Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Gak Sampai 1 Juta, Kamu Bisa Bikin Gym Sendiri di Rumah

by Rafly Aditia on 14 Januari, 2016

gym murah _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Berolahraga kini telah menjadi gaya hidup yang sedang hype di kota-kota besar di Indonesia. Selain untuk menjaga kondisi tubuh, berolahraga juga dapat menyegarkan pikiran.

Sayangnya, keinginan untuk berolahraga sering terhambat dengan alasan pengeluaran. Alasannya karena biaya member gym di kota-kota besar cukup mahal. Dibanding mengeluarkan banyak uang untuk berlanganan gym, kenapa tidak kita membuatnya sendiri di rumah.

Mungkin kamu akan langsung terbayang dengan biaya yang besar?  Tapi jangan patah semangat. Selama ada niat disitu ada jalan. Dengan budget hanya Rp 1 juta, kamu bisa kok membangun gym sendiri.

Bagaimana, penasaran ingin mencoba? Simak saja tips berikut ini:

Portable pull up bar

Pull up adalah menu latihan wajib bagi kamu yang ingin memiliki tubuh atletis, latihan ini bisa memperbesar otot punggung, sayap, dan bisep kamu. Dalam rangka membangun gym sendiri di rumah, kamu bisa menggunakan portable pull up bar yang bisa disangkutkan di atas kusen pintu.

Harga portable pull up bar sendiri relatif murah sekitar Rp 175 ribu. Bahkan, dengan satu alat protable pull up bar kamu sudah dapat melakukan berbagai macam variasi latihan. Ketika ditaruh di lantai, alat ini bisa berguna untuk menjadi push up stand, dan juga bisa digunakan untuk sit up.

(Baca juga: Biaya Vaksin dan Pencegahan Penyakit Berbahaya Bagi Wanita )
Bench press ala street gym

Kamu ingin memaksimalkan otot dada kamu menggunakan bench press, tapi harganya mahal dan tidak sesuai dengan bujet? Gampang saja, kamu bisa membuat bench press sendiri yang terbuat dari besi dan semen.

Harga besi dengan diameter mm hanya Rp 30 ribu per meternya. Kamu membutuhkan sekitar 2 meter. Sementara harga semen 15 kilo berkisar Rp 30 ribu. Sedangkan pasir sebanyak 4 sak hanya Rp 20 ribu.

Dengan pasir dan semen sebanyak itu, kamu bisa mendapatkan beban 5 kilo sebanyak 4 buah, 7 kilo sebanyak 4 buah, 9 kilo sebanyak 2 buah, dan 4 kilo sebanyak 2 buah yang bisa kamu pasangkan dengan besi yang sudah kamu beli.

Jangan lupa untuk membuat incline bench, bisa terbuat dari kayu atau bahan-bahan yang lainnya. Estimasi biaya membuat incline bench sendiri paling mahal adalah Rp 80 ribu.

Karpet gym

Hal lain yang kamu perlukan adalah karpet atau matras yang sering digunakan di tempat fitness atau gym. Harganya bisa dibilang variatif tergantung bahan dan berapa banyak yang kamu perlukan. Harganya sekitar Rp 60 ribu per meter (bekas).

Berhubung kamu hanya memerlukan ini untuk membuat latihan yang dilakukan di ground agar bagian tubuh kamu tidak sakit, maka kamu hanya perlu seluas 4 meter. Jadi biaya total untuk membeli karpet fitness gym ini hanya Rp 240 ribu.

Samsak tinju

Bagi kamu yang suka bela diri, kamu bisa membeli samsak untuk ditempatkan di gym dalam rumah kamu. Selain bagus untuk latihan bela diri, samsak juga bisa berguna untuk meluapkan beban-beban yang ada dalam hidup kamu dalam bentuk yang positif yaitu meninjunya berkali-kali sampai badan kamu keluar keringat bercucuran.

Beban lepas, badan juga sehat bukan?

Harga samsa kada yang cukup murah, dengan uang sebesar 200 ribu rupiah kamu bisa mendapatkan samsak yang bisa digantung menggunakan rantai dan di taruh di gym ala kamu.

 Kamu bisa mengisi samsak dengan menggunakan campuran pasir, karet band an sebagainya. Estimasi biayanya sekitar 400 ribu rupiah kamu sudah bisa mendapatkan samsak yang siap pakai di gym buatan kamu sendiri.

(Baca juga: Cek Perbedaan Reksadana Syariah dan Konvensional?)

Jadi, untuk membangun gym sendiri di rumah dengan modal kurang dari satu juta rupiah adalah sebagai berikut;

  • Portable pull up bar= 150 ribu
  • Bench press ala steet gym = 190 ribu rupiah
  • Karpet gym = 240 ribu rupiah
  • Samsak = 400 ribu rupiah
  • Total biaya = 980 ribu rupiah.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami