terkalahkan enaknya meski rasanya tidak diperbaharui dengan rasa kekinian.

Wah enak yah Lebaran banyak makanan, meski begitu kamu harus tetap menjaga makan dan jangan berlebihan. Sebab selain berat badan yang bisa meningkat terlalu banyak mentega dan juga santan tidak baik untuk kesehatan.

Selain itu, ingatlah bahwa lebaran adalah untuk berkumpul bersama keluarga, jadi jangan sampai kamu sibuk sendiri untuk makan.

Makan  enak boleh, tapi jangan sampai dana tunai kamu terganggu. Ajukan KTA di CekAja.com untuk antisipasi kekurangan uang tunai saat lebaran tiba.

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami