Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Gak Main HP Sebelum Tidur Bisa Bikin Langsing, Kok Bisa?!

by Gentur Putro Jati on 15 Agustus, 2019

Ketergantungan masyarakat modern akan telepon seluler (ponsel) atau HP sudah sedemikian tinggi. Mulai dari bangun tidur, benda pertama yang langsung dicari pasti HP. Bahkan sampai menjelang tidur, sebagian besar dari kamu pasti tetap memegang HP untuk memantau lini masa media sosial bukan?

hidup sehat anak kos

Tapi tahukah kamu kalau kebiasaan ‘main’ HP sebelum tidur itu ternyata berdampak negatif? Apalagi kalau saat ini kamu punya cita-cita ingin menurunkan berat badan. Penelitian membuktikan, kalau kamu tidak bermain HP sebelum tidur ternyata bisa membantu mengurangi bobot tubuh kamu loh.

(Baca juga: Ingin Bobo Nyenyak? Cek Manfaat Pakai Plester Mulut Saat Tidur)

Penasaran kan? Simak kegiatan-kegiatan membakar lemak sampai 400 kalori yang bisa dilakukan malam hari menjelang tidur berikut ini:

1. Matikan HP

Bermain HP di malam hari, jelas akan membuat terjaga yang otomatis mengurangi jam tidur kamu. Akibatnya kamu akan bangun di pagi hari dengan menyimpan rasa lelah akibat kurangnya waktu istirahat.

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Universitas Harvard menyebut ada hubungan yang erat antara bermain HP sebelum tidur dengan diabetes dan obesitas.

Radiasi sinar biru dari HP yang diterima mata kamu akan menghambat produksi melantonin pada tubuh. Hormon inilah yang mempengaruhi waktu tidur kamu. Bahayanya, semakin rendah kadar melantonin dalam tubuh, semakin rentan tubuh kamu terserang kanker.

Penelitian yang dilakukan para peneliti di Harvard pada 10 orang responden adalah meminta mereka menggeser waktu tidur demi bisa tetap bermain HP.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kadar gula para responden menjadi tinggi, membuat mereka dalam kondisi pradiabetes, dan kadar leptin turun. Leptin adalah hormon yang membuat orang merasa kenyang setelah makan.

Semakin rendah kadar hormone leptin, maka kamu akan tergugah untuk membuka meja makan di malam hari. Jadi makin gendut deh!

2. Nyalakan AC sampai 18 derajat

Dr Michael Breus, seorang peneliti dari Amerika Serikat merekomendasikan kamu untuk tidur dalam ruangan dengan suhu dingin. Coba atur AC dengan suhu 18 derajat celcius yang direkomendasikannya sebelum tidur.

Breus menyebut manfaat dari tidur dengan suhu tubuh yang dingin adalah dapat membuat tubuh membakar lebih banyak energi untuk mempertahankan panas. Tidak heran jika kamu terus melakukannya, tubuh akan semakin langsing.

3. Minum jus anggur

Anggur adalah buah pembakar kalori terbaik. Cobalah minum segelar jus anggur di malam hari yang akan membuat tubuh membakar lebih banyak lemak saat tidur.

Gak percaya? Coba tengok hasil penelitian Profesor Min Du dan Songbo Wang dari Universitas Washington State. Keduanya bereksperimen memasukkan reservatol alias sejenis antioksidan yang ditemukan dalam anggur ke tubuh tikus.

Tikus yang mengonsumsi anggur memiliki 40 persen kemungkinan lebih kecil untuk mengalami obesitas. Karena tubuh tikus tersebut mampu mengubah kelebihan lemak putih menjadi lemak krem aktif yang membakar energi.

(Baca juga: Risiko Kesehatan Akibat Kurang Tidur dan Kelebihan Tidur)

Jadi dengan meminum segelas jus anggur pada malam hari dapat membantu mengurangi lemak pada tubuh.

4. Minum teh herbal

Tidak ada salahnya juga minum teh tawar sebelum tidur, apalagi teh herbal. Beberapa diantaranya adalah: teh kayu manis yang bisa membantumu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, teh peppermint bisa membantu mengurangi nafsu makan, ada juga teh chamomile yang akan memberikan efek rileks pada tubuh dan melancarkan sistem pencernaan.

Jadi, kegiatan apa yang kamu pilih untuk menurunkan berat badan sebelum tidur? Gampang bukan? Jangan sampai kelebihan berat badan mengganggu aktivitasmu sehari-hari, apalagi sampai mengganggu kesehatanmu.

Biar lebih aman dan terlindungi dari risiko serangan berbagai penyakit, tidak ada salahnya memiliki asuransi kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Gentur Putro Jati

Ego in debitum, ergo sum